Sponsors Link

20 Manfaat Bunga Kencana Ungu Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Bunga kencana ungu atau yang memiliki nama latin Ruellia Tuberosa.L merupakan salah satu tanaman liar yang dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Di beberapa daerah tanaman ini memiliki nama panggilan yang berbeda-beda seperti pletekan, ceplesan, pletikan, ptetekan, atau ceplikan. Sebagai tanaman liar bunga kencana ungu cukup mudah kita temukan di berbagai tempat. Ia bisa dikenali dari bunganya yang berwarna ungu serta biji yang berwarna hijau dan bentuknya lonjong. Biji ini ketika sudah tua akan berubah warna menjadi coklat.

ads

Bagian tanaman yang biasa digunakan sebagai obat adalah daun dan bunganya yang biasanya direbus untuk diambil airnya dan kemudian diminum. Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi ramuan bunga kencana ungu:

  1. Mengatasi diabetes mellitus Ramuan daun kencana ungu terkenal akan manfaatnya dalam mengatasi penyakit diabetes. Caranya dengan meminum air rebusan daun kencana ungu yang diminum 2 kali sehari, 1 gelas di pagi dan sore hari. Tanaman ini dapat memberi efek menurunkan kadar gula darah. Namun pemakaiannya tidak boleh berlebihan, jika kadar gula darah sudah normal hentikan pemakaian. Dan bagi penderita diabetes yang memiliki kompliksi ginjal sebaiknya juga menghindari obat ini karena dapat berakibat buruk pada hati dan ginjal. (Baca juga: manfaat bengkoang untuk diabetes)
  2. Menjaga kesehatan atau kelancaran saluran kemih Dengan sifat diuretik yang dimilikinya bunga kencana ungu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kelancaran saluran kemih dimana urin lebih cepat terbentuk dan buang air kecil pun menjadi lancar. (Baca juga: manfaat daun kingkilaban)
  3. Mengatasi peradangan Radang dapat timbul sebagai reaksi dari sistem kekebalan tubuh kita terhadap gangguan yang ditandai dengan bagian tubuh yang terasa nyeri, memerah, atau tanda-tanda lainnya. Untuk mengatasinya kita dapat menggunakan manfaat bunga kencana ungu sebagai salah satu alterntif obat alami untuk menanggulangi peradangan. (Baca juga: manfaat kunyit)
  4. Mengobati batuk Batuk yang kita alami merupakan pertanda bahwa tubuh sedang berusaha melawan gangguan dari luar yang menyerang saluran pernapasan. Meskipun demikian batuk sangat menyiksa sehingga tidak bisa dibiarkan. Untuk mengatasinya secara alami kita bias memanfaatkan ramuan Bunga kencana ungu. (Baca juga: manfaat nanas untuk batuk)
  5. Mengatai gatal di kulit Meskipun rasa gatal merupakan hal yang sangat umum namun jika terjadi dalam waktu lama akan sangat menggangu kenyamanan dan merusak kulit. Kita juga dapat memanfaatkan bunga kencana ungu untuk mengobati gatal pada kulit. (Baca juga: manfaat daun jambu biji)
  6. Mencegah pendarahan Secara sederhana pendarahan merupakan peristiwa keluarnya darah dari dalam tubuh baik karena terkena luka luar atau sebab lainnya. Pendarahan harus segera dihentikan karena kekurangan darah dapat membahayakan keselamatan. Salah satu cara agar pendarahan dapat dihentikan dan tidak berlebihan adalah dengan mengonsumsi bunga kencana ungu. (Baca juga: manfaat daun dewa)
  7. Mengatasi demam Bunga kencana ungu memiliki sifat antipiretik sehingga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi. (Baca juga: manfaat obat neuralgin)
  8. Menekan gejala-gejala yang menyertai demam Saat terkena demam biasanya kita akan mengalami gejala-gejala tambahan seperti nyeri kepala, kedinginan, dan badan pegal-pegal. Gejala-gejala ini juga dapat ditekan perkembangannya dengan mengonsumsi bunga kencana ungu. (Baca juga: 17 manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan)
  9. ads
     Menghilangkan rasa sakit atau nyeri Ketika tubuh mengalami peradangan atau rasa nyeri yang menyerang anggota tubuh tertentu biasanya orang-orang mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti aspirin. Secara alami manfaat ini juga bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi ramuan bunga kencana ungu yang memiliki sifat analgesik. (Baca juga: manfaat asam mefenamat)
  10. Menyehatkan syaraf Kesehatan sistem syaraf merupakan hal penting yang harus dijaga karena perannya yang amat penting bagi tubuh. Untuk menjaga kesehatan syaraf kita bisa memanfaatkan ramuan bunga kencana ungu yang memiliki dampak positif bagi kesehatan syaraf. (Baca juga: menyehatkan otot dan saraf)
  11. Mengatasi flu/influenza Flu atau influenza bisa terjadi karena serangan virus. Dengan sifat antivirus alami yang dimilikinya bunga kencana ungu dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi flu/influenza. (Baca juga: manfaat jahe saat flu)
  12. Baik untuk pencernaan Manfaat lain dari mengonsumsi bunga kencana ungu adalah untuk kesehatan pencernaan. Dengan pencernaan yang sehat maka proses penyerapan sari-sari makanan dan pembuangan zat sisa menjadi lancar. (Baca juga: manfaat yakult)
  13. Mencegah hipertensi Tekanan darah tinggi dapat dicegah dengan mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Selain dengan menjaga asupan makanan tekanan darah juga bisa dikontrol dengan cara mengonsumsi ramuan bunga kencana ungu. (Baca juga: manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi)
  14. Menyehatkan pernapasan Jika anda sering mengalami sesak napas maka bunga kencana ungu merupakan tanaman yang tepat untuk anda tanam di sekitar rumah. Karena tanaman ini memiliki manfaat untuk menyehatkan saluran pernapasan sehingga pernapasan menjadi lancar. (Baca juga: manfaat apel)
  15. Mencegah ISK (Infeksi Saluran Kemih) Kurang menjaga kebersihan organ saluran kemih dapat menyebabkan perkembangan bakteri sehingga saluran kemih menjadi terinfeksi. Untuk mencegah terjadinya hal ini kita dapat memanfaatkan ramuan bunga kencana ungu untuk dikonsumsi. (Baca juga: manfaat daun bengang)
  16. Mengobati penyakit gonore Penyakit lain yang juga berhubungan dengan saluran kemih yang dapat diobati dengan bunga kencana ungu adalah gonore atau kencing nanah. Penyakit ini ditandai dengan nyeri saat buang air kecil atau keluarnya cairan seperti nanah dari alat kelamin. (Baca juga: manfaat kapulaga untuk kesehatan)
  17. Baik untuk kesehatan mulut Kesehatan mulut penting untuk dijaga karena tidak hanya berhubungan dengan penampilan namun juga dengan salah satu organ pencernaan. Agar kesehatan mulut selalu terjaga kita dapat meminum ramuan bunga kencana ungu. (Baca juga: manfaat buah jeruk bagi kesehatan gigi)
  18. Mengobati kencing batu Kencing batu dapat menimbulkan rasa nyeri pada perut bagian bawah karena adanya penyumbatan saluran kemih oleh batu-batu keci. Untuk mengatasi hal ini kita mesti meluruhkan batu-batu tersebut. Salah satu caranya dengan mengonsumsi ramuan bunga kencana ungu. (Baca juga: manfaat daun alpukat)
  19. Mengobati borok Penyakit kulit berupa luka terbuka atau yang disebut juga borok tidak hanya mengganggu kesehatan namun juga sangat mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya kita dapat memanfaatkan bunga kencana ungu yang ditumbuk hingga halus kemudian dibalurkan pada borok. Dengan pemakaian teratur borok pada kulit akan berangsur membaik. (Baca juga: 10 manfaat daun ciplukan untuk pengobatan)
  20. Menangkal radikal bebas Bunga kencana ungu juga mengandung antioksidan alami sehingga dengan mengonsumsinya akan membantu tubuh dalam menangkal perkembangan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. (Baca juga: 10 manfaat senyawa flavonoid kesehatan tubuh)

Demikianlah berbagai manfaat yang bisa kita peroleh dengan menggunakan ramuan manfaat bunga kencana ungu. Hanya saja tanaman ini tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena penggunaan di atas 5000 mg/kg dapat menyebabkan keracunan sehingga dosisnya harus benar-benar diperhatikan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 11th, May 2017 / 17:23 Oleh :
Kategori : Tumbuhan