Sponsors Link

7 Manfaat Buncis Mentah Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Sayuran hijau memang baik untuk kesehatan karena mengandung gizi dan nutrisi tinggi. salah satu jenis sayuran hijau adalah buncis. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan sayuran hijau yang satu ini bukan? Buncis merupakan sayuran yang berbiji, bentuknya panjang seperti kacang panjang meskipun tidak sepanjang kancang panjang. sayur buncis ini mudah ditemui karena banyak dijual baik di pasar tradisional maupun di supermarket modern.

ads

artikel terkait:

Sayur buncis biasanya dijual dalam keadaan mentah atau dalam keadaan beku. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. buncis mentah juga kerap kali dikonsumsi secara langsung oleh beberapa orang karena diklaim memiliki kandungan nutrisi yang masih lengkap karena belum terkena proses pemanasan. Bagi anda yang ingin mendapatkan tubuh sehat sebaiknya suka dengan buncis ini karena diklaim memiliki kandungan nutrisi lebih lengkap dibandingkan dengan sayuran berbiji lainnya.

Manfaat buncis mentah

Seperti dengan sayuran hijau lainnya, buncis juga bisa dimakan dalam keadaan mentah maupun sudah matang dan itu terserah pada selera masing-masing. dalam sayur buncis setidaknya mengandung 31 kcal energi, 0,22 gram lemak, 2,7 gram serat, 6,97 gram karbohidrat, dan 1,83 protein. Selain itu, buncis juga mengandung aneka jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin B2, vitamin B1, mineral, dan antioksidan juga ada di dalam buncis. Berbagai kandungan vitamin dan nutrisi penting lainnya di dalam sayur buncis mentah ini tidak tergantikan walaupun oleh suplemen sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Lalu apa sajakah manfaat dari buncis untuk kesehatan? Beberapa daftar manfaat buncis untuk kesehatan dapat anda simak berikut ini selengkapnya,

  1. Mencegah kanker

Di dalam sayuran hijau seperti buncis mengandung zat klorofil tinggi yang berfungsi sebagai penghambat efek karsinogenik yang biasanya muncul bersamaan dengan proses pemanggangan daging dalam suhu tinggi. oleh karena itu sangat disarankan bagi anda yang memakan daging panggang atau bakar untuk menyajikannya bersama dengan buncis supaya meminimalisir kemungkinan timbulnya sel kanker dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat sambiloto untuk diabetes

  1. Meningkatkan kesuburan

Bagi anda yang saat ini sedang bermasalah dengan kesuburan atau anda yang ingin cepat hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi sayur buncis. Sayur buncis mengandung zat besi tinggi yang mampu merangsang kesuburan baik bagi pria maupun wanita. Zat besi wajib dipenuhi bagi orang yang ingin cepat mendapatkan keturunan.

artikel terkait: manfaat fiforlif

  1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat lainnya dari sayur buncis adalah mampu mencegah timbulnya berbagai resiko penyakit seperti penyakit jantung, stroke, obesitas dan mampu menjaga pertumbuhan berat badan. jadi bagi anda yang sedang ingin diet, bisa menambahkan buncis sebagai menu utama sehari-hari.

artikel terkait: manfaat pare untuk asam urat

ads
  1. Memperkuat tulang

Di dalam sayur buncis baik yang masih mentah ataupun yang sudah matang mengandung vitamin K tinggi. vitamin K sangat berguna untuk kesehatan tubuh terutama dalam membantu penyerapan kalsium dalam tulang. Setiap harinya kalsium mengalami pengikisan dan ikut terbuang bersama urin, oleh karena itulah kalsium harus diperbarui setiap hari. Konsumsilah buncis dan makanan lainnya yang mengandung vitamin K supaya tulang anda kuat dan sehat.

artikel terkait: manfaat obat neuralgin

  1. Menurunkan berat badan

Nah, bagi anda yang sedang menjalani proses penurunan berat badan atau diet sangat disarankan untuk menambahkan buncis dalam menu utama. Hal ini dikarenakan buncis mengandung indeks glikemik rendah yang berarti juga baik untuk anda bagi para penderita diabetes.

artikel terkait: manfaat rebusan daun kemangi

  1. Menjaga kesehatan janin

Manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari sayur buncis adalah mampu menjaga kesehatan janin. Hal ini dikarenakan di dalam buncis mengandung zat asam folat tinggi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian terutama bagi ibu hamil. Asam folat ini sangat penting terutama saat proses pembentukan tabung saraf sehingga meminimalisir resiko lahir cacat baik mental maupun fisik.

artikel terkait: manfaat vitamin C untuk kulit

  1. Mengatasi depresi

Kandungan asam folat dalam buncis juga berfungsi sebagai penghilang depresi dan stress. Hal ini disebabkan asam folat bekerja dengan mencegah adanya kelebihan homosistein dalam tubuh. kelebihan homosistein dalam tubuh ini tidak baik karena bisa mencegah aliran darah mencapai otak sehingga juga menghalangi berbagai jenis hormone penting dalam tubuh yang mengelola mood, nafus makan serta hasrat tidur untuk bekerja dengan baik karena kekurangan asam folat.

artikel terkait: manfaat kaliummanfaat kecap

Itulah manfaat dari buncis mentah yang dapat anda peroleh dengan mengonsumsinya. Sebelum membeli sebaiknya anda pilih buncis yang masih segar dengan warna hijau pekat. Anda bisa menyimpannya di kulkas supaya tetap terjaga kesegarannya. Anda juga bisa mengolah buncis dengan berbagai cara sesuai dengan selera anda masing-masing dan juga bisa ditambahkan dengan bahan lainnya yang memiliki manfaat penting bagi tubuh.

Demikian artikel kali ini semoga bisa membantu anda yang sedang mencari tahu mengenai manfaat buncis mentah bagi kesehatan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 09th, November 2016 / 03:31 Oleh :
Kategori : Sayuran