Sponsors Link

19 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Buah sawo merupakan salah satu jenis buah yang cukup populer di negara kita. Sawo memiliki bentuk bulat dengan warna kulit dan daging yang coklat. Buah ini memiliki rasa yang cukup khas dengan kulit yang tipis. Buah sawo memiliki banyak kandungan baik bagi kesehatan karena mengandung banyak nutrisi serta vitamin yang baik untuk kesehatan. Buah sawo memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga cocok dijadikan sebagai buah pencuci mulut yang segar.

ads

Kandungan Gizi Buah Sawo

Buah sawo memiliki banyak sekali kandungan baik bagi tubuh dan telah dibuktikan melalui berbagai peneltian.

Banyaknya buah sawo yang diteliti (Food Weight) = 100 gr

Bagian buah sawo yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 79 %

  • Energi : 92 kkal
  • Protein : 0,5 gr
  • Lemak : 1,1 gr
  • Karbohidrat : 22,4 gr
  • Kalsium : 25 mg
  • Fosfor : 12 mg
  • Zat besi : 1 mg
  • Vitamin A : 60 IU
  • Vitamin B1 : 0,01 mg
  • Vitamin C : 21 mg

Buah sawo ternyata bagus juga untuk kesehatan ibu hamil. Buah yang satu ini mengandung beragam vitamin seperti vitamin A, B, C, protein nabati, zat besi, kalori, karbohidrat dan flavonoid yang bagus untuk ibu hamil dan janinnya. Berikut ini kami jabarkan manfaat mengonsumsi buah sawo bagi kesehatan dan ibu hamil yang terdapat banyak sekali manfaatnya, berikut ini diantaranya :

1. Membantu pembentukan sel darah merah

Sawo memiliki kandungan yang bernama zat besi yang berguna untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Kekurangan darah merah dapat menyebabkan penyakit anemia yang membuat tubuh mudah lemas dan pusing. Mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi juga disarankan bagi ibu hamil supaya terhindar dari anemia yang berbahaya.

2. Menjaga kesehatan tulang

Sawo memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi makanan dengan banyak kandungan kalsium dan fosfor yang bagus dalam menjaga tulang kita hingga tua nanti. kesehatan tulang merupakan salah satu aset penting untuk kita tua nanti.

3. Mengatasi radang mulut

Cara menggunakan sawo untuk mengatasi radang mulut dapat digunakan dengan mencincang sawo lalu rebus selama 10 menit dengan 2 gelas air bersih. Gunakan air rebusan dari sawo tersebut untuk berkumur.

4. Sebagai obat diare

Cara menggunakan sawo sebagai obat diare adalah dengan menggunakan 15 tetes getah sawo yang masih muda. Seduh menggunakan setengah gelas air panas. Anda dapat meminumnya setelah airnya hangat atau dingin. Selain itu, anda juga dapat menggunakan sawo sebagai obat diare dengan cara mencuci sawo hingga bersih lalu parut dan peras. Air perasan sawo dapat anda campurkan dengan air matang lalu minum 2 kali sehari.

5. Bagus untuk kesehatan mata

Sawo mengandung banyak vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Menjadikan sawo sebagai buah favorit merupakan pilihan tepat untuk menjaga mata anda tetap sehat dan terhindar dari gangguan mata.

6. Bagus untuk pertumbuhan

Sawo mengandung protein yang bagus untuk pertumbuhan terutama bagi mereka yang masih dalam tahap perkembangan.

7. Mencegah kanker usus

Buah sawo mengandung serat yang cukup tinggi. Serat merupakan nutrisi yang bagus untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat di dalam sawo juga membantu mengatasi sembelit sekaligus mencegah terjadinya kanker usus.

8. Mengatasi sariawan

Buah sawo mengandung banyak vitamin yang berguna dalam mengatasi radikal bebas penyebab penyakit dimana salah satunya sariawan. Untuk mencegah datangnya sariawan, ada baiknya anda menjaga kesehatan mulut anda dengan baik dimana salah satunya adalah dengan cara rutin menggosok gigi 2 hingga 3 kali dalam sehari. Selain itu, perbanyak konsumsi vitamin C supaya sistem kekebalan tubuh meningkat.

9. Mencegah terjadinya penuaan dini

Vitamin E yang terdapat dalam sawo juga bagus untuk menghindari penuaan dini atau terjadinya keriput pada kulit terutama pada wajah.

10. Untuk mengobati disentri

Untuk mengobati disentri, anda dapat mengambil sawo yang masih muda lalu haluskan dan campur menggunakan garam secukupnya. Minum sebanyak 2 kali dalam sehari. lakukan hingga sakit anda berkurang.

11. Menjaga kecantikan kulit

Sawo mengandung vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit. Banyak mengonsumsi makanan mengandung vitamin E membuat kulit kita tetap lembab dan tampak lebih bersih.

ads

12. Mencegah terjadinya infeksi

Sawo memiliki kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi. Vitamin A berperan dalam menyehatkan kulit dan vitamin C memiliki berperan dalam melawan jenis penyakit yang berbahaya serta mencegah adanya infeksi.

13. Melancarkan  sistem pencernaan

Sawo memilki kandungan inflamasi yang bagus untuk melancarkan pencernaan di usus. Selain itu sawo juga mengandung serat yang bagus untuk pencernaan tubuh anda. Pencernaan yang baik menghindarkan anda dari susah BAB dan gejala sembelit.

14. Bagus untuk kesehatan gigi

Buah sawo bagus untuk kesehatan tulang serta gigi. Buah yang satu ini memiliki kandungan berupa fosfor dan kalsium yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang maupun gigi. Tulang yang kuat dan sehat menghindarkan anda dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.

15. Mengatasi radang mulut

Bukan hanya buahnya, namun daun dari pohon sawo juga dapat dijadikan sebagai obat salah satunya adalah untuk mengatasi radang mulut. Langkahnya cukup mudah yaitu dengan mencuci bersih daun sawo lalu rebus selama 10 menit. Gunakan rebusan dari daun sawo untuk berkumur. Dalam mengatasi radang mulut, anda juga dapat menggunakan sawo mentah sebagai solusi pengobatannya.

16. Meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil

Vitamin C di dalam buah sawo dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil supaya tidak mudah sakit. Selain itu, buah sawo juga bagus untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti halnya sembelit yang banyak dialami oleh ibu hamil. Konsumsi secukupnya supaya nutrisi dan vitamin bisa dengan sempurna terserap oleh tubuh.

17. Mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil

Kebaikan sawo dapat pula kita temukan dalam kandungan manfaat vitamin B nya yang bagus dalam mengurangi dampak morning sickness pada kehamilan. Konsumsi buah sawo secukupnya dan hindari pengonsumsian yang berlebihan supaya aman bagi ibu dan janin.

18. Mengandung karbohidrat

Buah sawo juga mengandung manfaat karbohidrat yang berperan sebagai penambah energi terutama untuk kebutuhan beraktivitas sehari-hari.

19. Obat untuk pendarahan

Sawo memiliki kandungan kalium yang mampu menghentikan pendarahan Pada bagian tubuh yang terluka.

Jenis Sawo di Indonesia

Ada beberapa jenis varian sawo yang cukup terkenal di Indonesia seperti :

Ada beberapa sawo yang cukup terkenal dinegara kita, namun tidak semua jenis sawo tersebut dapat dikonsumsi.

  • Sawo mentega : buah sawo jenis mentega memiliki bentuk bulat seperti telur terbalik dan memanjang dengan warna hijau mengkilap. Buah sawo yang satu ini memiliki rasa yang manis.
  • Sawo manila : sawo manila memiliki bentuk lonjong dan daging buah yang cukup tebal. Sawo manila memiliki banyak kandungan air dan populer di Asia Tenggara.
  • Sawo duren : memiliki bentuk bulat telur dengan kulit tebal dan banyak mengandung lateks. Sawo duren merupakan jenis sawo yang tidak dapat dimakan.

Buah sawo memiliki banyak kandungan sehat yang bagus untuk kesehatan sekaligus bagus untuk kehamilan asal dikonsumsi dengan takaran yang pas. Buah sawo juga dijual dengan harga yang cukup murah sehingga, cocok dijadikan sebagai salah satu cara sehat tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Bagi anda yang tengah bermasalah pada pencernaan sehingga BAB menjadi kurang lancar, maka buah sawo dapat dijadikan sebagai solusi dalam mengatasinya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 23rd, November 2015 / 09:05 Oleh :
Kategori : Buah Buahan