Sponsors Link

11 Manfaat Cincau Hitam Bagi Kesehatan, Diet, dan Panas Dalam

Sponsors Link

Kalau lihat ada bahan berbentuk kotak kecil yang mengapung di es campur kita, tentunya kita akan langsung tahu nama bahan tersebut. Yup, cincau hitam. Si kenyal yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap dalam bermacam jenis es ini paling mudah didapat ketika bulan ramadhan tiba. Biasanya, sih, dipakai dalam pembuatan takjil. Contohnya : es campur, es buah, atau campuran kolak. Selain memiliki rasa yang khas dan nikmat, ternyata si hitam kenyal ini juga berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Sekarang, alangkah baiknya kita mengenal lebih dekat si cincau hitam dan manfaatnya bagi kesehatan.

Tentang Cincau Hitam

daun cincau hitamTumbuhan janggelan (cincau hitam) adalah tanaman berbatang kecil dengan ujung batang yang juga ditumbuhi batang lagi. Batangnya terkadang menjalar di tanah dan sebagian lainnya tegak. Bentuk daunnya lonjong dengan ujung daur meruncing. Terkadang bunganya berwarna merah muda namun adapula yang warnanya agak ungu. Bentuknya mirip dengan bunga kemangi. Bagian tanaman yaitu batang serta daunnya bergetah hijau agak hitam (hijau kehitam-hitaman).

Inilah yang nantinya akan diolah dan dimasak menjadi cincau hitam. Di negara Jepang dan negara maju lainnya telah banyak produsen ekstrak cincau dan cincau hitam dalam kaleng. Dengan adanya ekstrak cincau hitam, kita dapat membuat cincau sendiri di rumah. Penyebaran tanaman yang berasal dari Asia ini sampai ke Myanmar, Philipina, bahkan Indonesia. Habitat tanaman cincau hitam adalah pada wilayah yang memiliki ketinggian antara 75-2300 meter di atas permukaan air laut.

Kandungan Cincau Hitam

cincau hitamCincau hitam yang sering ditambahkan ke dalam makanan dan minuman ternyata memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang cukup bagus. Serat larut air yang tinggi (soluble dietary fiber), mineralnya cukup banyak dan baik bagi tubuh. Dalam 100 gram cincau hitam memiliki kandungan :

  • 1 gram lemak
  • 6 gram protein
  • 122 kalori
  • Namun Vitamin A dan vitamin C tergolong rendah.

Sedangkan kandungan dalam ekstrak cincau hitam tersebut adalah flavoid 1,34%, fenol 17,3%, asam kafeat 50,14 ppm, steroid 0,23%. Selain cincau hitam, saudaranya yaitu cincau hijau juga tak kalah hebat. Cincau hijau mengandung senyawa isokandrodendrin yang bermanfaat untuk benteng tubuh (pencegahan) terhadap tumor ganas, senyawa dimetil kurin dimetoidida bermanfaat bagi yang ingin otot kendur, dan alkaloid bisbenzilsokuinolin yang bermanfaat untuk membantu mengatasi radang, hipertensi, dan menekan menyebarnya sel kanker yang terdapat di ginjal. Kandungan antioksidan dalam getah cincau hitam pun tergolong tinggi sehingga dapat melawan kanker.  Daunnya ampuh mematikan sel tumor yang ada di tubuh. Berdasarkan penelitian mengenai daun cincau hitam ini, ekstraknya mampu mematikan sel kanker darah antara 55% hingga 99%. Sedangakn untuk kanker lainnya seperti kanker payudara, kanker mulut rahim dan kanker paru-paru presentasenya sekitar 60%.

sponsored links

Sementara kandungan dalam cincau hitam yang bermanfaat untuk program diet adalah karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C, air yang tinggi, rendah kalori, serta tingginya serat cincau tersebut, pas sekali bagi orang-orang yang tengah berusaha untuk mengurangi berat badannya.

Manfaat Cincau Hitam
Cincau hitam sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. berikut adalah beberapa manfaat cincau hitam bagi kesehatan tubuh hingga untuk diet.:

  1. Menjaga pencernaan agar dapat bekerja dengan baik.
  2. Mengatasi panas dalam
  3. Mengatasi sembelit
  4. Obat perut kembung
  5. Mengatasi diare
  6. Sebagai obat malaria
  7. Mengobati darah tinggi
  8. Obat batuk
  9. Melawan tumor dan kanker
  10. Resiko terkena diabetes dan penyakit kardiovaskuler (jantung atau stroke) lebih rendah.
  11. Baik dikonsumsi bagi orang yang tengah berdiet.

Sumber bermanfaat lainnya :

Perbedaan Cincau Hitam dan Hijau

Cincau hijau yang kita kenal berasal dari tanaman cylea barbata. Bahan baku pembuatan cincau hijau adalah daunnya. Sedangkan cincau hitam berasal dari tanaman mesona palustris atau lebih dikenal banyak orang dengan sebutan janggelan. Membuat cincau hitam tidak hanya menggunakan daunnya akan tetapi juga batangnya. Di negara asal cincau hitam, Tiongkok, tanaman cincau yang banyak tumbuh berjenis mesona procumbens dan mesona chinensis. Perlu diketahui bahwa nama cincau sendiri berasal dari bahasa china xian cao yang kemudian setelah diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi cincau.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 21st, October 2015 / 06:51 Oleh :
Kategori : Herbal