Sponsors Link

8 Manfaat Buncis Rebus Pada Kesehatan

Sponsors Link

Siapa yang tak kenal dengan buncis? Salah satu jenis polong polongan yang memiliki panjang sekitar dua jari dan berwarna hijau ini banyak diolah menjadi tumis serta beberapa jenis masakan lainnya. Buncis dapat dimakan dalam keadaan mentah maupun matang. Meskipun berasal dari Amerika Selatan, namun buncis banyak tumbuh di wilayah Indonesia dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia juga. Salah satu jenis sayuran ini memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Buncis memang dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah, akan tetapi, buncis merupakan jenis tanaman yang sebenarnya lebih baik dikonsumsi dalam keadaan direbus.

ads

artikel terkait:

Mengapa Buncis Harus Direbus Terlebih Dahulu?

Sama seperti bayam dan wortel, buncis lebih baik direbus terlebih dahulu sebelum dimakan agar vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalam buncis tidak menguap begitu saja sehingga lebih terjamin kandungan di dalamnya. Selain untuk menjaga kandungan vitamind an nutrisi yang terkandung di dalam buncis, buncis yang direbus akan lebih enak untuk dikonsumsi karena sayuran ini akan menjadi renyah ketika dikunyah.

artikel terkait: manfaat pare untuk asam urat

Kandungan Dalam Buncis Rebus

Buncis yang direbus memiliki kandungan yang lebih baik dibandingkan buncis yang dimakan secara mentah. Buncis rebus memiliki berbagai kandungan seperti kalori, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi dan berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, serta vitamin C. Beberapa kandungan yang terdapat dalam buncis rebus inilah yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan dan dapat mengatasi beberapa jenis masalah kesehatan.

Manfaat Buncis Rebus

Karena kandungan dan kelebihannya, buncis rebus memiliki manfaat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan dan juga menjaga kesehatan. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi buncis rebus diantaranya yakni:

  1. Mengontrol Kadar Glukosa Dalam Tubuh

Buncis yang direbus dengan benar dapat memudahkan protein yang terkandung dalam buncis terserap sempurna di dalam tubuh. Buncis memiliki kandungan protein yang tidak jauh beda dengan kandungan protein yang terdapat dalam telur. Sehingga apabila seluruh protein yang terkandung dalam buncis dapat terserap oleh tubuh, dapat memenuhi kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain memenuhi kadar protein yang diperlukan oleh tubuh, protein ini juga mampu mengontrol kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh sehingga dapat terhindar dari penyakit gula atau diabetes.

artikel terkait: manfaat sambiloto untuk diabetes

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buncis merupakan sayuran jenis polong polongan yang memiliki kandungan asam folat di dalamnya. Asam folat yang terkandung dalam buncis, terlebih pada buncis yang direbus dapat membantu kerja jantung agar tetap bekerja dengan baik dan tidak mudah terkena serangan jantung. Dengan mengkonsumsi buncis rebus 4 kali dalam seminggu, kesehatan jantung dapat terjaga. Selain itu, buncis memiliki kandungan serat yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh dan sangat berguna untuk mengatasi masalah gangguan jantung bagi penderitanya.

artikel terkait: manfaat fiforlif

ads
  1. Membantu Kerja Sistem Pencernaan

Karena berasal dari jenis polong polongan, maka buncis memang mengandung kandungan serat yang tinggi. Seperti yang telah diketahui bahwa serat berfungsi untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

artikel terkait: manfaat obat neuralgin

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Menjaga nutrisi buncis dengan merebusnya dapat menjaga kandungan mineral yang terdapat di dalamnya. Dengan terjaganya kandungan mineral seperti mangan, kalium, zat besi dan megnesium dalam buncis, dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. Menjaga nutrisi dalam buncis dengan menjaga kandungan mineralnya dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang juga dapat membantu menjaga kesehatan organ tubuh lain agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

artikel terkait: manfaat rebusan daun kemangi

  1. Mengatasi Masalah Batu Ginjal

Selain menjaga sistem pencernaan, kandungan serat yang terkandung dalam buncis rebus dapat membantu kerja ginjal dengan melarutkan batu ginjal yang terbentuk di dalam ginjal. Selain melarutka batu ginjal, mengkonsumsi buncis rebus dapat digunakan untuk pencegahan terjadinya pembentukan batu ginjal.

artikel terkait: manfaat vitamin C untuk kulit

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buncis rebus dengan kandungannya yang terjaga dengan baik mengandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin B1, B6 dan vitamin C. Beberapa kandungan vitamin yang terdapat dalam buncis rebus tersebut membantu meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan dengan vitamin yang cukup, tubuh dapat memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik serta mampu menjaga dirinya agar tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit.

artikel terkait: manfaat kecap

  1. Meremajakan Kulit

Memiliki kulit yang terlihat muda dan sehat merupakan idaman bagi semua orang terlebih wanita. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti buncis rebus, penuaan dini dapat dicegah. Hal ini dapat membantu menangkal radikal bebas dari luar dan membantu peremajaan kulit sehingga kulit menjadi awet muda.

artikel terkait: manfaat kalium

  1. Memiliki Kandungan Rendah Kalori

Buncis rebus memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga baik untuk menjaga berat badan bahkan dapat menurunkan berat badan. Dengan memiliki berat badan yang ideal, dapat membantu tubuh untuk meminimalisir terserang berbagai jenis penyakit.

artikel terkait: manfaat mandi pagi dengan air dingin bagi kesehatan

Meskipun beberapa jenis sayur akan kehilangan nutrisinya ketika direbus, namun buncis akan lebih bagus apabila dikonsumsi setelah direbus. Dengan merebus buncis yang tidak terlalu matang, dapat membantu menjaga kandungan nutrisi dalam buncis dan akan berguna untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah terkena gangguan kesehatabn.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 09th, November 2016 / 04:21 Oleh :
Kategori : Sayuran