Sponsors Link

18 Manfaat Bunga Turi Untuk Kesehatan – Ibu Hamil – Kecantikan

Sponsors Link

Bunga turi merupakan salah satu tanaman yang sering kita temui, baik di sekitar pekarangan rumah, di sawah, di kebun. Bunga turi  memiliki beberapa ciri, diantaranya memiliki kayu yang bertekstur lunak dan kecil, biasanya berumur pendek. Memiliki bungan yang besar bentuknya seperti kupu-kupu bila mekar, warnanya ada yang merah dan putih. Bunganya menggantung dan bentuk kuncupnya seperti sabit. Di daerah kita mungkin bunga turi ini juga sering digunakan sebagai pelengkap makanan.

ads

Sebenarnya tidak hanya sebagai pelengkap makanan saja, bung turi juga memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan kita. mulai dari kesehatan, kecantikan ,ibu, hamil, bidang produksi dan lainnya. Namun sebelum membahas tentang manfaatnya, alangkah baiknya kita ketahui dulu apa saja kandungan nutrisi yang ada dalam bunga turi.

(Kandungan nutrisi di dalam 100 g bunga turi)

  • Kandungan energi : 44 kkal
  • Kandungan protein : 1,8 g
  • Kandungan lemak : 0,6 g
  • Kandungan kalsium : 23 mg
  • Kandungan fosfor : 29 mg
  • Kandungan zat besi : 1mg
  • Kandungan vitamin A : 305 IU
  • Kandungan vitamin B1 : 0,13 mg
  • Kandungan vitamin C : 41 mg

Begitu banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, inilah yang menyebabkan bunga turi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita.

Untuk Kesehatan

  1. Mengobati sariawan

Bagi anda yang mengalami sariawan bisa diobati dengan manfaat bunga turi ini, karena bunga turi memiliki manfaat vitamin C yang cukup tingggi seperti manfaat jeruk nipis dan cocok untuk mengobati sariawan. Caranya dengan meremas-remas kulit batang bunga turi kemudian di rebus. Rebusan air tersebut digunakan untuk berkumur. Manfaat ini juga bisa diperoleh dari manfaat bunga turi.

  1. Mengobati sakit mata

Vitamin A yang ada dalam bunga turi sangat baik untuk menjaga kesehatan mata kita. caranya cukup makan bunga turi sebagai lalapan pelengkap makanan anda. Konsumsi secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Artikel terkait kesehatan mata :

  1. Memperkuat tulang

Bunga turi memiliki kandungan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Hanya dengan mengkonsumsi bunga turi secara teratur sebagai lalap atau sayur, maka tulang anda akan semakin kuat.

Artikel terkait kesehatan tulang :

  1. Mengatasi keputihan

Bagai para kaum hawa pasti merasa risih dan sakit ketika terjadi keputihan, hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi bunga turi, karena kandungan nutrisi di dalamnya mampu melawan bakteri dan kuman penyebab keputihan. Caranya dengan membuat ramuan atau jamu dengan bahan dasar daun bunga turi yang ditumbuk setelah itu dicampur dengan manfaat kunyit dan sedikit air.

  1. Menyembuhkan luka

Bunga turi yang berwarna merah ampuh dalam penyembuhan luka, kandungan tinin yang ada di dalamnya baik untuk melawan bakteri luka dan mengeringkannya. Carnya hanya dengan menumbuk bunga turi merah, kemudian dioleskan ke bagian yang luka.

  1. Meredakan radang tenggorokan

Tidak hanya ampuh untuk menyembuhkan luka, namun bunga turi merah juga bisa digunakan sebagai pereda radang tenggorokan, caranya dengan merebus daun  bunga turi merah kemudian buatlah untuk berkumur.

  1. Mengobati disentri

Disentri merupakan diare yang disertai darah, namun bagi anda yang mengalaminya jangan kawatir karena anda bisa mengobatinya dengan menggunakan bunga turi. Caranya dengan merebus bunga turi putih, tunggu hingga dingin lalau minumlah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal minumlah air rebusan ini sebanyak 2 kali sehari.

  1. Mengobati cantengan

Cantengan adalah kondisi dimana kuku kita mengalami bengkak dan biasanya berwarna ungu kehitaman. Biasanya hal ini terjadi ketika kita tersandung atau jatuh. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan bunga turi. Caranya dengan menumbuk daun bunga turi yang sudah dicuci bersih. Kemudian letakkan tumbukan daun tersebut ke bagian kuku yang bengkak, maka dengan senbdirinya rasa nyeri dan warna ungu kehitaman akibat pembekuan darah akan hilang.

  1. Mengobati batuk berdahak

Ternyata bukan hanya daun bunga turi saja yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional, akar bunga turi juga bisa digunakan sebagai ramuan herbal, yaitu untuk mengatasi batuk berdahak. Caranya dengan mengambil satu ruas akar bunga turi kemudian di tumbuk hingga halus dan dicampur ½ gelas air kemudian ditambahakan manfaat madu. Aduk hingga rata, kemudian minumlah.

  1. Mengatasi pegal linu

Bagi anda yang sering merasakan pegal linu, anda bisa memanfaatkan daun bunga turi merah, tumbuklah sampai halus kemudian campur dengan sedikit air hingga menjadi seperti bubur. Kemudian gosoklah bubuk itu ke bagian yang pegal-pegal.

Di Bidang Produksi

  1. Sebagai bahan lalapan

Bunga turi sering kali dijadikan sayur untuk lalapan, kita sering menumuinya di warung lalapan. Rasa yang manis dan gurih pada bunga turi sanagat nikmat untuk menemani makan kita sebagai lalapan, bisa dicampur dengan manfaat mentimun, manfaat selada, dan manfaat kubis (kol).

  1. Sebagai pakan ternak

Kandungan protein dan vitamin dalam daun bunga turi sangat baik bagi hewan ternak kita. hampir semua hewan ternak suka dengan bunga turi ini ketika makan. Dengan menggunakan bunga turi sebagai bahan dasar pangan ternak, maka hewan ternak kita akan menjadi lebih sehat yang dikarenakan nutrisi yang diperoleh dari bunga turi.

  1. Mengawetkan kayu

Ternyata bunga turi juga bisa dijadikan sebagai pengawet kayu, bagian yang berfungsi sebagai pengawet adalah getah dari batang bunga turi. Caranya dengan mencampurkan getah ke dalam manfaat cat kayu. Dengan campuran getah inilah kayu akan terlindungi dari rayap. (Baca juga : manfaat aquaproof)

  1. Pewarna alami

tidak hanya sebagai pengawet, getah dari bunga turi ini juga bisa dijadikan pewrna alami untuk kerjinann. Contohnya di Kebumen, para pengrajin menggunakan getah pohon bunga turi untuk mewarnai kerajinan anyaman bambu. (Baca juga : manfaat pohon angsana)

ads

Untuk Ibu Hamil

  1. Memperlancar ASI

Bagi ibu hamil yang ingin ASI nya banyak dan lancar maka anda bisa mengkonsumsi bunga turi putih maupun merah. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya baik untuk merangsang produksi ASI. Ada dua cara yang bisa dilakukan, anda bisa memanfaatkan bunga turi untuk lalap atau sayur di menu makan anda serta anda bisa menggunakan daun bunga turi yang masih muda sebagai jamu.

  1. Baik untuk janin

kita thau sendiri kandungan nutrisi yang ada di dalam manfaat bunga turi sangat baik untuk nitrisi janin anda, kandungan kalsium dan zat besi yang ada sangatlah baik untuk tumbuh kembang janin anda. Caranya dengan mengkonsumsi bunga turi sebagai sayur ataupun jamu.

(Baca juga : manfaat biang kunyit)

Untuk Kecantikan

  1. Menghilangkan jerawat

Jerawat adalah musuh bagi kulit wajah kita, biasanya disebabkan oleh bakterii dan kuman yang dihasilkan dari debu atau polusi bahkan makanan. Anda bisa mengusir jerawat secara alami dengan bunga turi, terutama pada bagian pucuknya. Anda bisa membuat masker dari pucuk bunga turi dengan cara menumbuk pucuk bunga turi kemudian dicampur air sedkit sampai menjadi seperti masker, balurkan masker tersebut ke bagian kulit yang terkena jerawat.

Baik untuk jerawat :

  1. Menghaluskan kulit

Kulit halus merupakan damnbaan semua kaum hawa, kulit yang halus mencerminkan kecantikan dan kebersihan cewek tersebut. Anda bisa menjadikan kulit halus dengan bunga turi. Dengan cara carilah buah bunga turi, kemudian tumbuklah hingga menjadi halus dan tambahkan sedikit manfaat air hingga menjadi masker, lalu oleskan ke kulit anda dan diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Itulah berbagai manfaat yang ada di dalam bunga turi, tidak hanya bunganya atau daunnya saja yang bisa kita gunakan, namun getah, akarnya pun bisa kita manfaatkan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 18th, June 2016 / 03:41 Oleh :
Kategori : Tumbuhan