Sponsors Link

11 Manfaat Burung Walet Pada Kesehatan

Sponsors Link

Burung walet merupakan burung yang banyak ditemukan di beberapa dataratan China, India, Amerika Utara, Eropa dan Indonesia. Burung ini sering hidup di gua maupun di bangunan tinggi yang jarang dipakai dengan kelembaban yang cukup. Saat ini telah banyak budidaya burung walet dikarenakan manfaatnya yang luar biasa dan harganyan yang cukup tinggi. Apakah Anda penasaran dengan manfaatnya? Mari kita simak dalam artikel berikut ini.

ads

artikel terkait:

Manfaat Burung Walet

1. Membantu kesehatan reproduksi

Sarang burung walet secara tradisional diakui dapaty membantu menyehatkan sistem reproduksi. Hal ini juga dikonfirmasi oleh hasil penelitian dari uji labolatorium Chinese University of Hongkong pada tahun 2003. Sarang burung walet dapat membantu menyehatkan sistem reproduksi dikarenakan dapat mengoptimalkan fungsi tubuh dan hormon dalam tingkat yang sehat sehingga sistem reproduksi dapat optimal. Meskipun demikian, diperlukan pengujian lebih lanjut untuk mengetahui keabsahan hal ini.

artikel terkait: manfaat kroto

2. Berkhasiat untuk pengobatan

Sarang burung walet secara tradisional diyakini dapat berguna untuk pengobatan paru-paru serta menyembuhkan dan memperkuat pertahanan tubuh dari segala penyakit yang berhubungan dengan darah rendah, suhu tubuh tinggi dan penyakit lain. Konsumsi sarang burunug walet juga sangat dianjurkan untuk membantu mengobati penyakit seperti kanker juga memulihkan kesehatan setelah operasi. Bahkan penilitian terbaru di Hongkong juga menyarankan untuk mengkonsumsi sarang burung walet dalam mungkin saja dapat membantu dalam proses pengobatan penyakit AIDS.

artikel terkait: manfaat apel untuk burung kenari

3. Membantu mempercepat regenerasi sel

Sarang burung walet dipercaya memiliki kandungan beberapa protein yang dapat mebantu proses regenerasi dan pertumbuhan sel-sel tubuh, meremajakan kulit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan para ahli pengobatan di China pun sering meresepkan sarang burung walet untuk orang yang mengalami masalah keterlambatan pertumbuhan tanpa sebab yang jelas, mengingat sarang burung walet ini mengandung faktor pertumbuhan epidermal.

artikel terkait: manfaat ebod joss

4. Membantu meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh

Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sarang burung walet mengandunug glikoprotein yang larut dalam air yang dapat mempromosikan pembelahan sel dalam sistem kekebalan tubuh. Tentu saja hal ini semakin memperkuat kepercayaan bahwa sarang burung walet dapat berguna untuk mendorong pertumbuhan dan memperbaiki jaringan tuuh. Selain itu, sarang burung walet juga dipercaya dapat memperkuat fungsi tubuh, memberikan ketahanan terhadap penyakit juga memberikan efek positif terhadap metabolisme tubuh.

artikel terkait: manfaat ulat hongkong

ads

5. Membantu mempertahankan kecantikan kulit

Burung walet dapat dimanfaatkan air liurnya untuk membantu mempertahankan kecantikan kulit dari penuaan dini. Selain itu, sarang burung walet juga banyak dikonsumsi wanit untuk memberikan manfaat bagi tubuh supaya kulit menjadi halus dan berseri-seri.

artikel terkait: 9 manfaat daun saga untuk kesehatan dan burung

6. Sebagai obat batuk kering

Air liur burung walet dapat berguna untuk mengobati batuk kering dengan dahak sedikit maupun tanpa dahak. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda hanya perlu mencampurkan 4 gram air liur walet dengan 7 gram gula batu yang kemudian direbus dengan air secukupnya. Air rebusan tersebut dapat diminum untuk tiga maupun empat orang. Namun, apabila Anda tidak meminum air rebusan tersebut, Anda dapat mengambil uap dari rebus air liur walet tersebut.

artikel terkait: manfaat makan apel di malam hari

7. Membantu mengatasi keluhan paru-paru

Selain sebagai obat batuk kering, air rebusan atau uap air liur walet juga dapat berguna untuk membantu mengatasi penyakit yang berhubungan dengan paru-paru seperti batuk, TBC, asma, dan kesulitan menelan. Selain itu, air liur walet juga dapat membantu mengatasi penyakit umum yang menjangkit tubuh sehingga badan menjadi lemah termasuk pada saat Anda cegukan.

artikel terkait: manfaat tepung kroto

8. Membantu mengobati kerusakan pembuluh darah

Pembuluh darah dapat mengalami kerusakan yang dapat disebabkan oleh buruknya pola makan seperti konsumsi lemak yang berlebihan. Banyaknya kolesterol yang menumpuk dalam darah juga dapat merusak pembuluh darah dikarenakan dapat menyebabkan pengerasan serta penyempitan arteri ke jantung. Nah, hal tersebut dapat diatasi dengan konsumsi air liur burung walet yang dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat memperbaiki arteri guna mencegah kerasnya pembuluh darah.

artikel terkait: manfaat biji apel

9. Membantu meningkatkan nafsu makan

Nafsu makan yang menurun akibat lelahnya kondisi tubuh terkadang juga dapat menyebabkan tubuh lebih rentan terkena penyakit. Nah, untuk meningkatkan nafsu makan Anda dapat mengkonsumsi sebanyak 12 gram air liur burung walet yang sebelumnya telah dicampur dengan susu maupun sup dari kaldu sapi.

artikel terkait: manfaat kulit apel hijau

10. Membantu mencerdaskan otak

Bagi Anda para orang tua yang ingin anak Anda semakin cerdas, Anda dapat mencoba memberikan air liur burung walet bagi Anak Anda. Hal ini dikarenakan air liur burung walet mengandung berbagai jenis asam amino yang dipercaya dapat memanru meningkatkan kecerdasan anak-anak.

artikel terkait: manfaat apel hijau untuk diet

11. Membantu mendukung kehamilan

Konsumsi air liur burung walet telah disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil sejak jaman dahulu di China. Air liur burung walet dipercaya dapat berguna bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuhnya, membuat kulit ibu hamil menjadi elastis serta membuat bayi yang dilahirkan lebih sehar dengan kulit halus dan mulus.

artikel terkait: manfaat kulit apel

Meskipun kecil, ternyata walet memiliki banyak manfaat yang sangat menguntungkan ya! Memang harga liur maupun sarang burung walet mahal, namun apabila Anda memiliki kesempatan untuk dapat mengkonsumsinya silahkan Anda coba untuk mendapatkan beragam manfaatnya. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 22nd, December 2016 / 14:41 Oleh :
Kategori : Hewan