6 Manfaat Bunga Flamboyan Bagi kehidupan

Bagi kawasan tropis dan subtropis termasuk Indonesia, bunga flamboyan mungkin tidak asing lagi. Tumbuhan yang dalam Bahasa Inggris disebut Flamboyant ini memiliki bunga dengan warna yang cerah. Flamboyan mudah dikenali karena penampilan pohonnya yang menyerupai kanopi atau payung besar. Batangnya dapat tumbuh besar hingga ketinggian 9-15 meter. Saat musim berbunga, flamboyan berbentuk seperti payung berwarna hijau dan orange yang mencolok. Warna orange ini berasal dari warna bunga flamboyan. Bunga flamboyan memiliki bentuk mahkota menyerupai cakar hewan. Oleh karena itu flamboyan memiliki nama ilmiah Delonix regia. Genus Delonix sendiri berasal dari Bahasa Yunani, “delos” yang artinya mencolok dan “onyx” yang berarti cakar.

Artikel terkait:

Bunga Flamboyan

Bunga flamboyan memiliki warna orange kemerahan yang cerah. Bunga flamboyan termasuk jenis bunga yang cukup besar. Diameternya dapat mencapai 10 cm. Pada bagian mahkota paling atas terdapat warna putih kekuningan dengan bercak merah. Bunga flamboyan termasuk jenis bunga sempurna karena memiliki alat kelamin jantan dan betina. Benang sari sebagai alat kelamin jantan pada bunga flamboyan berwarna merah gelap. Sedangkan putiknya berwarna kuning. Biji tumbuhan flamboyan dapat ditemukan pada polongnya yang memiliki ukuran 40 hingga 70 cm.

Baca juga:

Manfaat Bunga Flamboyan

Flamboyan memiliki banyak manfaat, diantaranya:

1. Meningkatkan Mood

Pohon flamboyan yang sedang berbunga memberikan pemandangan yang sangat mempesona. Bukan hanya pohonnya yang tinggi, tetapi bentuknya yang melebar seperti payung memberikan perlindungan dari sengatan sinar matahari. Bunga flamboyan yang berwarna mencolok sangat kontras dengan daunnya yang kecil dan hijau membuatnya terlihat sangat mempesona. Tidak heran jika melihat bunga flamboyan dapat meningkatkan mood setelah seharian bekerja dalam ruangan.

2. Penghias Ruangan

Sama seperti bunga bunga lain, bunga flamboyan juga memiliki nilai estetika yang tinggi. Oleh karena itu bunga flamboyan juga dapat dimanfaatkan menjadi hiasan atau pelengkap dekorasi interior yang mempesona.

3. Membuat Perhiasan

Biji bunga flamboyan yang dapat ditemukan di polongnya yang berwarna kecoklatan ternyata juga banyak memiliki manfaat. Salah satunya sebagai perhiasan. Cobalah mengeringkan biji bunga flamboyan lalu berikan warna yang kamu sukai. Kemudian rangkai dalam satu rantai pendek jika ingin membuat gelang. Kamu juga bisa menggunakan biji dari tumbuhan lain agar gelang buatanmu terlihat semakin indah.


4. Berpotensi sebagai Obat Malaria

Ekstrak tumbuhan flamboyan khususnya daun dan bijinya memiliki kandungan alkaloid yang cukup tinggi. Senyawa alkaloid ini dipercaya dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan Plasmodium sp, parasit penyebab penyakit malaria.

Selain manfaat diatas, bagian tumbuhan flamboyan yang lain juga dapat diambil manfaatnya. Manfaatnya yaitu:

5. Peneduh – tumbuhan bunga flamboyan memiliki bentuk kanopi yang sangat rindang. Oleh karena itu pohon ini banyak ditanam dipinggir jalan sebagai peneduh atau pelindung dari sinar matahari.

6. Bahan bangunan – batang pohon flamboyan cukup besar dan panjang. Tidak jarang banyak orang yang menggunakan batang kayu ini menjadi bahan bangunan. Salah satunya adalah sebagai bahan pembuatan pagar rumah.

Demikian uraian manfaat bunga flamboyan bagi kehidupan manusia. Sayangnya jenis tumbuhan ini sudah jarang ditemukan sebagai akibat dari perusakan alam oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

, , , , ,
Post Date: Sunday 19th, February 2017 / 17:02 Oleh :
Kategori : Tumbuhan