14 Manfaat Daging Ayam Kampung Bagi Kesehatan

Apakah anda pecinta ayam bakar dan goreng? Manakah yang paling lezat, antara ayam biasa atau ayam kampung? Jelas! Jawabannya pastilah lebih mantap ayam kampung!

Ayam kampung atau biasa di panggil dengan sebutan ‘Pitik Jawa’ memang memiliki berbagai keistimewaan. Hal ini di khususkan dan di sebabkan karena pemeliharaanya yang masih benar benar alami tanpa bantuan bahan kimia manapun. Semua masih dari alam dan natural. Biasanya para peternak ayam kampong adalah para petani. Mereka akan melepaskan ayam ayamnya di lingkungan bebas, kehidupannya tidak dikandangkan. Mereka bahkan di biarkan mencari makan sendiri atau hanya di beri makan sisa nasi atau gilingan jagung.

Istimewanya Santapan Ayam Kampung

Jika di bandingkan dengan ayam potong biasa, istimewanya ayam kampung adalah memiliki rasa yang lebih gurih dan lezat. Jika badannya gemuk dan besar, maka ia secara normal akan gemuk dan kaya daging. Dari teksturnya yang alot menandakan betapa padatnya lemak bertumpuk di tubuh para ayam ayam kampung. Hal ini sangat berbeda jika yang anda temui adalah ayam potong. Tampilan besarnya hanya air, sehingga teksturenya lebih lembut dan sedikit.

Bagi anda pecinta ayam kampung, ternyata banyak memiliki manfaat bagi tubuh. Berikut ini diantaranya :

1. Kandungan toksin yang sedikit

Memang hanya sedikit orang saja yang sangat perduli akan mengkonsumsi ayam yang mengandung sedikit toksin atau tidak. Sebab efek samping yang akan mengenai juga tidak terlalu terasa pada jangka dekatnya. Padahal produk unggas mungkin juga berbahaya. Misalnya kandungan hormon, antibiotik dan jejak pestisida yang sudah mereka konsumsi saat di pekarangan. Berbeda dengan ayam kampung yang besar dengan sendirinya tanpa campur tangan bahan kimia.

Salah satu bentuk pengaruh antibiotik yang mengenai manusia adalah resistensi kuman pada beberapa orang. Sedangkan hormonal dari luar yang di berikan ke pada ayam potong adalah menyebabkan resiko kanker meningkat, pubertas pada anak lebih cepat. Bahkan anda juga tidak bisa menjamin ayam potong yang anda konsumsi tidak mengandung logam berat.

Konsumsi bahan anti toksin lainnya seperti :

2. Mutu gizi lebih tinggi

Ayam kampung memiliki kandungan gizi lebih tinggi dari sekedar ayam potong biasa. Sebab mereka mendapatkan makan secara alami dari daun dedaunan, serangga kecil, dan sebagainaya. Tidak mendapatkan suntikan hormonal, antibiotic dan pestisida. Sehingga tubuhnya tidak terkontaminasi langsung dengan zat kimia. Untuk itulah mengapa hasil daging ayam kampung lebih lembut dan lebih gurih.

Tidak hanya daging ayam kampung, daging jenis lainnya juga sangat baik dikonsumsi seperti :

3. Lemak lebih sedikit

Ayam organik hanya memiliki kandungan lemak lebih sedikit dari ayam potong. Itulah mengapa bentuk tubuh ayam organic lebih kecil dibandingkan dengan ayam potong. Dagingnya pun juga lebih tipis, sehingga untuk proses pemotongannya tidak memerlukan waktu yang banyak.

Konsumsi juga makanan rendah lemak berikut :

4. Protein tinggi kualitas terbaik

Daging ayam merupakan salah satu penghasil protein terbanyak setelah daging sapi. Manfaat protein berjenis hewani ini lebih banyak dan mutu kesehatannya lebih tinggi jika anda menggunakan ayam organik. Alasan inilah yang di pakai oleh para binaragawan. Tingginya kandungan protein yang berjumlah 19 jenis serta asam amino yang sangat baik untuk tubuh. Bahkan protein protein inilah yang membantu pembentukan tubuh agar terlihat sispact.

Maknaan kaya protein lainnya seperti :

5. Kaldu yang lebih nikmat

Anda bisa mengetahui kelezatan daging ayam organic meski hanya lewat kaldunya saja. Karena kandungan pestisida dan obat obatan dari ayam organic lebih sedikit, bahkan tidak ada, maka kaldunya juga lebih sehat. Selain lebih sehat, rasanya juga lebih nikmat dan lezat dari pada kaldu yang di hasilkan dari ayam potong biasa.

Bahan pembuatan kaldu lainnya juga diperoleh dari :

5. Aroma ayam organik yang nikmat

Aroma yang di hasilkan oleh ayam organik akan lebih dibandingkan dengan ayam potong. Hal ini juga di sebabkan karena ayam organic tidak di campurkan oleh obat obatan dan bahan kimia dalam pertumbuhannya. Semua berdasarkan dari alam. Rasa daging ayam organic akan lebih gurih, lebih nikmat dan lebih lezat. Jika anda mencicipinya, saya yakin akan ketagihan.

6. Dagingnya kenyal

Salah satu alasan mengapa orang menyukai daging ayam kampung adalah daging yang di hasilkan oleh ayam kampung lebih kenyal dari ayam potong. Jika anda sentuh dan pegang, daging tersebut berisi dan tidak lembek. Meskipun di olah dalam masakan, daging ayam organik cenderung tidak hancur. Sedangkan jika ayam potong biasa akan hancur ketika di olah.

7. Kotoran menjadi pupuk tanaman

Daging ayam kampong, semua bagian tubuhnya seperti daging bisa di manfaatkan. Bahkan hingga kotorannya sekalipun. Biasanya di gunakan sebagai pupuk tanaman. Karena kesehariannya tidak memakan obat obatan, jadi cukup aman jika di jadikan pupuk tanaman.

Beberapa bahan lainnya yang bisa digunakan sebagai pupuk tanaman yaitu :

8. Kotoran adalah pakan ikan

Bukan hanya di manfaatkan sebagai pupuk saja, namun kotoran ayam organic juga mampu di gunakan sebagai pakan ikan. Hal ini di nilai cukup aman, sebab ayam kampong tidak mengonsumsi obat obatan dan pestisida yang berbahaya.

9. Baik untuk penderita anemia

Bagi anda yang menderita anemia, memakan ayam organik di nilai cukup membantu. Sebab kandungan dalam ayam kampong terdapat zat besi yang cukup tinggi. Salah satu mineral inilah yang akan meningkatkan produksi sel darah merah atau biasa di kenal eritrosit. Jika hasil produksinya tersebut sudah mencapai batas normal, maka anda akan sembuh dari anemia.

Berikut ini sejumlah makanan yang mencegah anemia yakni :

10. Mengurangi rasa stress

Mengapa wanita haid di anjurkan memakan ayam? Ini sangat berkaitan dengan keadaan dan kondisi psikologis wanita tersebut. Biasanya orang haid akan mengalami stress yang cukup mengganggu pikirannya. Oleh sebab itulah di sarankan memakan ayam organik yang mengandung cukup vitamin B5. Kandungan ini sangat membantu untuk membuat otak menjadi tenang dan memberikan efek relaksasi.

11. Meningkatkan sistem imunnitas tubuh

Siapa sangka ternyata mengonsumsi ikan mampu meningkatkan sistem pertahanan tubuh manusia. Hal ini di sebabkan karena adanya kandungan mineral pada ayam yang membantu untuk meningkatkan imunnitas tersebut. Itulah mengapa ornag yang sedang flu sangat di anjurkan untuk mengonsumsi soup ayam hangat untuk membantu proses penyembuhan.

Untuk mengoptimalkan kekebalan tubuh, konsumsi makanan berikut ini :

12. Mengatur kolesterol

Ayam kampung memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit. Untuk itulah mengaoa daging ini di nilai cukup aman di konsumsi bagi para pasien yang memiliki kolestrol tubuh tinggi. Bahkan terdapat nutrisi yang membantu menurunkan kolestrol di taraf normal. Zat tersebut adalah niasin.

Solusi kolesterol lainnya juga bisa dengan :

13. Memperkokoh tulang

Tulang yang kuat juga di sebabkan karena kandungan protein di dalam tubuhnya yang cukup tinggi. Mengkonsumsi protein hewani mampu menambah berat badan anda. Untuk menguatkan tulang, konsumsi juga makanan berikut :

14. Baik untuk meningkatkan pertumbuhan anak

Di dalam ayam organik terdapat kandungan fosfor dan manfaat kalsium yang tinggi dan lebih sehat. Kedua zat itulah yang paling berperan dalam pertumbuhan anak di masa perkembangannya. Hal ini sekaligus di gunakan untuk menjaga tulang anak menjadi kuat dan tidak mudah patah

15. Meningkatkan nafsu makan

Masakan menggunakan ayam akan terlihat sangat menggoda bagi siapa saja. Entah ayam goring, ayam bakar, ayam ulang lunak, sup ayam, rending ayam, keri ayam, semua makanannya menjadi sangat menggoda liur. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa menu makan ayam cenderung lebih di sukai. Selain pengolahannya mudah, rasa yang akan di hasilkan juga tidak mengecewakan.

Itulah beberapa manfaat menggunakan ayam kampung atau ayam organik. Selamat mencoba…

, ,
Post Date: Saturday 26th, September 2015 / 04:50 Oleh :
Kategori : Makanan