19 Manfaat Buah Rukem Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah RukemBuah rukem, rukan atau Flacourtia rukam merupakan salah satu jenis pohon buah asli Indonesia yang bisa dikonsumsi namun sudah terbilang cukup langka saat ini. Pohon buah ini umumnya tumbuh di daerah Sumatera. Cara mengkonsumsi buah ini cukup unik yakni dengan memijat buahnya sebelum dimakan untuk menghilangkan rasa sepat dari buah ini.

Buah yang memiliki rasa asam, bentuk bulat dan warna merah sampai ungu ini tidak hanya segar namun juga memiliki banyak khasiat dan nutrisi sepeti vitamin C, lemak, serat dan beberapa nutrisi lainnya. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas secara lengkap mengenai manfaat buah rukem untuk kesehatan tubuh anda.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Diare

Diare terjadi karena bakteri yang berkembang di saluran pencernaan. Untuk mengobati diare, anda bisa mengkonsumsi buah rukem yang bisa meredakan dan membunuh bakteri penyebab diare tersebut, sementara kandungan seratnya bermanfaat sebagai metabolisme tubuh.

  1. Menyembuhkan Gangguan Pencernaan

Kandungan yang ada dalam buah rukem juga sangat baik digunakan untuk menyembuhkan masalah pencernaan dan membunuh bakteri yang terdapat di dalam usus. Dengan mengkonsumsi buah rukem maka berbagai bakteri serta parasit bisa dihindari.

  1. Mengandung Serat Alami Tinggi

Seperti pada berbagai jenis sayur dan buah, kandungan serat tinggi juga banyak terkandung dalam buah rukem. Serat ini sangat bermanfaat sebagai metabolisme dalam tubuh.

  1. Mengandung Vitamin Tinggi

Salah satu kandungan yang ada dalam buah rukem adalah vitamin C tinggi. Vitamin C ini akan berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

  1. Menurunkan Berat Badan

Buah rukem ini juga sangat baik untuk dikonsumsi pelaku diet. Kandungan lemak yang sangat sedikit dan nutrisi penting didalamnya akan berguna untuk membantu penurunan berat badan dengan cukup cepat jika dikonsumsi dengan rutin.

Artikel terkait:


  1. Menyembuhkan Bengkak Pada Mata

Selain bagian buah, daun pohon rukem ternyata juga berkhasiat untuk menyembuhkan bengkak pada area mata anda. Caranya hanya perlu dengan menghaluskan daun rukem lalu peras dan minum airnya secara rutin sampai bengkak pada mata bisa mengempis dan sembuh.

  1. Mengatasi Nyeri Menstruasi

Untuk anda para wanita yang sering merasakan nyeri saat menstruasi juga bisa mengkonsumsi buah rukem yang sangat ampuh untuk untuk meredakan rasa nyeri tersebut. Agar khasiatnya lebih terasa, akan lebih baik jika anda mengkonsumsi buah rukem yang masih muda.

  1. Menyamarkan Bekas Gigitan Serangga

Gigitan serangga seperti nyamuk, biasanya akan meninggalkan bekas setelah menghisap darah manusia. Buah rukem ini bisa anda gunakan untuk menyamarkan dan menghilangkan bekas gigitan serangga tersebut dengan cara mengoleskan air yang terdapat dalam buah rukem secara langsung pada bekas gigitan serangga tersebut.

  1. Menjadi Obat Alternatif

Buah rukem ini juga bisa anda gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh terhadap berbagai serangan penyakit. Mengkonsumsi buah ini juga sangat aman dibandingkan mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia sekaligus mengurangi ketergantungan pada obat sintetis lainnya.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan mineral kalsium yang terdapat dalam buah ini juga sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang dalam tubuh. Struktur tulang akan selalu kuat sekaligus mencegah penyakit osteoporosis hanya dengan mengkonsumi buah rukem secara teratur.

Artikel terkait:

  1. Mengembalikan Tenaga

Buah rukem segar juga dipercaya bisa mengembalikan tenaga yang hilang dari tubuh sesudah bekerja keras. Ini bisa terjadi karena dalam buah rukem terdapat jumlah energi 345 kj/100 gram sehingga tenaga akan kembali dengan cepat dan aman.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Dalam buah rukem juga memiliki kandungan zat besi yang sangat baik untuk mencegah rambut dari kerontokan parah, kering dan perubahan warna pada rambut. Buah rukem menjadi salah satu sumber zat besi alami yang akan menjaga kesehatan rambut anda.

  1. Melawan Osteoporosis

Dalam satu porsi buah rukem yakni sebanyak 100 gram, bisa memenuhi kebutuhan boron dan kalium sehingga kesehatan tulang bisa selalu terjaga. Untuk anda yang sudah memasuki masa pascamenopause dan sangat rentan terkena osteoporosis, maka akan sangat baik untuk mengkonsumsi buah rukem ini yang juga mengandung sifat anti inflamasi untuk mengatasi rada sendi.

  1. Menyembuhkan Sariawan

Karena kandungan vitamin C tinggi yang ada dalam buah rukem, maka untuk anda yang sedang menderita salah satu penyakit mulut yakni sariawan juga bisa lebih sering mengkonsumsi buah rukem sehingga sariawan bisa lebih cepat sembuh.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Vitamin C yang ada dalam buah rukem juga berguna untuk melindungi tubuh dari serangan infeksi dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka dan kebal terhadap virus, bakteri atau kuman penyakit. Vitamin C ini juga sangat dibutuhkan tubuh untuk kolagen, protein dan struktur utama yang ditemukan pada jaringan ikat. Dengan mengkonsumsi buah rukem, maka berbagai masalah luka pada tubuh bisa disembuhkan lebih cepat termasuk radang dan sakit kepala. Vitamin C ini juga penting untuk mengontrol alergi tubuh terhadap demam sekaligus mengurangi kadar histamin yang akan menurunkan demam dengan lebih cepat.

Artikel terkait:


  1. Membantu Produksi Kolagen

Dengan tercukupinya tubuh akan vitamin C dari buah rukem, maka produksi hidorksilin dan juga hidroksiproin yang berfungsi untuk produksi kolagen. Kolagen ini akan membuat struktur kulit menjadi lebih kencang, meremajakan kulit dan juga mencegah kulit keriput dan penuaan dini.

  1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Apabila dalam tubuh kebutuhan vitamin C tidak tercukupi, maka akan timbul beberapa masalah seperti salah satunya kerontokan dan pertumbuhan rambut. Buah rukem yang mengandung vitamin C tinggi ini akan mencegah rambut dari kerontokan, kekeringan dan juga rambut bercabang.

  1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Sifat antioksidan yang ada dalam vitamin C di buah rukem ini juga bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan dan juga murasi DNA sehingga akan aman terlindungi dari sel kanker. Vitamin C ini juga sekaligus akan membantu regenerasi vitamin E yang adalah antioksidan kuat. Vitamin C pada buah rukem akan menyerang sel kanker dan menjaga kekebalan tubuh dari sel kanker berbahaya tersebut.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan serat yang terdapat dalam buah rukem juga sangat penting untuk membersihkan kulit dari segala racun sehingga akan mempengaruhi kesehatan kulit anda. Dengan mengkonsumsi buah rukem yang tinggi akan serat, maka kolesterol akan diikat dan berbagai racun akan dikeluarkan dari tubuh dengan lebih cepat.

Artikel terkait:

Buah rukem yang menjadi salah satu buah asli Indonesia dan sudah termasuk buah langka ini ternyata tidak hanya segar dan nikmat untuk disantap, namun juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh serta kulit dari berbagai masalah berbahaya.

, ,
Post Date: Saturday 05th, August 2017 / 04:04 Oleh :
Kategori : Buah Buahan