Sponsors Link

Manfaat Coklat Putih Bagi Tubuh

Sponsors Link

Coklat putih (white coklat) barangkali salah satu jenis makanan yang membingungkan: namanya coklat, namun warnanya putih. Berbeda dengan coklat, coklat putih merupakan produk turunan coklat yang tidak mengandung padatan kakao. Pada pembuatan coklat pada umumnya, biji kakao sebagai bahan utama pembuatan coklat mengalami berbagai proses dari penggilingan hingga penumbukan. Dalam proses tersebut, biji kakao sebagian meleleh menjadi lemak nabati atau mentega kokoa, sementara sebagian biji yang tidak meleleh akan hancur menjadi bubuk. Nah, mentega kakao ini mejadi dasar pembuatan coklat putih yang nantinya kemudian dicampurkan dengan susu, gula dan sedikit garam.

ads

artikel terkait:

sekilas mengenai coklat putih

Coklat putih sendiri biasanya ditandai dengan warna kuning pucat maupun penampilan gading. Dikarenakan tidak mengandung bubuk dari biji kakao, coklat putih ini tidak berwarna coklat, terasa pahit maupun mengandug sifat antioksidan atau bahan karakterisasi seperti coklat pada umumnya. Meskipun demikian, adanya campuran mentega kakao dalam pembuatan coklat putih ini membuat coklat putih tetap memiliki aroma dan rasa yang serupa dengan coklat pada umumnya. Hal ini membuat coklat putih tetap dikategorikan dalam kelompok coklat meskipun tidak memiliki rasa dan warna coklat.

Popularitas coklat putih ini telah banyak menyebar ke seluruh bagian dunia. Bahkan di beberapa negara pemerintah juga telah mengeluarkan peraturan mengenai penjualan coklat putih. Seperti di Amerika Serikat, sejak tahun 2004 coklat putih wajib setidaknya terdiri dari 20% mentega kokoa, 14%  total susu padatan, 3,5% lemak susu dan tidak lebih dari 55% susu maupun pemanis lainnya. Sebelum tahun 2004, perusahaan-perusahaan di Amerika justru membutuhkan ijin sementara promosi untuk menjual coklat putih. Pemerintah Uni Eropa juga mengadopsi standar yang sama, namun tidak terdapat batas pemakaian gula maupun pemanis lainnya.

Posisi Indonesia sebagai penghasil kokoa yang cukup besar sangat menguntungkan bagi negara ini. Mengingat, kini coklat putih merupakan salah sat komoditas yang ramai diperdagangkan saat ini.

artikel terkait: manfaat crystal xmanfaat oval bedak dinginmanfaat pohon kina

Kegunaan Coklat Putih

Seperti coklat pada umumnya, coklat putih digunakan sebagai bahan konsumsi manusia. Selain itu coklat putih juga memiliki manfaat sebagai berkut:

  • Bahan campuran makanan

Coklat putih dapat dimanfaatkan diantaranya sebagai bahan campuran minuman, pembuatan kue maupun dibuat menjadi hiasan coklat lainnya.

  • Sebagai Hadiah

Coklat putih juga dapat digunakan sebagai hadiah bagi orang yang disayangi maupun kekasih pada momen-momen spesial, terlebih pada saat hari Valentine.

  • Bahan Dasar Pembuatan Coklat Lain

Dikarenakan warna dasarnya yang berwana putih, coklat putih juga sering dijadikan adonan yang digunakan untuk membuat coklat dengan warna lain agar lebih menarik.

artikel terkait: manfaat buah asammanfaat daun salam untuk dietmanfaat jamu kunir asem

Sponsors Link

Melelehkan Coklat Putih

Tidak seperti coklat pada umumnya, coklat putih lebih sulit untuk dilumerkan. Hal ini dikarenakan titik leleh mentega kakao sebagai bahan utama coklat putih ini. Titik leleh mentega kakao ini tergolong cukup tinggi untuk menjaga kepadatan coklat putih pada suhu kamar, tapi cukup rendah untuk memungkinkan coklat putih meleleh dalam mulut. Nah berikut merupakan tips untuk melelehkan coklat putih yang dapat Anda praktekkan:

  1. Perebus Ganda

Langkah-langkah pelelehan coklat putih dengan metode perebus ganda adalah sbb:

    1. Cacah coklat putih menjad potongan kecil-kecil
    2. Rebus air dalam perebus ganda
    3. Panaskan coklat putih tersebut di atas air
    4. Bila diperlukan, emulsi coklat putih tersebut
  1. Menggunakan Microvawe

Langkah-langkah pelelehan coklat putih dengan menggunakan microwave adalah sbb:

    1. Cacah coklat putih menjadi potongan kecil-kecil
    2. Sesuaikan tenaga microvawe, gunakan tenaga sedang
    3. Panaskan coklat putih dalam microwave kurang lebih selama 30 detik
    4. Lanjutkan interval 30 detik sesuai dengan keperluan Anda

artikel terkait: manfaat buah tomat mentahmanfaat cuka epl dan madumanfaat obat ranitidin

Berikut merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai coklat putih dan manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 10th, September 2016 / 14:49 Oleh :
Kategori : Makanan