Sponsors Link
     Sponsors Link

15 Manfaat Cabai Rawit Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Sebagai masyarakat hidup di daerah tropis, cabai sudah pasti menjadi salah satu bahan makanan yang sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Cabai memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, sehingga sering dimanfaatkan sebagai campuran bahan makanan.

Salah satu jenis cabai yang sering dikonsumsi dan dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia adalah cabai rawit. Cabai rawit ini merupakan salah satu jenis cabai yang masuk ke dalam genus Capsicum. Cabai rawit yang masih mudah berwarna putih kehijauan hingga hijau pekat, sdangakan cabai rawit yang sudah matang memiliki warna yang cenderung kemerahan dan keoranyean.

cabai rawitKarena rasanya yang pedas dan mantap, maka cabai rawit dimasukkan ke dalam peribahasa, kecil – kecil cabai rawit. Hal ini disebabkan, karena meskipun memiliki ukuran yang kecil, namun cabai rawit memiliki rasa yang bahkan lebih pedas dari cabai merah dan cabai hijau besar.

Apa saja manfaat cabai rawit?

Cabai rawit sendiri, terutama di kalanganmasyarakat Indonesia memiliki banyak sekali manfaat. Apa saja manfaat dari cabai rawit? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari cabai rawit bagi kita :

  1. Bahan campuran masakan

Manfaat pertama dari cabai rawit, dan beberapa jenis cabai lainnya adalah digunakan sebagai bahan campuran makanan. Biasanya hampir semua masakan mengandung campuran cabai, terutama yang memiliki rasa yang pedas.

Selain itu, cabai rawit juga dimanfaatkan sebagai salah satu garnish atau penghias dari suatu masakan agar telihat menjadi lebih cantik dan menarik.

  1. Bahan utama pembuatan sambal

Orang Indonesia banyak sekali yang tergila – gila dengan sambal. Salah satu bahan utama pembuatan sambal, selain cabai merah, adalah Cabai rawit. Cabai rawit dapat memberikan rasa yang sangat pedas, dan pastinya akan sangat memuaskan terutama bagi anda yang menyukai sambal yang pedas.

  1. Makanan pendamping dari camilan / gorengan

Cabai rawit juga sering dimanfaatkan sebagai salah satu pendamping dari camilan yang bersifat gurih, seperti gorengan yang bisa kit temukan di pinggir jalan. Cabai rawit dimanfaatkan sebagai salah satu teman dalam menyantap tahu goeng, tempe goreng, dan berbagai jajanan lainnya.

  1. Sebagai penambah cita rasa pedas pada makanan

Bagi anda yang suka pedas, namun ternyata makanan yang anda makan tidak pedas, silakan anda gunakan Cabai rawit untuk menambah cita rasa pedas. Anda dapat mencampurkan langsung potongan – potongan Cabai rawit pada makanan anda, atau dapat membeli produk olahan bubuk cabe yang terbuat dari bahan dasar Cabai rawit.

  1. Sebagai alat pertahanan diri

Bagaimana caranya membuar menjadi salah satu alat untuk mempertahankan diri? pasti anda bingung. Tak lain dan tak bukan, adalaha anda dapat mengolah Cabai rawit menjadi pepper sray, atau semprotan cabe. Semprotan cabe ini sangat berguna bagi anda dalam mempertahankan diri, karena dapat memberikan efek mata yang pedih bagi para pelaku kejahatan yang mencoba mengganggu anda.

Cara mengolah Cabai rawit menjadi pepper spray pun mudah, berikut ini caranya

  • Rendam potongan – potongan Cabai rawit, cabe merah, dan juga merica dalam ½ atau ¼ gelas air semalaman.
  • Tuang ke dalam botol plastic yang dapat menjadi wadah semprotan.
  1. Sebagai obat untuk menyembuhkan luka

Kandungan capcaisin yang ada pada Cabai rawit sangat efektif dalam membantu mempercepat penyembuhan luka yang terjadi pada diri anda. dengan memanfaatkan Cabai rawit, maka luka anda akan cepat mengering dan dapat terhindar dari infeksi berkepanjangan. Berikut ini langkah – langkah untuk memanfaatkan Cabai rawit menjadi obat penyembuhan luka :

  • Ambil beberapa buah Cabai rawit, lalu potong – potong dan haluskan
  • Balurkan Cabai rawit pada bagian tubuh yang mengalami luka, lalu kompres
  1. Dapat mengobati sariawan

Cabai rawit juga dapat mengobati sariawan yang muncul pada bagian mulut anda. anda tidak perlu repot – repot memotong ataupun menghaluskan Cabai rawit, namun cukup makan Cabai rawit begitu saja lalu arahkan ke titik sariawan yang muncul pada mulut anda.

  1. Meredakan demam tinggi

Cabai rawit juga diyakini mampu untuk menurunkan demam. Dengan mengkonsumsi Cabai rawit, maka secara perlahan suhu tubuh dapat menjadi normal kembali dan anda pun akan menjadi sehat seperti sediakala.

  1. Mengatasi hidung mampet

Cabai rawit terbukti sangat ampuh dalam mengobati gejala – gejala mampetnya hidung. Gejala hidung mampet sangatlah mengganggu proses pernapasan anda, karena itu harus anda atasi, salah satunya dengan menggunakan Cabai rawit. Berikut ini caranya:

  • Buatlah masakan yang berkuah dan panas, seperti mie rebus
  • Makan mie rebus atau makanan lain yang hangat tersebut sambil menggunakan Cabai rawit sebagai lalap
  • Kombinasi makanan yang panas dan Cabai rawit dapat membuat hidung mampet teratasi dengan mudah.
  1. Mencegah berbagai macam penyakit kronis
sponsored links

Cabai rawit juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit kronis. Hal ini disebabkan oleh kandungan alami daric r yang memiliki kandungan antioksidan dan anti bakteri yang sangat tinggi. Maka dapat mencegah berbagai macam penyakit kronis, seperti :

  • Kanker
  • Diabetes
  • Hipertensi
  • Penyumbatan pembuluh darah
  • Penyakit jantung coroner
  • Kolestrol
  1. Mengobati sakit kepala

Cabai rawit juga memilki khasita yang baik dan bagus untuk meredakan nyeri dan sakit kepala yang anda alami. Dengan mengkonsumsi Cabai rawit, maka rasa nyeri dan sakit kepala anda dapat menjadi hilang dan lebih rileks.

  1. Meringankan gejala nyeri sendi

Selain dapat mengobati nyeri dan sakit pada kepala, anda juga dapat mengatasi gejala – gejala nyeri sendi dengan memanfaatkan konsumsi dari Cabai rawit ini.

  1. Menambah nafsu makan

Cabai rawit juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menambah nafsu maan. Kandungan alami yang ada pada Cabai rawit dapat membantu anda dalam menambah nafsu makan dan membuat anda menjadi lebh smeangat dalam makan.

  1. Mencegah penuaan dini

Karena memilikik kandungan anti oksidan yang sangat baik utnuk tubuh, maka Cabai rawit juga dapat berperan dalam mencegah penuaan dini. Antioksidan yan gdapat menangkal radikal bebas akan menyebabkan segala gejala – gejala yang berkaitan dengan penuaan dini pada diri anda dapat dicegah.

  1. Sebagai antibiotic alami

Cabai rawit juga berperan secara alami sebagai salah satu antibiotic alami. Antibiotic alami ini, bersama dengan antioksidan memiliki peran yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindarkan tubuh dari berbagai acam penyakit.

Itulah beberapa manfaat dari Cabai rawit. perlu diingat, meskipun memiliki manfaat yang banyak, namun demikian tidak disarankan untuk mengkonsumsi Cabai rawit secara berlebihan. Hal ini akan menyebabakan sakit perut dan gangguan pada pencernaan, bahkan dapat menyebabkan diare.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Sunday 07th, June 2015 / 14:49 Oleh :
Kategori : Buah Buahan