13 Manfaat Buah Semangka Untuk Diet Sehat

Memiliki bentuk tubuh yang ideal adalah dambaan bagi setiap wanita. Banyak dari kaum wanita berlomba-lomba untuk melaksanakan segala macam rutinitas untuk memperoleh bentuk tubuh yang idela. Apapun dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal ini. Mulai dari cara yang biasa dan cara yang ekstrim pun juga banyak dilakukan di kalangan masyarakat saat ini. Namun, dewasa ini tidak sedikit pula orang yang menginginkan bentuk tubuh yang ideal sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Sehingga menghindari cara-cara yang ekstrim dalam proses diet, bahkan ada juga yang menemui dokter untuk berkonsultasi terkait metode apa yang cocok dia gunakan untuk program diet yang akan dia jalani. (Baca juga: Manfaat Talas untuk Diet, Manfaat Kentang Untuk Diet, Manfaat Susu Almond untuk Diet)

Ada salah satu cara mudah dan sehat dalam melakukan diet, yaitu dengan mengonsumsi semangka dengan jadwal makan tertentu. Diet semangka ini menjadi trending topic beberapa tahun lalu. Hal ini dikarenakan buah semangka dipercaya mampu membantu dalam menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Semangka juga dipercaya mampu membersihkan tubuh lewat detoksifikasi dan kaya akan zat yang membantu dalam diet kita. Disis lain semangka juga buah yang banyak mengandung air, sehingga menjadikan tubuh kita segar dengan mengonsumsinya. Berkut ini kelebihan dari diet buah semangka. (Baca juga: Manfaat Lari Pagi untuk Diet, Manfaat Peterseli Untuk Diet, Manfaat Buah Naga Merah untuk Diet)

1. Memiliki Kalori Dan Lemak Yang Sangat Rendah

Dalam buah semangka juga mengandung kalori dan juga lemak yang sangat rendah, sehingga sangat baik jika digunakan dalam proses penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan 100 gram dalam semangka mengandung hanya sedikit kalori, yaitu sebanyak 30 kalori. (Baca juga: Manfaat Bayam Rebus, Manfaat Jambu Madu, Manfaat Buah Bisbul)

2. Kaya akan Air

Semangka yang kaya akan air di dalamnya juga menjadikannya sangat baik sebagai salah satu metode dalam diet. Melakukan aktivitas seharian saat diet jiga pastinya akan membutuhkan cairan yang sesuai dengan aktivitas yang kita lakukan. Saat kita meminum banyak air minum, maka perut akan menjadi kembung dan dengan kata lain perut akan terlihat bertambah besar. Tentu saja hal ini akan tidak disukai bagi wanita kebanyakan. Namun, dengan mengkonsumsi semangka, dehidrasi dapat dihilangkan dengan kandungan air di dalam semangka. Disisi lain, memakan buah semangka yang kaya akan air di dalamnya tidak menjadikan atau membuat perut menjadi lebih besar. (Baca juga: Manfaat Kayu Akway, Manfaat Tahu Putih)

3. Kaya akan Serat

Semangka yang juga mengandung serat di dalamnya juga bermanfaat untuk memperlambat pencernaan dan membuat tubuh kita merasa kenyang lebih lama. Selain itu juga akan menjadikan Buang Air Besar (BAB) menjadi lancar, sehingga tidak ada makanan sisa yang tertimbun di dalam tubuh kita. (Baca juga: Manfaat Seledri Untuk Tulang, Manfaat Wortel Rebus)

4. Mengandung Elektrolit, Natrium dan Kalium

Kandungan elektrolit, natrium dan juga kalium dalam buah semangka berfungsi untuk mencegah kekurangan cairan dalam tubuh. Sehingga ketika tubuh kita sehat dan bugar dan tidak mengalami kekurangan cairan, maka kita bisa tetap melaksanakan setiap aktivitas kita sehari-hari meskipun dalam keadaan diet. (Baca juga: Manfaat Kacang Chickpea, Manfaat Pool Running)

5. Membantu Menguruskan Tubuh

Semangka dengan kandungan nutrisi di dalamnya akan menghindarkan kita dari berbagai penyakit yang disebabkan karena makanan yang mengandung lemak dan zat asam lainnya. Sementara kita ketahui, bentuk badan yang tidak ideal adalah karena adanya penimbunan lemak dalam diri kita. Sehingga dengan mengkonsumsi semangka akan menghindarkan tubuh dari penumpukan minyak berlebih dalam tubuh. (Baca juga: Manfaat Muncang, Manfaat Ikan Nila Hitam)

6. Baik Dimakan Saat Perut Kosong

Menurut informasi dari Brigh Side (akun yaoutube yang membahas terkait kesehatan dan kecantikan) menyatakan bahwa mengonsumsi buah semangka disaat perut dalam keadaan kosong adalah baik dan tidak masalah. Bahkan sangat dianjurkan bagi yang sedang diet untuk memulai sarapannya dengan semangka. Makan semangka dalam keadaan perut kosong bahkan lebih baik jika dibandingkan dengan memakan pisang dalam keadaan perut kosong. (Baca juga: Manfaat Pisang Raja, Manfaat Buah Pisang Merah)

7. Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Diet buah semangka mampu menurunkan berat badan sebesar 1.5 Kg hanya dalam waktu seminggu saja. Adapun cara untuk melaksanakan diet semangka ini sehingga memperolek hasil maksimal dapat dilihat di akhir artikel ini. (Baca juga: Manfaat Melon Kuning, Manfaat Semangka Kuning)

Adapun manfaat lain dari diet semangka adalah sebagai berikut:

  1. Mencegah Asma – Kandungan vitamin C dalam semangka bermanfaat untuk emningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mencegah gangguan pada pernafasan.
  2. Menurunkan Tekanan Darah – Semangka dipercaya memberikan efek yang sangat baik pada pembuluh darah dan mengatasi tekanan pada pembulu darah pada jantung. (Baca juga: Manfaat Lemon Wajah)
  3. Menangkal Kanker – Kandungan vitamin C dan zat licopen yang sangat penting bagi tubuh dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kanker.
  4. Mengatasi Sembelit – Serat yang terkandung dalam semangka mampu mengatasi masalah sembelit karena kekurangan serat larut dalam usus. (Baca juga: Manfaat Shampo Merang)
  5. Mengatasi Nyeri Otot – Senyawa asam amino citruline yang terdapat di dalam buah semangka dipercaya mampu memberikan efek yang sangat baik dalam meredakan nyeri otot.
  6. Sumber Kolagen Alami – Vitamin C dalam semangka mampu membantu tubuh dalam menyerap kolagen sehingga menjadikan kulit menjadi lebih lembut. (Baca juga: Manfaat Tidur Siang untuk Kecantikan)

Cara mudah untuk melakukan diet semangka adalah dengan mengikuti dua tahapan berikut ini. Tahap pertama yaitu selama waktu tiga hari kita diharuskan makan semangka dan tidak boleh mengonsumsi makanan lain. hal ini dilakukan untuk membersihkan zat-zat yang tidak berguna dalam tubuh secara total. Pada tahap ini biasa disebut dengan tahapan mono diet. Sedangkan pada tahapan kedua kita sudah diperkenankan untuk mengonsumsi makanan lainnya dan memakan semangka sebagai makanan selingan atau snack saja. Pengonsumsian pada tahap kedua dilakukan selama 6 sampai dengan 10 hari sampai kita merasakan manfaat dari diet semangka ini.

Baca juga:

Namun perlu diperhatikan, diet semangka ini harus dilakukan bagi orang-orang yang memang tidak memiliki masalah kesehatan maupun alergi pada buah semangka. Dan apabila diet semangka dikombinasikan dengan olah raga, maka sebaiknya olahraga yang dilakukan adalah olahraga yang ringan-ringan saja, hal ini karena mengonsumsi buah semangka hanya memberikan kalori dalam jumlah sedikit. (Baca juga: Manfaat Salad Sayur, Manfaat Buah Naga Putih)

Penasaran dengan hasil yang diberikan? Yuk, coba diet semangka di rumah. Selain artikel terkait Manfaat Buah Semangka Untuk Diet , kita juga bisa menambah wawasan kita dengan artikel-artikel lain yang ada pada web ini, seperti artikel tentang Manfaat Air Embun, Manfaat Bunga Mawar Merah, Manfaat Minyak Lavender, dan lain sebagainya. Happy Reading!

 

, , ,
Post Date: Thursday 25th, May 2017 / 01:19 Oleh :
Kategori : Buah Buahan