Sponsors Link

9 Manfaat Bunga Dandelion untuk Tubuh

Sponsors Link

Bunga dandelion atau orang bilang menyebutnya dengan bunga Randa Tapak, benua eropa dan asia adalah tempat asal bertumbuhnya bunga dandelion, di benua tersebut bunga dandelion asli tumbuh. Namun saat ini bunga dandelion bisa tumbuh dimana saja, bunga yang merupakan bagian dari jenis Taraxcum dan masuk kedalam family Asteraceae yang memiliki asal usul mengapa nama dinamakan dengan bunga Randa Tapak. Hal itu karena penamaan tersebut biasa digunakan bagi tumbuhan yang memiliki bunga-bunga kecil yang bisa terbang jika ditiup oleh angin, bunga-bunga kecil tersebut merupakan sejenis dengan jam hayati yang ketika terbang melepaskan banyak biji tetapi sebenarnyanya biji-biji tersebut merupakan buah dari bunga dandelion.

ads

Bunga Randa Tapak biasanya dijadikan sebagai dekoratif atau hiasan saja, namun bunga ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh yang kebanyakan orang menganggap bunga tersebut hanya jenis bunga biasa saja.

Inilah beberapa manfaat bunga dandelion atau bunga randa tapak yaitu :

1. Melangsingkan tubuh

Sudah berbagai macam cara bagi orang-orang yang memiliki keinginan tinggi demi melangsingkan tubuh sehingga menjadikan tubuhnya menjadi ideal, pada bunga dandelion terdapat kandungan yang memiliki sifat diuretik alami yang dimana sifat diuretik ini memiliki fungsi bagi sistem pencernaan. Bunga Randa Tapak dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh sehingga kotoran yang ada dalam tubuh bisa dikeluarkan dengan melalui buang air kecil maupun besar, pada saat pengeluaran kotoran tubuh ini lemak dalam tubuh pun ikut terbuang lebih banyak.

2. Meningkatkan nafsu makan

Ketika nafsu makan menurun efek yang dirasakan adalah pencernaan yang tidak lancar, akibat dari turunnya nafsu makan adalah gangguan pencernaan yang menimbulkangangguan pada usus seperti diare, wasir dan sembelit. Untuk mengembalikan nafsu makan dapat mengkonsumsi bunga Randa Tapak sehingga nafsu makan menjadi meningkat, dan efek yang dirasakan bagi pencernaan pun membuat pencernaan menjadi lancar.

3. Menurunkan hipertensi

Kandungan yang terdapat pada bunga Randa Tapak yang memiliki sifat diuretik itu ternyata memiliki fungsi yang bukan hanya dapat melancarkan pencernaan namun dapat pula untuk menjaga tekanan darah dalam tubuh, pada bunga Randa tapak memiliki kandungan lain selain dari sifat diuretik yang dimiliki pada bunga ini. Kandungan tersebut yaitu kalium dan serat yang memiliki fungsi dalam darah untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga tekanan darah menjadi lebih terjaga agar terhindar dari tekanan darah tinggi.

4. Meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh

Sistem imunitas dalam tubuh yang dapat menurun diakibatkan oleh mikroba dan jamur berbahaya yang dapat mengakibatkan infeksi pada sistem imunitas yang ada dalam tubuh, sehingga akibat dari infeksi tersebut dapat menyebabkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh menjadi menurun yang dapat membuat tubuh menjadi lebih mudah terserang oleh penyakit dan untuk meningkatkannya dapat dengan mengkonsumsi bunga dandelion yang memiliki peran yang efektif dalam membunuh mikroba dan jamur yang mengakibatkan infeksi dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah diserang oleh berbagai penyakit.

ads

5. Melawan timbulnya penyakit hati

Kandungan yang dimiliki dalam bunga Randa Tapak adalah zat antioksidan yang tinggi dan juga vitamin C, antioksidan yang tinggi. Manfaat vitamin C tersebut memiliki fungsi sebagai pengurang racun dalam hati sehingga racun dalam tubuh menjadi berkurang dan fungsi lainnya juga untuk memaksimalkan fungsi kerja hati serta dapat juga mangatur cairan empedu yang ada dalam hati.

6. Mengurangi jerawat yang timbul

Dari sekian banyak tumbuhan yang ada banyak digunakan sebagai obat dalam mengurangi jerawat yang timbul, salah satu untuk menguranginya dengan mengkonsumsi teh daun Randa Tapak atau dandelion. Daun Randa Tapak dipercayai dapat mengurangi jerawat karena terdapat kandungan fitronutrien tinggi yang memiliki peran untuk mengeluarkan kotoran yang ada dalam kulit yang dapat mengakibatkan timbulnya jerawat pada wajah.

7. Menghaluskan kulit wajah

Kandungan fitronutrien tinggi dalam daun dandelion memiliki peran dalam meregenarasikan sel kulit yang mati, sel kulit yang mati membuat kulit wajah menjadi terlihat noda hitam sehingga dengan mengkonsumsi teh daun dandelion dapat meregenarasikan sel-sel kulit menjadi sel-sel kulit yang baru dan menghilangkan noda hitam yang ada pada kulit wajah.

8. Membantu mencegah timbulnya kanker

Pada daun bunga Randa Tapak atau dandelion memiliki peran bagi tubuh yang dapat membantu dalam pencegahan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh dan dapat juga mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker tersebut, hal itu dikarenakan pada daun bunga Randa Tapak terdapat kandungan fitonutrien tinggi yang memiliki peran mencegah dan mengurangi sel-sel kanker yang akan tumbuh dalam tubuh.

9. Kesehatan tulang dan gigi terjaga

Bunga dandelion yang mengandung kalsium yang tinggi dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi, kalsium disini berperan dalam mencegah pengeroposan tulang dan gigi dan juga dapat membantu dalam pemadatan tulang dan gigi. Sehingga tulang dan gigi menjadi kesehatannya lebih terjaga dan untuk memperlambat pengeroposan tulang dan gigi sejak dini.

Berikut merupakan manfaat dari bunga dandelion atau Randa Tapak bagi kesehatan tubuh namun terdapat juga kekurangan dalam mengkonsumsi bunga dandelion, bagi mempunyai alergi dalam mengkonsumsi bunga dandelion tidak dianjurkan dan untuk mengkonsumsi bungan dandelion diperlukan konsultasi terlebih dahulu bersama dokter.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 07th, April 2016 / 07:55 Oleh :
Kategori : Tumbuhan