6 Manfaat Cabe Gendot untuk Kesehatan

Cabe atau cabai merupakan tumbuhan yang dapat digolongkan sebagai sayuran atau bahan tambahan masakan. Rasanya yang pedas merupakan ciri khas dari cabe sehingga dipilih sebagai pelengkap bumbu masakan. Indonesia merupakan negara dengan tipe masyarakat dengan masakan yang tidak lepas dari cabe. (Baca Juga: manfaat cabe dan bahayanya , manfaat daun cabe)

Cabai memiliki berbagai jenis mulai ukuran besar yaitu cabe merah besar, cabe hijau, cabe keriting dan cabe ukuran kecil seperti cabe rawit maupun cabe gendot. Setiap jenis cabe tersebut memiliki ke khasan pedas yang berbeda salah satunya yaitu cabe gendot yang memiliki rasa pedas yang lebih dari cabe lain. Selain memiliki ciri khas rasa pedas dari segi nutrisi cabe juga memiliki manfaat dan kandungan vitamin C.

artikel terkait :

bentuk dari cabe gendot yaitu berbentuk kecil tapi memiliki badan atau bentuk yang gendut dengan corak warna merah menyala atau hijau segar. sekilas bentuk cabe gendot seperti versi mini dari paprika yang memiliki rasa pedas yang tidak seberapa akan tetapi cabe gendot memiliki rasa pedas bahkan hanya dengan beberapa biji cabe gendot bisa menghasilkan masakah dengan cita rasa pedas yang membahana. (Baca juga: Manfaat Daun Paprika , Manfaat Paprika Bagi Kesehatan)

cabe gendot umumnya bisa ditemukan pada dataran tinggi dieng. Di indonesia sendiri kawasan yang menghasilkan cabe adalah kawasan dieng wonosobo jawa tengah. Cabe gendot pada daerah tersebut biasanya dijual di warung atau toko oleh-oleh di daerah itu.

Manfaat Cabe Gendot

1.  Sebagai sumber rasa pedas

Cabe gendot dikenal sebagai jenis cabe yang bisa memberikan rasa pedas pada masakan dengan memberikan beberapa buah cabe gendot saja sehingga hanya dibutuhkan sedikit buah cabe untuk satu masakan. Rasa pedas cabe gendot untuk masakan akan memanjakan lidah para pecinta masakan pedas. (Baca Juga: Manfaat Cabai Hias , Manfaat Hidroponik)

2. Sumber vitamin C

Setiap cabe yang ada termasuk cabe gendot merupaka jenis cabe yang memiliki kandungan vitamin C. Vitamin C yang terkandung dalam cabe terkadang dianggap sepele karena sebagian orang memandang cabe sebagai bahan makanan yang memberikan efek jika terlalu banyak mengkonsumsi cabe akan tetapi jauh dalam kandungan nutrisi yang ada cabe adalah salah satu tumbuhan dengan kandungan vitamin C yang baik. (Baca Juga: Manfaat Eucalyptus , Manfaat Pepaya untuk Diet)

3.  Melegakan pikiran

Cabe gendot yang rasanya pedas dapat dipadukan menjadi bumbu masakan pedas. Rasa pedas pada masakan khususnya untuk masyarakat indonesia diyakini bisa melegakan pikiran ketika pusing akibat pekerjaan atau pusing akibat tugas tertentu dengan mengkonsumsi masakan dengan cita rasa pedas bisa membuat pikiran menjadi lega dan merasakan efek refresh. (Baca Juga: Manfaat Puasa untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani , Manfaat Cabe Rawit Ungu)

4. Melegakan hidung tersumbat

Hidung tersumbat merupakan salah satu gangguan pernafasan saat terkena flu atau akibat hawa dingin. Gangguan hidung tersumbat bisa membuat perasaan tidak nyaman, dengan mengkonsumsi masakan yang bercampur dengan olahan cabe gendot yang menghasilkan rasa pedas yang membahana bisa membantu untuk melancarkan penyebab hidung tersumbat.

artikel terkait pelega hidung tersumbat : manfaat permen strepsils , Manfaat Gurah


5. Mengandung capsaicin

Semua cabe termasuk cabe gendot mengandung capsaicin yang merupakan zat bisa berguna untuk merangsang otak untuk mengeluarkan endorfin sehingga seseorang yang mengkonsumsi cabe bisa merasa kecanduan terasa enak atau ingin mengkonsumsi makanan pedas kembali. (Baca Juga: Manfaat Cabe Puyang , Manfaat Sinar Matahari Pagi)

6. Melancarkan pembuangan pada pencernaan

Mengkonsumsi makanan pedas dengan campuran cabe gendot bisa melancarkan pembuangan kotoran pada proses pencernaan, akan tetapi konsumsi cabe harus dibarengi dengan ukuran yang tidak banyak atau tidak membahayakan pencernaan.

baik juga untuk pencernaan : manfaat jerukmanfaat pepaya – manfaat jambu biji   manfaat pisang batu

Dilihat dari sisi kegunaan sebagai pelengkap bumbu masakan cabe gendot merupakan kandidat cabe pilihan yang bisa membuat masakan pedas bahkan extra pedas tanpa menggunakan cabe dalam jumlah banyak karena dua sampai tiga cabe gendot sudah membuat lidah bergoyang.

Pada sisi kandungan nutrisi cabe gendot memiliki kandungan gizi baik seperti vitamin C yang dapat membantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain vitamin C cabe gendot juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup. akan tetapi harus diperhatikan bahwa kandungan pada cabe gendot yang memiliki banyak manfaat akan hilang jika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi cabe gendot dengan jumlah yang banyak karena dapat menimbulkan efek samping seperti peradangan pada saluran makanan dan organ pencernaan. (Baca Juga: Manfaat Serum Vitamin C , Manfaat Vitamin C)

maka dari itu untuk menghindari efek samping yang merugikan konsumsi cabe gendot harus memperhatikan jumlah dan insentitas agar mendapatkan kepuasan dari rasa cabe gendot dan manfaat vitamin yang dikandung.

, , , ,
Post Date: Saturday 11th, March 2017 / 15:23 Oleh :
Kategori : Sayuran