Sponsors Link

Manfaat Bunga Cempaka Merah Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Bunga cempaka berasal dari family Magnoliaceae, merupakan bunga yang tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis. Bunga ini memiliki beragam jenis, yaitu bunga cempaka putih, bunga cempaka, kuning, bunga cempaka merah, dan bunga cempaka ungu. Masing – masing bunga memiliki perbedaan pada warna dan bentuknya. Bunga cempaka memiliki lima kelopak bunga dengan beragam warna menurut jenisnya. Pada bunga cempaka putih dan kuning terdapat corak lain yang menyertainya seperti warna buratan kuning atau keunguan. Namun pada bunga cempaka merah dan ungu, terdiri dari satu warna saja. Pada bunga cempaka merah, kelopak bunganya lebih rumcing daripada yang lain.

Bunga cempaka merah juga dikenal lebih mahal karena pertumbuhannya yang lebih sulit. Pertumbuhan bunga cempaka merah lebih lambat dan proses pemekaran bunganya singkat. Dalam satu tahun, bunga ini hanya tumbuh daun saja. Dan ketika berkembang, bunga hanya bertahan beberapa jam saja kemudian layu. Namun, hal inilah yang membuat bunga cempaka merah langka dan dicari-cari.

baca juga :

Selain itu bunga cempaka merah juga memiliki manfaat untuk kesehatan :

  1. Mengatasi bau badan

Bunga cempaka memiliki bau yang khas dan sangat kuat. Bahkan tidak jarang bunga ini dihubungkan dengan kisah mistis karena baunya. Dan biasa digunakan sebagai keperluan ritual. Namun, dari sisi kesehatan bau dari bunga cempaka mampu mengatasi bau badan. Caranya adalah dengan menggunakan air bunga cempaka untuk mandi. Sebelumnya, rendam dulu bunga cempaka pada bak air. Air akan memiliki bau dari bunga cempaka yang kuat dan bertahan cukup lama untuk membantu mengharumkan tubuh.

  1. Mengatasi keputihan

Bunga cempaka merah memiliki kandungan antibiotik sehingga mampu membunuh bakteri atau kuman yang melekat pada tubuh. Keputihan terjadi pada wanita akibat adanya proses invasi bakteri atau kuman. Bunga cempaka ini bisa digunakan untuk membunuh bakteri tersebut. Caranya yaitu dengan merebus bungan cempaka ke dalam air. Lalu minumlah air rebusan tadi, sehari dua kali.

sponsored links

  1. Mengobati peradangan pada tenggorokan

Bunga cempaka merah juga memiliki kandungan anti inflamasi atau anti peradangan. Pada peradangan di tenggorokan, hal itu terjadi akibat bakteri atau kuman yang bersarang disana. Bisa dari makanan yang masuk ke mulut atau udara kotor yang terhirup. Bakteri yang menginvasi jaringan menyebabkan terjadinya pembengkakan. Dengan zat antiinflamasi pada bunga cempaka, dapat mengurangi respon pembengkakan tersebut.

baca juga :

Pemanfaatan bunga cempaka saat ini masih sangat banyak untuk proses ritual dan keagamaan. Kesadaran untuk menjadikan tanaman ini sebagai obat alternatif masih kurang. Padahal bunga cempaka merah memiliki banyak manfaat lain yang baik untuk kesehatan. Selain manfaat diatas, kandungan anti bakteri dan anti inflamasi pada bungan cempaka merah ini, juga bisa digunakan untuk penyakit – penyakit lainnya yang berhubungan dengan prooses invasi bakteri dalam tubuh.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 25th, November 2016 / 06:08 Oleh :
Kategori : Tumbuhan