Sponsors Link

8 Manfaat Bunga Kecombrang Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Bagi yang belum mengenal bunga kecombrang, bunga kecombrang merupakan salah satu jenis bunga berasal dari Indonesia yang dapat digunakan sebagai rempah. Selain bunganya yang dimanfaatkan sebagai rempah, buah dan biji bunga kecombrang juga dapat dimanfaatkan sebagai sayuran. Bunga yang memiliki nama latin Etlingera elatior ini juga biasa disebut honje, kincung atau sambuang. Bunga kecombrang tidak dapat sepanjang tahun, namun hanya setahun sekali seperti jenis bunga desember dan bunga berumbi lainnya.

ads

artikel terkait:

Karakteristik Bunga Kecombrang

Sekilas bentuk tumbuhan dari bunga kecombrang seperti tanaman jahe atau lengkuas. Bahkan ada yang menyebutnya hampir sama dengan pohon pisang yang berukuran lebih kecil dan lebih ramping. Bunga kecombrang memiliki bunga dengan warna kemerahan dan ada sedikit warna kuning pada ujungnya menyerupai tanaman hias pisang-pisangan. Susunan daun pada tumbuhan kecombrang seperti tanaman jahe dan lengkuas yang susunan daunnya tersusun dalam dua baris dan berseling. Bunga kecombrang yang sudah tua memiliki jumlah biji yang lumayan banyak dan berwarna coklat kehitaman dengan diselubungi biji atau arilus berwana putih bening dibagian luarnya.

artikel terkait: manfaat taman bunga

Kandungan Dalam Bunga Kecombrang

Tidak hanya dijadikan sebagai rempah, bunga kecombrang juga memiliki berbagai kandungan di dalamnya yang dapat menyehatkan tubuh dan mengatasi beberapa jenis penyakit. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam bunga kecombrang yakni saponin, fenolik, flavonida, alkaloid, tanin, triterpenoid, glikosa, steroid, polifenol, antimikroba, vitamin, mineral dan njuga kaya akan antioksidan. Berbagai kandungan inilah yang membuat bunga kecombrang tidak hanya dimanfaatkan sebagai rempah, namun juga sebagai ramuan obat alami untuk beberapa jenis penyakit.

artikel terkait: manfaat bunga cempaka merah

Manfaat Bunga Kecombrang

Bunga kecombrang sudah sejak lama dikenal sebagai bunga yang dapat dijadikan sebagai rempah untuk membuat masakan. Selain menyedapkan masakan yang dicampurinya, kandungan zat yang ada dalam bunga kecombrang yang dikonsumsi juga memiliki beberapa khasiat dan manfaat. Beberapa manfaat bunga kecombrang untuk kesehatan diantaranya:

  1. Mengatasi Penyakit Kulit

Bunga kecombrang termasuk dalam salah satu tumbuhan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit. Jenis penyakit kulit yang dapat diatasi menggunakan bunga kecombrang yakni penyakit campak, cacar dan beberapa jenis penyakit kulit lainnya yang dapat disebabkan karena kekurangan vitamin, terkena virus maupun adanya serangan bakteri pada kulit.

artikel terkait: manfaat teh bunga krisan

  1. Melancarkan Asi

Bunga kecombrang memiliki manfaat untuk melancarkan asi. Ibu menyusui yang mengkonsumsi bunga kecombrang, baik sebagai rempah maupun diolah menjadi lalapan, dapat meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Bagi beberapa ibu yang khawatir akan pasokan ASI untuk buah hatinya berkurang, dapat mengkonsumsi bunga kecombrang, sehingga ibu menyusui tidka perlu khawatir produksi ASI nya sedikit.

artikel terkait: manfaat bunga bawang

  1. Membersihkan Darah

Mengkonsumsi bunga kecombrang sebagai lalapan atau sayur, atau juga memanfaatkan biji dan buah bunga kecombrang dapat membantu menyehatkan tubuh dengan membersihkan darah. Zat yang terkandung di dalam bunga kecombrang dapat membersihkan darah dari zat yang seharusnya tidak berapa di dalam darah. Dengan begitu, aliran darah akan menjadi lebih lancar, sehingga tidak ada organ tubuh yang terganggu akibat kurang lancarnya aliran darah yang disebabkan darah kurang bersih.

artikel terkait: manfaat bunga cempaka

ads
  1. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Beberapa kandungan dalam bunga kecombrang sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau taksedap. Tidak hanya memanfaatkan bunganya, namun batang kecombrang dapat dijadikan sebagai sabun yang juga memiliki busa dan bau yang wangi, sehingga dapat mengurangi dan mengatasi masalah bau badan. Hanya dengan mememarkan bagian batang maupun bunga kecombrang dan kemudian menggosokkannya ke bagian tubuh sma seperti menggunakan sabun.

artikel terkait: manfaat bunga begonia

  1. Menguatkan Tulang dan Gigi

Bunga kecombrang juga memiliki kandungan mineral di dalamnya yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kecombrang juga memiliki sedikit kandungan kalsium yang mudah diserap tubuh dan mencegah terjadinya osteoporosis. Selain itu, kalsium dan mineraldalam bunga kecombrang juga dapat digunakan untuk menguatkan gigi dan membentuk gigi yang kuat dan sehat.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Otak harus selalu dijaga nutrisinya agar pasokan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak tersuplai dengan baik. Dengan nutrisi yang terpenuhi, otak sebagai sumber perintah seluruh bagian tubuh akan terjaga, sehingga fungsi otak dapat meningkat.

artikel terkait: manfaat bunga cocor bebek

  1. Mencegah Terjadinya Dehidrasi

Cairan tubuh harus selalu dijaga agar tubuh tidak kekurangan cairan. Kekurangan cairan dalam tubuh akan mengakibatkan tubuh kurang fit. Salah satu cara mempertahankan cairan tubuh yakni dengan mengkonsumsi bunga kecombrang. Bunga kecombrang memiliki kandungan air dan mineral yang tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menggantikan cairang tubuh yang hilang akibat aktivitas yang dilakukan.

artikel terkait: manfaat bunga kertas

  1. Mengatasi Luka

Luka yang ada di dalam tubuh harus segera diobati dan ditangani agar tidak menyebabkan infeksi. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi luka sebelum menggunakan obat kimia dapat dilakakan pengobatan menggunakan tanaman kecombrang. Kecombrang memiliki sifat antimikrba yang dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka yang dialami.

artikel terkait: manfaat bunga wijaya kusuma

Sekilas bunga kecombrang terlihat seperti tanaman hias. Masa tumbuhnya yang hanya sekali dalam setahun tidak menutup kemungkinan banyaknya manfaat yang diperoleh dari bunga dan tanaman kecombrang. Dengan pengetahuan dan cara yang tepat, bunga kecombrang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi dan menyembuhkan beberapa penyakit dalam tubuh.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 01st, March 2017 / 05:05 Oleh :
Kategori : Kesehatan