Sponsors Link

9 Manfaat Buah Okra untuk Kesehatan

Sponsors Link

Bila mendengar namanya saja, mungkin banyak dari kita yang tidak mengetahui apa itu okra. Bahkan akan banyak orang tidak mengetahui bahwa okra ini adalah sebuah tanaman, yakni sayuran. Okra adalah sejenis sayuran yang memiliki bentuk polong. Tanaman okra ini banyak terdapat di daerah Afrika dan juga China. Tanaman ini memang asing keberadaannya di Indonesia, maka dari itu banyak orang-orang di Indonesia yang merasa asing dan tidak paham dengan sayur yang satu ini. Bila kita bertandang ke Amerika, maka kita akan menjumpai orang-orang disana menjadikan okra sebagai semur, sup atau tumis. Okra ini memiliki tekstur kenyal. Jika di Indonesia, rasanya hampir mirip-mirip dengan terong.

ads

Kandungan yang Terdapat pada Tanaman Okra

Tanaman okra ini dikenal sebagai tanaman yang banyak mengandung manfaat. Kandungan tanaman okra ini antara lain adalah karbohidrat, serat pangan, lemak, protein, folat, vitamin C dan A, kalsium, dan magnesium.

Okra ini merupakan sayuran yang bermanfaat dan banyak mengandung vitamin. Salah satu vitamin yang banyak terkandung di dalam okra adalah vitamin B. Vitamin B ini berfungsi untuk menambah energi. Bahkan Okra ini dijadikan  sebagai hidangan untuk para atlet di Beijing. Hal ini karena memang okra ini berfungsi untuk menambah energi para atlet.

Selain menambah energi, okra mempunyai berbagai manfaat lain untuk kesehatan. Lalu, manfaat apa yang kita dapat dapatkan dari okra ini? Secara umum, inilah manfaat yang terkandung di dalam sayuran okra:

1. Meringankan penyakit ginjal

Okra sangat bermanfaat jika dikonsumsi oleh orang- orang yang menderita penyakit ginjal. Pasalnya okra ini bisa membantu menjaga kesehatan ginjal. Namun, tidak hanya bagi penderita penyakit ginjal saja, okra ini juga sangat baik dikonsumsi oleh siapa saja. Sebuah penelitian pernah dilakukan pada tahun 2005, dan pada penelitian itu yang dijadikan objek penelitian adalah sayur okra ini. Dalam penelitian tersebut menghasilkan bahwa sayur okra ini dapat menurunkan resiko penyakit ginjal. Jika orang diberi makan okra setiap hari, maka akan mengalami penurunan kerusakan ginjal daripada orang yang tidak mengonsumsi okra.

2. Menurunkan kadar gula dalam darah

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal, okra ini juga membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga okra ini akan sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Okra ini memiliki indeks glikemik yang redah yakni hanya sebesar 20, sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Pada sebuah studi pada tahun 2011, menemukan bahwasannya okra ini memiliki sifat antidiabetes yang cukup potesial.

3. Menurunkan kolesterol

Manfaat lain dari okra ini adalah membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini karena okra memiliki kandungan tinggi serat. Pada sebuah peneilita di tahun 2014, menemukan bahwasannya ekstraksi kulit okra ini dapat berguna untuk menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.  Penurunan kolesterol jahat ini dilakukan oleh okra dengan cara menghambat aktivitas esterase kolesterol pankreas, yang pada gilirannya dapat mengurangi penyerapan kolesterol di dalam tubuh.

4. Kaya akan antioksidan

Seperti yang kita tahu bahwasannya antioksedan sangat diperlukan oleh tubuh untuk melawan radikal bebas. Manfaat antioksidan yang besar ini dapat kita temukan pada sayur okra. Okra ini bnayak mengandung vitamin A, komponen- kompenen antioksidan yang lainnya seperti beta karoten, xanthein, dan juga lutein. Seperti yang kita ketahui juga bahwasannya radikal bebas ini bisa menyebabkan degreadation sel di dalam tubuh  dan teRmasuk salah satu penyebab timbulnya kanker. Maka dari itu, okra ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

ads

5. Menjaga kesehatan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi yang dimiliki oleh sayur Okra sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Okra ini bisa memberikan bantuan kepada mereka yang memiliki masalah sembelit . serat yang dikandung oleh sayur okra bermanfaat untuk memaksimalkan pembuangan limbah di saluran pencernaan denga cara membuat gerakan usus menjadi lebih teratur.

6. Menjaga kesehatan Jantung

Salah satu manfaat buah okra yang sangat penting yakni menjaga kesehatan jantung. Jenis serat larut yang dikandung oleh okra ini sangat berperan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah degan cara mengubah produksi empedu di dalam usus. Hal ini otomatis akan mencegah terjadinya penyakit- penyakit berat, seperti stroke, jantung, dan diabetes. Hal ini juga akan menjaga kesehatan jantung.

7. Membersihkan Hati

Sayur okra ini dapat bermanfaat untuk membersihkan hati dan juga mencegah beberapa jenis penyakit hati. Okra ini bermanfaat untuk menghilangkan zat- zat beracun di dalam organ hati sehingga dapat meringankan kerja hati. Mengonsumsi  okra secara rutin juga dapat mengatasi perlemakan yang ada di dalam hati, sehingga membuat hati menjadi lebih bersih dan juga sehat.

8. Tinggi akan Mineral

Sayuran Okra ini mengandung berbagai mineral seperti kalsium, kalium, dan juga zat besi yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mineral- minelak ini sangat berguna untuk mengontrol denyut jantung, menurukan tekanan darah tinggi, dan kandungan zat besinya sangat bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah sehingga mencegah anemia.

Itulah beberapa manfaat yang akan kita peroleh dari pengonsumsian sayur okra secara rutin. Dari sekian banyak manfaat, salah satunya menyebutkan bahwa sayur okra ini bermanfaat untuk menurukan tekanan darah tinggi. lebih lanjut kita akan membahas manfaat okra ini bagi penderita hipertensi.

9. Menguatkan sistem kekebalan pada tubuh

Sistem kekebalan di dalam tubuh atau biasa disebut dengan sistem imun sangat dipengaruhi oleh vitamin C yang ada di dalam tubuh. Sayuran okra ini juga mengandung banyak manfaat vitamin C yang ada di dalam tubuh. Sehingga sistem kekebalan tubuh akan menjadi meningkat dan menjadikan tubuh lebih siap menjalani aktivitas sehari- hari dengan tidak mudah terserang sakit. Vitamin C ini juga bermanfaat untuk melawan kanker dan juga katarak. Pembentukan sel- sel darah putihnya berguna untuk memerangi infeksi.

Buah Okra untuk Penderita Hipertensi

Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat dengan mudah terserang berbagai penyakit seperti jantung, stroke, maupun diabetes. Sudah disebutkan sebelumnya bahwasannya sayur okra ini dapat mengontrok tekanan darah sehingga sangat bermanfaat bagi Anda yang mempunyai tekanan darah tinggi. selanjutnya juga disebutkan bahwasannya sayur okra ini dapat mengontrol kadar gula dalam darah sehingga bagi Anda penderita hipertensi dapat terhindar dari serangan kolesterol yang dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan diabetes, hingga stroke.

Secara umum, manfaat okra bagi penderita hipertensi adalah sebagai berikut:

  • Mengontrol tekanan darah sehingga aman bagi penderita hipertensi.
  • Menyehatkan organ jantung sehingga membantu menghindarkan dari penyakit jantung.
  • Mengontrol kadar gula dalam darah sehingga membantu terhindar dari resiko penyakit diabetes dan juga stroke.
  • Menyehatkan hati dan juga ginjal, sehingga terasa lebih sehat.

Itulah manfaat buah okra yang akan didapat oleh penderita hipertensi. Bagi yang merupakan penderita hipertensi, cobalah untuk mengkonsumsi okra ini secara rutin.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Saturday 12th, March 2016 / 04:30 Oleh :
Kategori : Makanan