Manfaat Buncis Untuk Menurunkan Kolesterol

Apakah Anda mengalami penyakit kolesterol tinggi? Kolesterol tinggi (hiperkolesterlemia) merupakan keadan di mana tingkat kolesterol dalam darah melampaui keadaan normal. Kolesterol sendiri merupakan senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi oleh hati maupun dari konsumsi makanan. Biasanya kolesterol tinggi ini dikaitkan dengan penyakit yang berikaitan dengan pengendapan kolesterol berlebih di pembuluh darah seperti stroke maupun jantung.

artikel terkait:

Kolesterol sendiri sebenarnya dibutuhkan untuk membantu membangun sel-sel baru dalam tubuh agar tetap berfungsi normal serta membantu memproduksi vitamin D, sejumlah hormone dan asam empedu guna mencerna lemak. Kolesterol ini dibawa protein dalam darah, di mana gabungan keduanya disebut denga lipoprotein. Lipoprotein ini memilik dua jenis utama, yaitu lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) yang biasa disebut dengan kolesterol jahat serta liprorotein dengan kepadatn tinggi (HDL) yang biasa disebut dengan kolesterol baik.

Tugas LDL adalah mengangkut kolesterol dari hati ke sel-sel yang dibutuhkan. Namun apabila kolesterol melebihi jumlah yang dibutuhkan maka ia dapat mengendap pada dinding-dinding arteri sehingga dapat menyebabkan penyakit. Sedangkan di sisi lain, HDL memiliki tugas untuk mengangkut kolesterol kembali ke hati yang kemudian kolesterol tersebut akn dihancurkan atau dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran.

Sebenarnya kolesterol tinggi dalam tubuh dapat diturunkan dengan beberapa cara berikut, antara lain:

  • Konsumsi makan yang seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan
  • Mengurangi dan menurunkan konsumsi lemak jenuh
  • Mengkonsumsi lemak tidak jenuh
  • Mengurangi dan menurunkan konsumsi kolesterol
  • Memperbanyak konsumsi makanan yang kaya serat
  • Mengubah cara memasak, serta
  • Olahraga secara teratur

Dari segi konsumsi makanan, konon buncis merupakn salah satu sumber makanan yang dipercaya dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi dalam darah. Artikel berikut ini akan memberikan informasi kepada Anda seputar buncis beserta kandungan gizinya yang dapat memberikan efek yang baik untuk membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Penasaran? Mari kita simak informasinya.

artikel terkait: manfaat obat statinmanfaat buah naga untuk menurunkan kolesterolmanfaat buah naga untuk kolesterol

Buncis

Buncis (Phaseolus Vulgaris L.) merupakan sejenis polong-polongan yang dapat dimakan yang dipercaya berasal dari Peru.  Penaman buncis ini berasal dari bahasa Belanda yaitu boontjes. Tanaman buncis memliki ciri-ciri dengan warna nya yang hijau agak muda dan suram, permukaan kulitnya agak kasr, biji yang terdapat didalamnya belum menonjol serta apabila dipatahkan buncis akan menimbulkan bunyi maupun suara letup.

Tanaman buncis cocok dibudidayakan pada dataran tinggi maupun medium. Terdapat dua jenis tanaman buncis, yaitu tanaman buncis jenis merambat dan tanaman buncis jenis tegak. Bagi masyarakat Indonesia, buncis merupakan salah satu jenis sayuran yang sering ditambahkan ke dalam berbagai jenis masakan Indonesia.

artikel terkait: kolesterol tinggimanfaat minyak jagungmanfaat kolesterol

Kandungan Gizi Buncis

Buncis memiliki kandungan gizi beragam yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Berikut merupakan informasi kandungan gizi buncis yang akan dijelaskan dalam tabel berikut.

Tabel 1. Kandungan Gizi Buncis per 100 gram

Kandungan Gizi Jumlah
Kalori 30 kcal
Jumlah Lemak

  • Lemak jenuh
  • Lemak tak jenuh ganda
  • Lemak tak jenuh tunggal
0,1 gr

0 gr

0,1 gr

0 gr

Kolesterol 0 mg
Natrium 6 mg
Kalium 209 mg
Jumlah karbohidrat 7 gr
Serat pangan 3,4 gr
Protein 1,8 gr
Vitamin A 108 IU
Vitamin B6 0,1 mg
Vitamin B12 0 mikro gr
Vitamin C 16,3 mg
Vitamin D 0 IU
Kalsium 37 mg
Zat besi 1 mg
Magnesium 25 mg

artikel terkait: manfaat daun sirsak untuk kolesterolmanfaat daun binahong untuk kolesterol

Manfaat Buncis untuk Kolesterol

Apabila Anda memiliki masalah dengan kolesterol, ada baiknya bagi Anda untuk mengkonsumsi buncis secara rutin guna membantu menurunkan kadar kolesterol Anda. Hal ini dikarenakan beberapa alasan berikut:

  • Buncis memiliki kandungan serat pangan yang cukup tinggi yang mudah larut dalam tubuh. Serat pangan pada buncis dapat berfungsi untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah agar tetap seimbang.
  • Selain itu, buncis merupakan sayuran rendah lemak yang dapat membantu Anda untuk menurunkan kolesterol dalam darah.
  • Buncis juga memiliki kandungan betakoagulan yang dapat membantu tubuh untuk mengontrol adanya penyerapan produksi kolesterol.

Cara pemanfaatan buncis untuk membantu menurunkan kolesterol dapat dilakukan dengan cara menyiapkan 30 gram buncis segar dan melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Cuci bersih buncis
  • Rebus buncis dalam air hingga agak layu dan angkat
  • Makan rebusan buncis bersama dengan nasi konsumsilah secara rutin

NAmun apabila Anda merasa bosan dengan cara tersebut, Anda dapat melakukan variasi dalam memasak buncis seperti dengan cara menumis. Akan tetapi hal yang perlu diingat adalah gunakan minyak zaitun ketika Anda menumis buncis untuk membantu menurunkan kolesterol.

artikel terkait: manfaat daging rusa bagi tubh dan penderita kolesterol

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat buncis untuk kolesterol. Setelah Anda membaca mengenai artikel ini, silahkan jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buncis guna membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda secara alami. Terimaksih telah membaca dan semoga bermanfaat.

, ,
Post Date: Friday 11th, November 2016 / 03:03 Oleh :
Kategori : Sayuran