Sponsors Link

Manfaat Buah Pepaya Untuk Program Diet Sehat

Sponsors Link

“Don’t judge a book by it’s cover”, terkadang menjadi istilah yang sering digunakan bagi orang yang tidak ingin dinilai hanya dari penampilanya baik dari penampilan wajah maupun tubuh. Namun tidak dapat dipungkir bahwa penampilan memberikan suntikan rasa percaya diri ada seseorang. Tidak jarang bahwa orang yang memiliki berat badan ideal lebih merasa percaya diri dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan kurang ideal. Diet barangkali merupakan salah satu kata yang tepat untuk orang yang menginginkan berat badan yang ideal.

ads

artikel terkait manfaat pepaya:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diet adalah aturan makan khusus untuk kesehatan dan biasanya dilakukan atas petunjuk dokter atau konsultan. Secara umum diet berarti usaha untuk menurunkan berat badan dengan cara mengatur pola makan dan asupan nutrisi tertentu. Diet dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menjadi vegetarian, puasa maupun mengatur pola makan. Sebenarnya, dalam konteks pengaturan nutrisi diet dibedakan menjadi beberapa jenis yait diet untuk menurunkan berat badan, diet untuk meningkatkan berat badan, dan diet sebagai pantangan terhadap makanan tertentu. Namun penggunaan istilah diet yang lebih populer adalah diet penurunan berat badan, seperti yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Tipe Diet

Secara garis besar diet juga dibedakan menjadi dua bentuk yang didasarkan pada banyaknya ilmu atau informasi yang diperoleh pelaku diet seperti jumlah kalori per makanan, gaya hidup, pemilihan makanan, pembatasan makanan, metode diet yang terbukti, mitos dsb. Dua bentuk diet tersebut adalah:

  • Diet Sehat

Diet sehat ini diwujudkan dengan perubahan perilaku konsumsi makanan dan aktivitas ke arah yang lebih baik lagi. Pada diet sehat, pelaku diet sehat melakukan pengurangan asumsi kalori ke dalam tubuh dengan cara memperhatikan angka kebutuhan kalori harian yang didasarkan pada panduan gizi seimbang oleh dokter maupun konsultan. Contoh diet sehat antara lain konsumsi makanan rendah kalori, rendah lemak dan mengubah diri agar lebih aktif bergerak.

  • Diet Tak Sehat

Diet sehat dilakukan juga dengan menjaga pola makan namun pelaku diet memaksa tubuh untuk tidak makan dalam jangka panjang. Metode diet ini dilakukan dengan pola makan yan salah seperti puasa namun tanpa buka maupun sahur, melewatkan waktu makan dengan sengaja, penggunaan obat penurun berat badan tanpa resep dokter atau konsultan serta muntah dengan disengaja.

Untuk diet dengan cara sehat, Anda dapat mengganti atau menyesuaikan makanan Anda yang sesuai dengan kalori harian yang dibutuhkan. Salah satu makanan yang kami rekomendasikan untuk diet Anda adalah buah pepaya. Selain karena kaya akan gizi yang mendukung diet Anda, diet menggunakan buah pepaya juga mudah untuk dilakukan. Mari kita simak ulasannya.

artikel terkait: manfaat pepaya untuk asam lambungmanfaat pepaya untuk diet

Buah Pepaya

Pepaya (Carica Papaya L.) merupakan buah yang awalnya berasal dari Meksiko dan kini menyebar laus ke seluruh daerah tropis. Buah pepaya berbentuk bulat hingga memanjang dengan ujung yangbaisanya meruncing. Buah pepaya memiliki warna hijau gelap, dan berwarna hijau muda hingga kuning. Daging buah pepaya berasal dari karpela yang menebal dengan warna kuning hingga merah. Bagian tengah buah berongga dan terdapat biji-biji berwarna hitam atau kehitaman yang terbungkus dengan lapisan berlendir (pulp).

Buah pepaya memiliki tekstur agak keras ketika muda, dan ketika matang tekstur berubah menjadi empuk dengan rasa yang manis. Buah pepaya memiliki banyak kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh, yang dijelaskan dalam tabel berikut.

Tabel Kandungan Nutrisi Buah Pepaya

Kandungan Nutrisi Jumlah Kandungan Nutrisi
Zat Besi 0.3 mg
Fosfor 16 mg
Kalium 470 mg
Lemak 0.1 mg
Karbohidrat 10 gr
Vitamin A 1.750 IU
Vitamin B 0.03 mg
Vitamin C 56 mg
Riboflavon 0.04 mg
Niacin 0.3 mg
Kalsium 20 mg
Protein 0.6 gr
Kalori 39 kal

Berkat kandungan nutrisi yang terdapat dalam pepaya, buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah membantu Anda dalam hal diet.

artikel terkait: manfaat daun pepaya bagi ternakmanfaat sabun BDL pepaya

Mengapa Pepaya baik untuk Diet?

Pepaya merupakan salah satu buah yan direkomendasikan untuk diet penurunan berat badan. Selain karena kandungan nutrisinya, diet menggunakan buah pepaya sangat mudah dilakukan.Anda tinggal mengkonsumsinya saja.

Ngomong-ngomong, kenapa sih buah pepaya sangat baik untuk diet penurunan berat badan? Berikut merupakan alasannya.

1. Pepaya merupakan buah rendah kalori

Salah satu alasan utama mengapa pepaya dapat membantu melangsingkan tubuh adalah kandungan kalori yang rendah pada pepaya. Dalam setengah kilo, pepaya hanya mengandung sekitar 68 kalori. Apabila dibandingkan dengan kebutuhan kalor diet standar sebanyak 2000 kalori, buah pepaya hanya mengandung 3% kalori. Konsumsi pepaya dapat membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama sehingga dapat membantu mengurangi porsi asupan makanan Anda. Hal ini membuat penurunan berat badan Anda lebih mudah dan alami. Sehingga apabila Anda mengurangi asupan kalori sebanyak 3500 hingga 7000 kalori dalam waktu 7 hari, Anda dapat menurunkan berat badan sebanyak 1 hingga 2 kilogram.

ads

2. Buah pepaya memiliki kandungan serat yang tinggi

Buah pepaya memiliki kandungan serat sebanyak 2,7 gram per potongnya. Serat dalam buah pepaya ini berguna untuk melancarkan pencernaan juga bagus untuk menyerap karbohidrat. Kandungan serat yang tinggi pada buah pepaya juga membantu proses elevasi gula darah dan menurunkan glukogen sehingga akan dapat mencegah naiknya berat badan.

3. Buah pepaya memiliki kandungan lemak yang rendah

Buah pepaya bermanfaat untuk membantu proses diet Anda dikarenakan memiliki kandungan lemak yang rendah. Dalam seiris, pepaya memiliki kandungan lemak sekitar 1,41 gram. Bagaimanapun juga lemak diperlukan tubuh untuk membantu menunjang kesehatan otak dan jantung. Dengan demikian, konsumsi buah pepaya dapat memenuhi kebutuhan lemak Anda tanpa harus melakukan penimbunan lemak jahat yang dapat meningkatkan berat badan Anda.

4. Buah pepaya juga memiliki kandungan air yang tinggi

Buah pepaya memiliki kandunan air yang tinggi yang berguna untuk membersihkan racun yang ada didalam tubuh sehingga dapat membantu kelancaran metabolism serta mengurangi berat badan. Dalam sepotong, buah pepaya mengandung air sebanyak 138 gram atau setara dengan 89 persen dari berat totalnya.

Selain dikarenakan hal-hal di atas, pepaya memiliki kandungan nutrisi yang kaya antioksidan seperti Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin E, asam pantotenat, asam folat, karoten dan flavonoid. Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan mengkonsumsi buah pepaya, nutrisi harian Anda akan tetap terpenuhi meskipun porsi asupan makan terkurangi.

artikel terkait: manfaat bunga pepaya – manfaat rebusan daun pepaya

Bagaimana Cara Diet Pepaya?

Diet pepaya dapat dilakukan dengan cara melakukan 3 kali pola makan yang dibarengi dengan konsumsi buah pepaya selama 7 hari. Tiga kali pola makan tersebut terdiri dari sarapan, makan siang dan makan malam. Secara rinci diet pepaya dapat dijelaskan sebagai berikut.

  • Untuk pagi hari, Anda dapat mengganti menu sarapan Anda dengan buah pepaya dengan cara memotongnya kotak-kotak lalu dimakan bersama dengan salad buah maupun salad sayur sesuai selera.
  • Untuk siang hari, setelah makan siang dengan porsi seperti biasa, Anda dapat mengkonsumsi jus pepaya tanpa gula sebanyak satu gelas.
  • Untuk makan malam, Anda hanya bisa memakan buah pepaya saja. Namun apabila Anda bosan, Anda dapat menyelinginya dengan susu rendah lemak ataupun susu diet.

Bagaimana, mudah bukan? Namun perlu diingat bahwa dalam menjalankan diet pepaya ini Anda juga perlu menyeimbangkannya dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat dan minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Hal ini ditujukan agar tubuh tidak kekurangan nutrisi yang diperlukan tubuh. Selain itu, Anda juga harus tetap rutin menjalani aktivitas olah raga agar tubuh tetap bugar.

artikel terkait: manfaat daun pandan untuk asam uratmanfaat biji pepaya12 manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan

Demikian informasi yang dapat kami sajikan. Apabila Anda tertib melakukan langkah-langkah sesuai yang telah disebutkan, Anda akan dapat merasakan manfaatnya yaitu penurunan berat badan Anda. Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga berhasil ya dietnya!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 07th, September 2016 / 10:05 Oleh :
Kategori : Buah Buahan