Sponsors Link

Manfaat Bulu Jagung untuk Batu Empedu

Sponsors Link

Nama ilmiah dari tanaman jagung adalah Zea mays. Di Indonesia sendiri jagung banyak ditanam karena kaya akan karbohidrat sehingga bisa menjadi salah satu makanan pokok pengganti nasi. Karbohidrat diperlukan oleh tubuh untuk energi dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Bagian-bagian jagung terdiri dari kulit jagung, daging dan bulu dari jagung itu sendiri. Berdasarkan uji laboratorium bulu jagung ternyatan bermanfaat untuk menghancurkan batu empedu. Sesuai dengan kandungan yang terdapat di dalam bulu jagung yaitu flanovoid. Kandungan bulu jagung yang kaya flanovoid ini mampu untuk meluruhkan batu empedu yang terdapat didalam empedu. Uji laboratorium ini telah dilakukan dengan menjadikan tikus sebagai hewan percobaan. Dan faktanya bulu jagung memberikan efek yang nyata untuk meluruhkan batu empedu secara bertahap.

ads

Baca juga :

Batu empedu terbentuk akibat timbunan kritstal yang dibentuk dari endapan kolesterol berlebih di dalam tubuh pada saluran empedu. Komponen utama dari pembentukkan kristal ini aalah kolesterol dan garam. Penyebab dari timbulnya batu empedu antara lain adalah sebagai berikut :

  • Faktor usia memegang peranan penting dimana seiring dengan pertambahan usia seseorang menjadi mengalami beberapa penurunan fungsi organ dalam tubuh. Akibatnya berbagai komplikasi dapat terjadi seperti batu empedu. (Baca juga : Manfaat kalsium bagi tubuh di segala usia)
  • Makanan tinggi kolesterol yang dikonsumsi rutin setiap hari membawa dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Makanan tinggi kolesterol seperti gulai dengan kuah santan dan makanan cepat saji baiknya di hindarkan mulai saat ini. (Baca juga : Manfaat buncis untuk kolesterol)
  • Kegemukan indentik dengan berbagai macam penyakit yang bisa bersarang didalam tubuh. Timbunan lemak yang berlebih bisa memicu berbagai komplikasi bagi kesehatan. (Baca juga : Manfaat fitnes bagi wanita gemuk)
  • Faktor genetik menyumbang hampir 75% kesehatan keluarga. Riwayat keluarga yang memiliki faktor terkena batu empedu bisa menurunkannya kepada anak.

Itulah beberapa faktor yang dapat memicu terbentuknya batu empedu pada saluran empedu.

Cara Membuat Ramuan Herbal

Bulu jagung terdapat didalam kulit jagung yang membungkus keseluruhan dari isi jagung. Bulu jagung memiliki kandungan senyawa yang bernama flanovoid. Untuk pengobatan batu empedu menggunakan bulu jagung dapat dilakukan sendiri dirumah dengan meramu bulu jagung sendiri. Pemanfaatan bulu jagung untuk pengobatan batu empedu sendiri baru diketahui akhir-akhir ini setelah dilakukan rangkaian tes laboratorium. Nah,berikut ini cara untuk meramu bulu jagung untuk diminum :

1.Sediakan terlebih dahulu bulu jagung dengan berat sekitar 30 gram.

2. Pilihlah bulu jagung yang masih segar dan muda. Anda bisa temukan bulu jagung yang terdapat didalam pelepahnya.

3. Jangan ambil bagian bulu jagung yang terletak diluar karena itu sudah tercampur dengan debu.

4. Selanjutnya cuci terlebih dahulu semua bulu jagung yang telah Anda petikkemdian sediakan panci dan masukkan 4 gelas air  kedalamnya.

5. Tuangkan juga bulu jagung tadi kedalam panci, setelahnya letakkan panci diatas kompor dan hidupkan apinya.

6. Tunggu hinggaa ramuan herbal ini mendidih dan takaran dari air didalam panci telah mulai berkurang sekitar 2 gelas saja.

7. Setelah mendidih maka matikan api diatas kompor dan saring airnya kedalam gelas. Tunggu hingga air saringan bulu jagung tersebut dingin baru kemudian di minum.

Sponsors Link

Untuk minum ramuan dari bulu jagung ini bisa satu kali sehari saja. Tujuan dari minum ramuan jagung sebanyak satu kali sehari adalah sebagai langkah awal pencegahan. Sedangkan untuk pengobatan satdium lanjut minum ramuan herbal dari bulu jagung dapat dilakukan sebanyak dua kali sehari. Menurut penelitian untuk menghancurkan batu empedu ini masih bisa dengan menggunakan ramuan herbal alami selama masih status stadium awal. Stadium awal berarti batu empedu masih berukuran kecil dan masih bisa diluruhkan denga bantuan minum ramuan alami. Sedangkan untuk stadium lanjutn dimana mungkin ukuran dari batu empedu yang terdapat didalam saluran empedu lebih besar. Maka terapi menggunakan ramuan dari bulu jagung ini belum sepenuhnya bisa mengobati. Jadi untuk pengobatan batu empedi tingkat lanjut tetap diperlukan bantuan medis untuk memecahkannya. Jadi tetap ada tindakan dari medis untuk membantu menghacurkan batu empedu stadium lanjut.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 23rd, February 2017 / 05:22 Oleh :
Kategori : Kesehatan