30 Manfaat Daun Afrika Kering Pada Kesehatan

Mengatasi berbagai jenis penyakit tidak harus menggunakan obat kimia, akan tetapi dapat dicoba menggunakan obat herbal yang berasal dari tanaman di pekarangan rumah. Jenis tanaman seperti daun kelor, binahong dan juga beberapa jenis daun hijau lainnya sudah sangat terkenal sebagai tanaman obat yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Ada juga jenis daun yang sangat dikenal sangat mujarab untuk mengatasi beberapa jenis penyakit, yakni daun Afrika. Sebenarnya belum ada penelitian secara pasti mengenai jenis daun dengan nama latin Vernonia amygdalina ini, namun, banyak yang memanfaatkan daun afrika ini untuk mengatasi beberapa jenis penyakit.

artikel terkait:

Kandungan Dalam Daun Afrika

Banyak tanaman yang kemdudian diketahui dapat menjadi obat untuk beberapa jenis penyakit, dari penyakit yang ringan, sampai penyakit yang berat sekalipun. Tidak hanya diolah menjadi sayur, akan tetapi jenis daun afrika ini juga dapat dimanfaatkan dalam keadaan dikeringkan. Kandungan di dalamnya berupa lakton seskuiterpen ini akan tetap terjaga kandungan di dalamnya meskipun dalam keadaan dikeringkan. Kandungan lain dalam daun afrika yang juga bermanfaat di dalam tubuh diantaranya, asam essensial, mineral, protein, energi, lemak, karbohidrat, serat, asam askorbonat dan beberapa vitamin. Beberapa kandungan tersebut baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindarkan tubuh dari penyakit yang menyerang.

artikel terkait: manfaat daun singkong karet

Manfaat Daun Afrika Kering

Apabila biasanya daun yang segar lebih berkhasiat dengan daun yang sudah layu dan dikeringkan, namun daun afrika ini juga tetap memiliki manfaat dan khasiat dalam keadaan kering. Rasa pahit yang ditimbulkan dari daun afrika, membuat kebanyakan orang mengkonsumsi daun afrika dalam keadaan kering. Manfaat dalam daun afrika kering itu sendiri diantaranya :

  1. Menurunkan Kolesterol

Kelebihan kolesterol dalam darah dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit. Menyeduh daun afrika dapat membantu menurunkan kadar lemak jahat yang dapat membahayakan tubuh.

artikel terkait: manfaat daun jambu biji ungu

  1. Mengatasi Stroke

Kandungan dalam daun afrika kering dipercaya dapat membantu melancarkan aliran darah. Dengan aliran darah dalam tubuh menjadi lancar, maka akan terhindar dari penyempitan pembuluh darah di otak yang dapat menyebabkan penyakit stroke.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Tidak hanya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, namun kandungan dalam daun afrika juga dpaat membantu meningkatkan tekanan darah rendah. Sehingga daun afrika ini aman dikonsumsi baik bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah. Karena pada dasarnya, daun afrika akan membantu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

artikel terkait: manfaat daun kelor kering

  1. Mencegah Diabetes

Dari beberapa kandungan yang ada di dalam daun afrika kering, daun afrika yang telah dikeringkan juga memiliki beberapa sifat, salah satunya sifat anti hiperglikemika. Sifat inilah yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga, penyakit diabetes dapat dihindari.

  1. Membersihkan Toksin Dari Dalam Tubuh

Masuknya racun ke dalam tubuh dapat disebabkan karena banyak hal. Mulai dari udara di lingkungan sekitar, sampai makanan yang dikonsumsi juga dapat mengandung racun, yang tidak disadari. Untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, dapat dengan cara mengkonsumsi daun afrika.

artikel terkait: manfaat daun binahong untuk lovebird

  1. Menghilangkan Racun Pada Paru-paru

Paru-paru menjadi salah satu organ yang sangat rentan terkena racun. Hal ini disebabkan karena paru-paru melakukan kontak langsung dengan udara lingkungan karena bekerja sebagai organ pernapasan. Salah satu cara menghilangkan racun pada paru-paru ini dapat dilakukan dengan daun afrika. Kandungan zat beberapa sifat dalam daun afrika meskipun sudah dalam keadaan kering,  dapat membantu menetralkan racun dari dalam tubuh.

  1. Menyembuhkan Demam

Apabila terjadi demam, biasanya seseorang akan cepat mencari oba untuk menurunkan demam agar tidak semakin tinggi. Meminum rendaman daun afrika yang telah dikeringkan juga dapat membantu menurunkan demam yang terjadi.

artikel terkait: manfaat daun sukun untuk asam lambung


  1. Mengurangi Batuk

Tidak hanya dengan kencur dan jeruk nipis, batuk juga dapat diatasi dengan daun afrika. Kandungan dalam daun afrika dapat membantu meredakan batuk yang terjadi.

  1. Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala biasa terjadi apabila sedang banyak pikiran maupun memang ada penyebab karena masalah kesehatan tertentu. Tidak hanya dapat diredakan dengan obat pereda nyeri saja, dengan meminum air rebusan daun afrika kering, sakit kepala dapat diatasi. Hal ini disebabkan karena kandungan zat dalam daun afrika sendiri memiliki zat yang dapat mengatasi rasa nyeri pada kepala.

artikel terkait: manfaat daun salam koja

  1. Mengurangi Kesemutan

Salah satu penyebab kesemutan bisa jadi karena kurang lancarnya aliran darah. Tekanan darah rendah juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya kesemutan pada beberapa bagian tubuh. Mengurangi kesemutan dapat diatasi dengan daun afrika kering.

  1. Mengobati Malaria

Penyakit malaria ini disebabkan karena gigitan nyamuk. Di Uganda, mengatasi penyakit malaria dengan menggunakan daun afrika kering sebagai jamu. Memberikan ramuan daun afrika pada penderita malaria, maka malaria yang diderita dapat diatasi.

artikel terkait: manfaat daun oregano

  1. Melawan Virus HIV

Daun afrika yang dikeringkan kemudian dapat diambil ektraks yang terkandung di dalamnya. Ekstrak dari daun afrika yang telah dikeringkan ini kemudian dapat diberikan kepada penderita Aids. Meskipun tidak dapat dibuktikan secara medis, namun dari segi empiris, ekstraks dari daun afrika kering ini mampu memberikan efek positif pada penderita aids, yang kemudian berangsur membaik.

  1. Mengatasi Sembelit

Seperti pada jenis tanaman hijau lainnya, meskipun dalam keadaan kering kandungan serat dalam daun afrika ini masih teta terjaga. Kandungan serat dalam daun afrika inilah yang kemudian dapat membantu mencegah terjadinya sembelit.

artikel terkait: manfaat daun sirih merah untuk mata

  1. Mengatasi Insomnia

Mengalami insomnia memang sangatlah mengganggu karena waktu istirahat menjadi berkurang. Pikiran akan menjadi penat apabila kekurangan tidur. Solusinya bukan menggunakan obat tidur, akan tetapi dengan menyeduh daun afrika kering. Seduhan air daun afrika ini dapat membantu memberikan efek rileksasi ketika tidur.

  1. Menyembuhkan Radang Sendi

Sifat anti inflamasi yang dimiliki oleh daun afrika kering dapat membantu menyembuhkan radang sendi yang umumnya diderita oleh beberapa orang yang berusia lanjut. Menyeduh daun afrika kering seperti teh dapat membantu menyembuhkan radang sendi.

artikel terkait: manfaat daun singkong arab

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Menyeduh daun afrika yang telah dikeringkan di bawah cahaya matahari dapat membantu menurunan risiko penyakit jantung. Selain membantu menurunkan kolesterol, teh dari daun afrika kering ini juga mampu meluruhkan timbunan plak dalam pembuluh darah menuju jantung.

  1. Mancegah Kanker Hati

Seperti tanaman obat pada umumnya, antioksidan pada daun afrika kering juga dapat membantu mencegah timbulnya kanker hai dan juga mencegah perkembangan kanker pada hati.

artikel terkait: manfaat daun kersen untuk kolesterol

  1. Mengatasi Infeksi Pada Tenggorokan

Daun afrika juga memiliki sifat anti virus. Ekstrak daun afrika yang bersifat anti virus ini dapat membantu tubuh agar terhindar dari masalah infeksi tenggorokan yang terjadi.

  1. Melancarkan Sekresi Urin

Selain dengan berolah raga, daun afrika kering juga dpat membantu melancarkan sekresi urin.

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Tidak hanya mengatasi sembelit saja, memanfaatkan daun afrika kering dapat membantu mengatasi masalah pencernaan yang terjadi, sehingga pencernaan menjadi lebih sehat.

artikel terkait: manfaat daun sirih hitam

  1. Menurunkan Berat Badan

Sdengan adanya kandungan serat dalam daun afrika, tidak hanya dapat mengatasi masalah sembelit. Akan tetapi lemak dalam perut juga dapat diluruhkan sehingga dapat menurunkan berat badan.

  1. Mengatasi Masalah Diuertik

Diuretik ini biasanya dialami oleh beberapa orang yang lanjut usia. Salah satu tandanya yakni sudah buang air, karena diuretik menyerang saluran kencing. Cara yang dapat dilakukan yakni dengan meminum rebusan daun afrika kering setia hari, maka saluran kencing dapat bekerja dengan normal.

artikel terkait: manfaat daun sukun untuk jantung

  1. Mengatasi Sakit Perut

Berbeda dengan sembelit dan juga penyakit pencernaan. Sakit perut biasanya lebih condong pada masalah lambung, baik karena kelebihan asam lambung maupun dinding lambung yang mengalami infeksi. Mengatasi sakit perut tidak hanya dengan meminum obat maag, tetapi juga dpaat dilakukan dengan meminum rebusan daun afrika secara rutin.

  1. Mengatasi Asam Urat

Mengkonsumsi ramuan daun afrika selama dua minggu secara rutin dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.


  1. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan dalam daun afrika dapat membantu menangkal radikal bebas. Sehingga tubuh dapat terhindar dari perkembangan sel kanker dan berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

artikel terkait: manfaat daun kemangi untuk kesuburan

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Mengkonsumsi daun afrika secara rutin dapat membantu meningkatkan sistem imun, sehingga tubuh akan kebal terhadap penyakit.

  1. Mengurangi Stres

Seduhan daun afrika kering dapat membantu mengurangi stress yang dialami. Sifat daun afrika kering dapat membantu memberikan efek rileks ketika meminumnya.

  1. Memenuhi Kebutuhan Mineral Tubuh

Tubuh memerlukan mineral agar organ di dalam tubuh dapat bekerja optimal. Tidak hanya didapatkan dari air, mineral untuk tubuh juga dapat dipenuhi dengan konsumsi daun afrika.

artikel terkait: manfaat daun sukun untuk darah tinggi

  1. Mengatasi Jerawat

Bubuk daun afrika yang telah dikeringkan dapat digunakan sebagai obat krim untuk mengurangi jerawat.

  1. Menyehatkan Mata

Daun afrika juga mengandung berbagai vitamin di dalamnya. Salah satu vitamin yang mungkin terkandung dalam daun afrika yakni vitamin A, yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Daun afrika memang belum diteliti secara medis tentang khasiatnya. Namun, menurut pengalaman masyarakat, daun afrika dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk segarm daun afrika juga sangat berkhasiat dalam bentuk kering, karena biasanya dikonsumsi dengan cara diseduh seperti teh.

, ,
Post Date: Saturday 17th, June 2017 / 17:39 Oleh :
Kategori : Herbal