Sponsors Link

10 Manfaat Bunga Bougenville Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Bunga bougenville adalah salah satu jenis tanaman yang paling sering digunakan sebagai penghias jalan. Pembatas jalan yang diisi dengan trotoar kecil dan pot bunga sering menjadi media yang sangat sesuai untuk bunga bougenville. Selain itu bunga ini juga banyak digunakan sebagai tanaman rumahan karena memiliki bentuk dan warna bunga yang indah. Pohon bougenville bisa memiliki banyak batang dan cabang. Bunga ini pertama kali ditemukan di negara Filiphina dan kemudian dikembangkan di beberapa negara Asia dan Amerika.

ads

Kandungan Zat dalam Bunga Bougenville

Sudah sejak lama bunga bougenville banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Pertama kali pemakaian bunga bougenville sebagai obat dikembangkan oleh Filiphina kemudian menyebar ke beberapa negara di Eropa, Amerika dan Asia. Hal ini sering dikaitkan dengan senyawa yang ditemukan pada semua bagian bunga bougenville. Beberapa jenis senyawa tersebut antara lain adalah :

manfaat bunga bougenville

  • tanin
  • pinitol
  • alkaloid
  • betasianin
  • flavonoid
  • asam oksalat (bagian daun)
  • senyawa fenolik
  • glikosida
  • antrakuinon
  • terpenoid
  • saponin
  • steroid
  • minyak esensial
  • lemak
  • protein

Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga bougenville sesuai dengan senyawa yang terkandung :

1. Mengobati Resistensi Insulin

Gangguan resistensi insulin akan menyebabkan diabetes. Tubuh tidak bisa membuat cadangan insulin sehingga kadar gula dalam darah akan terus menumpuk. Pada skala tertentu maka menyebabkan diabetes. kandungan senyawa pinitol dalam bunga bougenville dipercaya bisa mengatasi masalah resistensi insulin.

Cara konsumsi bunga bougenvilla yang sudah dikeringkan dan menjadi teh sangat disarankan untuk perawatan ini.

2. Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Jumlah kolesterol HDL dan LDL dalam tubuh sangat tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi. Jika terlalu banyak kolesterol buruk maka bisa menyebabkan masalah kolesterol dan meningkatkan resiko penyakit tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung dan stroke.

Konsumsi teh dari bunga bougenville telah dilakukan sejak jaman dahulu di Meksiko. Ekstrak dari daun bougenville mampu menjaga keseimbangan kolesterol dan tekanan darah.

3. Mengobati Batuk

Batuk disebabkan karena ada reaksi khusus pada saluran pernafasan. Batuk biasanya banyak menyertai gejala flu dan kelelahan. Anda bisa memakai bunga bougenville terutama bagian kulit batang.

  • Ambil beberapa kulit pohon yang sudah kering
  • haluskan hingga menjadi bubuk, jadi, anda harus mengambil kulit yang benar-benar sudah kering
  • Setelah itu campur bubuk kulit dalam satu gelaa air matang
  • Gunakan air untuk berkumur dan tenggorokan akan menjadi lebih lega.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti asam lambung, diare dan perut kembung juga bisa diobati dengan rebusan daun bougenville. Daun bougenville dipercaya memiliki senyawa anti inflamasi dan memberi efek yang menenangkan untuk usus. Cara pengobatan dilakukan dengan :

  • Ambil beberapa helai daun bougenville
  • Rebus dengan 3 gelas air, biarkan mendidih dan tertinggal setengah gelas saja
  • Minum dengan campuran madu untuk menyembuhkan gangguan pencernaan.

5. Membunuh Bakteri

Bakteri bisa masuk ke dalam tubuh lewat berbagai cara. Makanan, kontaminasi air dan berbagai sumber lain bisa menyebabkan bakteri menjadi sumber penyakit dalam tubuh. Untuk mengatasi hal ini maka esktrak daun bougenville sangat ampuh dalam melawan perkembangan bakteri seperti bakteri S typhi, Micrococcus luteus, Escheria Colli, P vulgaris, S flexneri dan sumber bakteri lain. Karena itulah ekstrak daun bougenville bisa menyembuhkan diare dan masalah pencernaan lain.

6. Sumber Antioksidan Alami

Ekstrak bunga bougenville memiliki zat antioksidan yang cukup tinggi. Dalam sebuah pengujian ditemukan bahwa ekstrak ini bisa membunuh semua jenis perusak sel atau bahan radikal bebas dalam tubuh. Potensi ini bisa melawan semua radikal bebas yang terdapat pada saluran pencernaan dan organ lain dalam tubuh.

7. Mengatur Tekanan Darah

ads

Di Meksiko ektrak bunga bougenville bisa digunakan sebagai minuman alami untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan mengatur tekanan darah. Senyawa yang dihasilkan dari manfaat bunga bougenville kering bisa menghambat masalah penumpukan plak pada pembuluh darah. Hal inilah yang membuat tekanan darah menjadi lebih stabil dengan pengobatan bunga bougenville.

8. Pengganti Antibiotik

Antibiotik sering dijadikan obat khusus untuk mengatasi penyebaran bakteri atau penyebab penyakit pada tubuh. dalam sebuah percobaan yang dikembangkan di Amerika Serikat, maka terbukti bahwa ekstrak bunga bougenville mengandung metanol khusus yang berperan sebagai antibiotik alami. Hingga sekarang penelitian ini masih berlanjut dan dikembangkan untuk mengetahui efek samping dan resiko.

9. Membersihkan Kualitas Udara

Bunga bougenville memiliki efek yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas udara dan air. Bunga ini memiliki efek yang sangat baik untuk menekan polusi yang disebabkan karena udara kotor, kondisi perubahan iklim dan berbagai efek timbale dari bahan bakar kendaraan. Karena itulah bunga bougenville sangat bermanfaat sebagai tanaman hias di jalan dan rumah.

10. Mencegah Peradangan Lambung

Peradangan lambung bisa menyebabkan beberapa macam gangguan salah satunya adalah peradangan pada tahap yang lebih parah. Untuk mengatasi hal ini ekstrak daun bougenville ternyata bisa digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan peradangan pada bagian usus. Senyawa kimia dalam daun bougenville bisa menimbulkan efek perlindungan dan menenangkan untuk usus. Langkah ini sangat penting untuk menjaga kesehatan lambung dan usus.


Pengobatan dengan bunga bougenville memang masih dikembangkan secara terus menerus. Di beberapa negara maju, bunga bougenville banyak dikembangkan untuk penelitian. Senyawa yang terdapat pada bagian kulit pohon, bunga dan daun memang sangat baik untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu.

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang ditemukan selama penelitian :

  • Membahayakan Fungsi Ginjal dan Hati

Konsumsi bunga, buah dan kulit pohon bisa menyebabkan tubuh mengalami peningkatkan jumlah kalium dan menghambat penyerapan vitamin dan mineral lain. Perawatan yang berlebihan dengan esktrak bahan dari bunga bougenville bisa menyebabkan kerusakan pada hati dan ginjal.

  • Menurunkan Hamoglobin

Konsumsi buang dan beberapa ekstrak daun bougenville juga meningkatkan masalah menurunnya produksi sel-sel darah merah. Tanda-tanda perubahan produksi haemoglobin bisa diamati dengan tubuh yang terasa lemah dan tidak bertenaga selama pengobatan.

  • Mengganggu Kesuburan

Konsumsi daun bougenville juga bisa merusak sistem kesuburan hormon reproduksi. Masalah ini banyak berhubungan dengan produksi hormon testosteron dan estrogen. Karena itu konsumsi yang berlebihan memiliki efek jangka panjang pada tingkat kesuburan.

Perawatan atau pengobatan dengan memakai daun, batang atau bunga bougenville sebaiknya dilakukan dengan pengawasan dokter. Konsumsi dengan cara membuat racikan atau ramuan sendiri juga bisa meningkatkan efek samping. Jadi, jika ingin melakukan beberapa pengobatan dengan bunga bougenville sebaiknya tanyakan kepada pakar medis.


Bunga bougenville identik sebagai tanaman kayu yang bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian lebih dari 9 meter. Sekarang banyak dikembangkan jenis bunga bougenville yang dibentuk menjadi bonsai. Karakter daun memiliki warna hijau muda dan hijau tua dengan bentuk bulat dan ukuran kecil. Bunga ini juga memiliki duri kecil yang berfungsi sebagai tempat percabangan batang.

Setiap bunga akan tumbuh berkelompok menjadi tiga bagian. Setiap bunga akan berkelompok dengan beberapa cabang pada satu bagian. Bunga memiliki bentuk lapisan yang tipis, bulat atau lonjong. Beberapa jenis warna bunga bougenville yang sering ditemukan adalah ungu, merah, merah muda, putih dan kuning. Persilangan beberapa warna biasanya akan menciptakan warna bunga kombinasi.


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 28th, May 2015 / 08:04 Oleh :
Kategori : Tumbuhan