Sponsors Link

10 Manfaat Bunga Sedap Malam Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Bunga sedap malam merupakan salah satu jenis bunga yang sudah sangat terkenal, baik di Indonesia maupun di dunia. Bunga sedap malam sendiri merupakan jenis bunga yang berasal dari nama tanaman yang sama, yaitu tanaman sedap malam. Bunga sedap malam merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki wangi yang sangat harum, sehingga banyak orang yang menyukai keharuman dari bunga jenis ini. Saat ini, bunga sedap malam sudah sering sekali dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

ads

Apa saja manfaat dari bunga sedap malam? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Sebagai capuran pada makanan

Beberapa jenis sup memanfaatkan juga tanaman sedap malam untuk campuran masakannya. Sup yang memiliki kandungan sedap malam akan terasa lebih nikmat dan juga akan terasa lebih gurih dan wangi. Hal ini tentu saja akan menambah poin tersendiri bagi masakan yang memiliki kandungan sedap malam di dalamnya.

Campuran sup lainnya yakni :

2. Campuran wewangian atau parfum

Bunga sedap malam merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki keharuman yani luar biasa, tidak kalah dengan keharuman melati. Karena itu, bunga sedap malam juga seringkali dibuat sebagai bahan wewangian atau parfum. Biasanya, bunga sedap malam dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya ayng dapat membantu meningkatkan keharuman, serta sering juga dibuat sebagai pengharum ruangan.

Bahan parfum lainnya juga didapat dari :

3. Membantu mengobati bisul dan bengkak

Ternyata bunga sedap malam juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan bisul dan pembengkakan. Yang anda butuhkan hanyalah bunga sedap malam dan juga akar dari bunga sedap malam tersebut. Berikut ini adalah langkah – langkah mengolahnya :

  • Ambil bunga dan juga akar dari bunga sedap malam secukupnya
  • Cuci kedua bahan tersebut hingga bersih
  • Kemudian tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus
  • Setelah halus, tempel dan kompres hasil tumbukan tersebut pada bagian tubuh yang mengalami bisul dan pembengkakan

4. Mencegah terjadinya anemia

Manfaat lainnya dari bunga sedap malam adalah dapat membantu mencegah terjadinya anemia. Dengan kata lain, bunga sedap malam dapat membantu anda meningkatkan kadar darah di dalam tubuh anda. Hal ini tentu saja dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuh anda, dan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda. Karena biasanya, mereka yang mengalami gangguan anemia, alias darah rendah akan merasakan gejala lemas, mudah merasa lelah, dan juga seringkali mudah terserang berbagai macam penyakit.

Solusi anemia lainnya yang mudah dikonsumsi yakni :

5. Mengobati katarak

Manfaat bunga sedap malam lainnya adalah dapat membantu menyembuhkan dan juga meredakan gejala – gejala dari katarak. Katarak merupakan salah satu gangguan kesehatan pada organ penglihatan, alias mata, yagn menyebabkan pandangan penderitanya menjadi berkabut. Untuk mengobati katarak dengan menggunakan bunga sedap malam, berikut ini langkah – langkahnya :

  • Ambillah kira – kira 30 hingga 50 kuntum bunga sedap malam
  • Rebus ke-50 kuntum bunga sedap malam tersebut dengan air sebanyal 1.5 liter hingga mendidih
  • Tunggu hingga airnya menjadi dingin dan bersuhu normal, setelah itu gunakan air tersebut untuk mengompres mata dan juga mencuci mata anda yang terserang katarak.

6. Mencegah insomnia

Insomnia merupakan salah satu gejala dimana seseorang tidak dapat tidur dan juga malahan terjaga sepanjang malam. Insomnia sendiri pada umumnya disebabkan karena adanya beban pikiran tertentu yang membuat seseorang tidak bisa tenang, sehingga menyebabkan munculnya insomnia. Hal ini tentu saja akan sangat berguna bagi anda yang sedang mencoba untuk tidur. Bunga sedap malam yang dicampur dengan bahan berikut untuk mengurangi imsomnia, yaitu :

7. Relaksasi dan ketenangan

ads

Bunga sedap malam juga dapt menimbulkan efek relaksasi dan juga menenangkan. Bagi anda yang mungkin sedang merasa stress dan depresi karena beban kerja dan juga aktivitas yang sangat menyita waktu anda, maka cobalah anda bersantai sejenak dengan menggunakan bantuan aromatherapy dari bunga sedap malam. Wangi harum dari bunga sedap malam dapat membantu anda menjadi lebih rileks dan juga membantu anda bisa lebih tenang dan meringankan pikiran anda, sehingga dapat mengurangi stress yang anda alami.

Berikut ini aktivitas lainnya untuk membuat suasana hati lebih tenang :

8. Untuk menambah tenaga dan stamina

Selain baik untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dan juga membrikan efek relaksasi, ternyata bunga sedap malam juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu ramuan untuk menambah dan juga meningkatkan stamina. Cara mengolahnya pun sangat mudah, berikut ini adalah langkah – langkah yang bisa anda lakukan :

  • Ambil 50 kuntum bunga sedap malam, 50 gr kacang kapri, 100 gram udang, 1 telur ayam, jahe dan juga bawang putih
  • Anda hanya perlu menumis semua bahan-bahan tersebut hingga menjadi suatu masakan tumisan, yang bisa membantu meningkatkan energi dan juga stamina anda.

9. Mengobati influenza

Kombinasi dari bunga sedap malam, jahe, dan juga daun bawang putih juga memliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menyembuhkan influenza. Jadi bagi anda yang ingin sembuh dari flu yang sangat mengganggu, maka cobalah untuk mengobatinya dengan menggunakan campuran ramuan tersebut.

Pencegahan flu ljuga bisa dengan mengkonsumsi :

10. Meredakan radang tenggorokan

Manfaat bunga sedap malam lainnya adalah dapat membantu untuk meredakan an juga menyembuhkan radang tenggorokan. Tentu saja, yang harus anda lakukan sangatlah mudah. Anda bisa mencampurkan bunga sedam malam dan juga jahe untuk direbus hingga mendidih. Setelah itu, tunggu hingga dingin, lalu kemudian minumlah ramuan tersebut secara teratur. Dengan begitu, maka radang tenggorokan yang anda rasakan bia segera sembuh.

herbal lainnya untuk mengatasi radang tenggorokan yakni :

Itulah beberapa manfaat dari bunga sedap malam. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai manfaat dari bunga sedap malam. Terima Kasih.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 09th, October 2015 / 08:40 Oleh :
Kategori : Tumbuhan