Sponsors Link

6 Manfaat Daging Kelapa Muda di Bidang Kesehatan

Sponsors Link

Pohon kelapa memiliki nama latin cocos nucifera. Pohon yang menjulang tinggi ini banyak ditemui di tepian pantai dan dibudidayakan oleh masyarakat sekitar. Ini karena manfaat dari pohon kelapa sangatlah banyak. Selain dari pohonnya daun kelapa juga bisa dimanfaatkan. Contoh dari manfaat daun kelapa adalah membuat ketupat saat menjelang hari raya. Belum lagi manfaat dari buah kelapa. Semua bagian dari pohon ini memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Untuk daging kelapa sendiri baik daging kelapa muda ataupun tua juga mengandung nutrisi yang bermanfaat. Daging kelapa yang tua biasanya digunakan untuk diambil santannya. Santan dari daging kelapa tua bisa dibuat sebagai gulai sambal.

ads

Baca juga :

Sedangkan untuk daging kelapa muda memiliki rasa yang manis dan lembut  di lidah. Daging kelapa muda bisa didapat jika Anda membeli satu buah kelapa. Harga kelapa muda berkisaran 6 sampai 7 ribu rupiah saja. Setelah mereguk air kelapa muda maka Anda bisa memperoleh dagingnya yang kaya akan manfaat tersebut. Daging kelapa muda kaya nutrisi karena kandungan yang terdapat didalamnya antara lain :

  • Vitamin B didalam daging kelapa muda berfungsi untuk memproduksi sel darah merah. Jumlah kandungan vitamin B ini di dalam daging kelapa berkisar antara 20 persen. ( Baca juga : Manfaat vitamin b bagi tubuh )
  • Serat didalam daging kelapa berkisar 20 persen juga. ( Baca juga : Manfaat serat)
  • Mineral yang berfungsi untuk menutrisi tubuh dari dalam.
  • Lemak jenuh yang berguna untuk meningkatkan dar kolesterol baik didalam tubuh. ( Baca juga : Manfaat lemak jenuh dan tak jenuh)

Dari kandungan yang terdapat didalam daging kelapa inilah yang menyebabkan daging kelapa muda banyak di cari untuk pengobatan dan pencegahan penyakit. Berikut ini manfaat dari daging kelapa muda di bidang kesehatan :

1.Melancarkan sistem pencernaan

Sistem pencernaan yang sehat berfungsi untuk memudahkan penyerapan nutrisi yang masuk melalui makanan. Nutrisi yang masuk tersebut di serap melalui usus halus kemudian diedarkan melalui darah. Sistem pencernaan yang sehat juga ditandai dengan lancarnya buang air besar. Di sisi itu untuk melancarkan sistem pencernaan diperlukan serat. Serat berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Dan salah satu buah yang kaya akan serat adalah daging kelapa. Kandungan serat didalam daging kelapa ini berjumlah sekitar 20 persen.

Artikel terkait :

2. Mencegah penyakit anemia

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan karena berkurangnya kadar hemoglobin di dalam sel darah merah. Padahal fungsi hemoglobin pada sel darah merah berguna untuk mengikat oksigen yang diperlukan oleh darah. Tanda – tanda penyakit anemia antara lain :

  • Mudah merasa lelah dan tidak bersemangat dalam melakukan aktifitas sehari – hari.
  • Sering merasa pusing pada kepala.
  • Terlihat pucat dari biasanya.

Tanda – tanda diatas bisa mengidentifikasi Anda menderita anemia. Untuk memastikannya alangkah lebih baik langsung ke klinik untuk melakukan pengecekan. Selain itu untuk pengobatan anemia secara alami Anda bisa memilih untuk mengonsumsi daging dari kelapa muda. Ini karena daging kelapa muda mengandung vitamin B yang baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah.

Artikel terkait :

ads

3. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol didalam tubuh berfungsi untuk membantu pertumbuhan jaringan syaraf dan otak. Cairan yang berwarna kuning emas ini diproduksi setiap hari oleh organ hati. Selain berasal dari dalam tubuh kolesterol juga berasal dari makanan seperti kuning telur, jeroan dan daging. Namun yang perlu diperhatikan adalah kadar dari kolesterol tersebut. Karena kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi bagi tubuh salah satunya adalah penayakit jantung. Penyakit yang mematikan nomor satu ini banyak mengintai para orang yang menjalankan hidup yang tidak sehat. Untuk penyembuhannya sendiri banyak alternatif yang ditawarkan. Jika Anda ingin mencoba mendapatkan manfaat dari bahan alami. Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi daging buah kelapa. Ini karena daging buah kelapa mengandung lemak jenuh yang mampu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Artikel terkait :

4. Menambah energi

Energi didalam tubuh berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Makanan yang mengandung energi banyak berasal dari kandungan karbohidrat. Contohnya adalah nasi putih, nasi merah, roti gandum dan daging kelapa muda. Energi berguna untuk menambah stamina tubuh dalam melakukan berbagai aktifitas sehari – hari. Kekurangan energi didalam tubuh dapat menyebabkan tubuh mudah letih dan lemas. Hal ini tentu akan menganggu pekerjaan Anda. Oleh sebab itu setiap orang membutuhkan energi setiap harinya yang dihitung berdasarkan banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh. Semakin tinggi kalorinya berarti ketersedian energi semakin baik. Daging kelapa muda mengandung energi sehingga dapat membantu Anda untuk menambha energi. Ini karena daging kelapa muda juga mengandung karbohidrat yang cukup. Sehingga saat mengonsumsi daging kelapa muda Anda akan merasakan rasa kenyang yang lebih lama.

Artikel terkait :

5. Bisa untuk diet

Pernahkan terlintas dipikiran Anda bahwa berat badan yang tidak ideal ini memaksa Anda untuk menjalankan program diet. Setiap wanita tentu mendambakan bentuk badan yang ideal. Dengan bentuk badan tersebut dapat meningkatkan rasa percaya diri bagi wanita. Selain itu dengan melakukan diet membuat wanita mampu menurunkan berat badannya. Namun diet tak selamanya menjanjikan penurunan berat badan. Banyak pelaku diet yang merasa menyerah dengan keadaanya sendiri. Bagi mereka usaha untuk menurunkan berat badan sangat sulit dilakukan. Sudah berusaha mengurangi jumlah makanan dan melakukan olahraga namun berat badan masih menunjukkan arah jarum yang sama. Tidak naik dan tidak juga turun. Jika hasilnya begini maka yang perlu dikaji ulang adalah proses diet yang digunakan. Aman atau tidak ?. Pada prinsipnya menurunkan berat badan memang membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan sampai berbulan – bulan. Jadi selama diet cobalah untuk tidak menimbang berat badan dulu. Tunggu hingga waktu berjalan selama satu bulan baru kemudian timbang berat badan. Selain itu konsumsilah buah yang kaya akan serat. Salah satunya adalah daging kelapa muda. Mengonsumsi daging kelapa muda dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan keinginan untuk makan menjadi berkurang.

Artikel terkait :

6. Meningkatkan metabolisme tubuh

Metabolisem didalam tubuh berfungsi untuk menyehatkan organ – organ didalam tubuh. Dengan metabolisme yang sempurna peredaran darah menjadi lancar. Salah satu buah yang mampu ntuk meningkatkan metabolisme tubuh adalah daging dari kelapa muda. Anda bisa mencobanya dirumah sendiri untuk rutin mengonsumsi daging kelapa muda ini.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat dari daging kelapa muda di bidang ksehatan yang dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsinya.

Cara Memilih Kelapa Muda yang Benar

Adapun jika Anda ingin memilih buah kelapa yang masih memiliki kandungan daging yang muda. Maka cara untuk membedakannya adalah sebagai berikut :

  • Lihatlah ujung kelapa berupa lingkaran diujungnya. Perhatikan lingkarannya dan biasnaya kelapa muda memiliki lingkaran yang tidak terlalu lebar untuk diameternya.
  • Jika dari sabut kelapa sendiri terlihat kasar dan tidak berwarna coklat tua.
  • Guncangkan kelapa tersebut, untuk membedakan kelapa tersebut masih muda atau sudah tua adalah jika sudah tua saat Anda menguncangkan buah kelapa akan terdengar kocokan berupa air didalamnya. Sedangkan kelapa yang sudah tua saat di gundang tidak terdengar kocokan air didalamnya.
  • Selain dengan menguncangkan buah kelapa ada juga cara untuk mengetahui isi daging kelapa apakah masih muda atau tidak. Caranya buah kelapa digetok dengan kayu dan rasakan getarannya. jika getarannya terasa hingga kedalam ini menandakan daging kelapa masih muda dan bisa dimakan dengan sendok. Namun jika getarannya tidak begitu terasa berarti daging kelapa sudah tua.

Itulah beberapa cara untuk membedakan bagaimana memilih kelapa yang dagingnya masih muda dengan yang tua.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 20th, December 2016 / 03:44 Oleh :
Kategori : Kesehatan