Sponsors Link

13 Manfaat Damar bagi Kehidupan Manusia

Sponsors Link

manfaat damarDamar merupakan salah satu jenis pohon yang saat ini di Indonesia persebarannya sudah mulai terancam, karena banyak ditebangi, namun tidak ada usaha untuk mengembalikan fungsinya seperti semula. Damar sendiri merupakan salah satu jenis pohon pinus.

ads

Pohon damar biasa ditemukan pada hutan-hutan pinus yang sering ditemukan di daerah pegunungan. Persebaran dari damar ini sendiri adalah berada pada daerah Jawa, Maluku, Sulawesi hingga mencapai Negara tetangga, seperti derah Filipina. Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah dari pohon damar:

Keterangan
Kerajaan:Plantae
Divisi:Pinophyta
Kelas:Pinopsida
Ordo:Pinales
Famili:Araucariaceae
Genus:Agathis
Spesies:Agatis Dammara

Apa Saja Manfaat dari Pohon Damar?

Pohon damar sendiri pemanfaatannya ada pada bagian batang kayu dan juga getah dari pohon damar itu sendiri. Lalu apa saja manfaat damar, baik dari getah maupun kayunya, dan juga pohonnya secara keseluruhan? Berikut ini manfaat dari pohon damar:

1. Pembuatan Kopal

Kopal merupakan salah satu bahan yang penting dalam dunia industri kertas. Kopal adalah hasil olahan dari resin getah pohon damar yang dimanfaatkan untuk melapisi kertas, agar tinta yang nantinya menempel pada kertas tidak akan menyebar pada kertas. Kopal banyak dihasilkan oleh pohon damar atau agatis dammara ini dan memang merupakan bahan utama yang sangat penting dalam industri kertas.

2. Sebagai Mata Cincin

Manfaat damar lainnya, selain dijadikan sebagai pelapis pada kertas agari tinta yang menempel pada kertas juga tidak menyebar, kopal juga sering dimanfaatkan sebagai batu cincin. Kopal yang juga dikenal dengan istilah batu damar ini ketika sudah membeku dapat mengeras dan mengeluarkan warna yang indah, sehingga banyak yang menggunakan kopal atau batu damar ini sebagai cincin.

3. Bahan Campuran Minyak Wangi atau Parfum

Bagi yang senang menggunakan parfum, dan merupakan salah seorang penggiat di bidang industri parfum, resin atau ektrak dari damar pastinya sudah tidak asing lagi di telinga sebagai salah satu campuran pada bahan utama parfum. Ya, parfum biasanya terdiri dari campuran berbagai macam bahan-bahan, yang nantinya akan menimbulkan wangi-wangian tertentu. Salah satu bahan yang dicampur dan diolah untuk memperoleh wangi-wangian tertentu adalah ekstrak dari pohon damar.

4. Sebagai Lem

Selain menjadi bahan campuran dari wangi-wangian atau parfum, yang banyak dijual di pasaan, ektrak atau resin dari kayu dama juga sering dimanfaatkan sebagai pembuatan lak atau lem. Lem yang diperoleh dari pohon damar ini biasanya digunakan pada kapal yang masih terbuat dari kayu, dan juga dapat digunakan pada berbagai furniture yang juga terbuat dari bahan kayu.

5. Sebagai Venis

Manfaat damar selanjutnya adalah penggunaan resin yang juga sering dijadikan sebagai vernis. Dengan menggunakan vernis pohon damar, maka objek-objek yang dilapisi oleh vernis akan terlihat lebih mengkilap. Biasanya kayu damar dibuat menjadi vernis yang dapat melapisi meubel atau furniture dan juga dapat menjadi vernis dari lukisan-lukisan yang dibuat pada media kanvas.

6. Sebagai Kayu Penyangga Atap Rumah

Di beberapa daerah, kayu damar juga sering dimanfaatkan sebagai salah satu kerangka atao rumah, sebelum saat ini kalah populer dengan rangka baja ringan. Meskipun tidak sekuat jenis kayu jati atau kayu cendana, namun kayu damar berhasil menarik minat para kontraktor dan memanfaatkan kayu damar sebagai bagian dari rangka atap rumah.

7. Sebagai Hiasan dan Juga Peneduh

Pohon damar dapat tumbuh dengan besar, menyerupai pohon pinus ataupun pohon cemar. Dengan ukurannya yang besar dan juga daunnya yang lebat, maka tidak heran pohon damar sering ditanam secara sengaja sebagai media peneduh.

Selain itu, karena bentuk pohon yang besar dan cantik, maka pohon damar juga seringkali dimanfaatkan sebagai pohon hiasan, biasanya pohon damar yang dimanfaatkan sebagai hiasan ditaman ataupun ditanam di pinggiran jalan raya untuk mempercantik penataan kota.

8. Penyedia Oksigen

ads

Pohon damar juga merupakan pohon yang mengalami proses fotosintesis. Itu artinya ketika memasak makanannya sendiri, pohon damar akan melepaskan oksigen ke udara yang tentu saja penting bagi kita sebagai manusia dalam membantu proses pernapasan yang ada pada tubuh kita.

9. Mencegah Banjir

Dengan batang yang besar dan juga kuat, pohon damar juga dapat menjadi salah satu pohon yang dapat membantu pencegahan banjir pada suatu daerah. Sekumpulan pohon damar dapat menjadi tempat penyerapan dan peresapan air yang sangat baik.

10. Pembuatan Dupa

Kayu dari pohon damar juga dapat dimanfaatkan dalam pembuatan dupa. Dupa biasanya digunakan untuk ritual-ritual keagamaan dan juga ritual adat tertentu. dupa berbentuk seperti biji yang apabila dibakar akan menimbulkan bau yang sangat khas, dan juga biasanya akan memunculkan asap yang mengepul.

11. Sebagai Pembungkus Kabel Bawah Tanah

Manfaat damar yang lainnya juga dapat di gunakan untuk pelapis dari kertas dan lukisan, serta berbagai macam vernis, ternyata juga dimanfaatkan untuk membungkus jalur kabel, terutama jalur kabel yang berada di bawah tanah dan juga kabel yang berada di dasar laut.

12. Bahan Campuran Pewarna Kain Batik

Anda suka dengan batik? Batik merupakan salah satu kesenian tradisional asli dari Indonesia yang sudah sangat terkenal. Batik dibuat dengan metode lukis dengan tangan, yang menggunakan lilin serta campuran dari resin damar.

13. Sebagai Pelapis Pada Korek Api

Untuk mencegah kayu pada korek api menjadi mudah terbakar, maka biasanya kayu dari korek api tersebut dilapisi oleh lapisan dari kayu damar, yang efeknya adalah dapat menyebabkan kayu dari korek api tersebut menjadi tidak mudah dan tidak cepat terbakar saat dinyalakan.

Dari manfaat damar ini dapat dijadikan informasi untuk menambah wawasan Anda dalam pengetahuan alam. Meskipun damar memiliki banyak manfaat, namun demikian pohon damar juga bisa terancam punah apabila penggunaannya tidak diawasi dengan ketat. Maka dari itu, kita harus menjaga lingkungan kita dengan baik, agar tidak terjadi kepunahan pada pohon damar.

Semoga artikel ini bermanfaat 🙂

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 11th, June 2015 / 07:08 Oleh :
Kategori : Tumbuhan