Sponsors Link

Manfaat Buah Nanas Untuk Diet Sehat

Sponsors Link

Memiliki tubuh ideal dengan berat badan minim dan bisa muat mengenakan berbagai pakaian tanpa harus susah mengenakannya mungkin itu adalah sebuah hal yang menjadi banyak impian orang di dunia ini terutama bagi kaum wanita. Untuk mendapatkan hal tersebut berbagai program penurunan berat badan atau diet telah dilakukan dan mungkin ada yang berhasil ada pula yang harus mencoba lagi. Namun saat ini ada banyak kesalahpahaman yang dihadapi oleh orang mengenai konsep diet ini. banyak dari mereka menganggap bahwa diet adalah tidak makan seharian dan menahan lapar hingga perut perih sehingga banyak yang gagal diet. Padahal konsep diet yang seperti itu sangatlah tidak tepat justru dilarang karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Konsep diet yang tepat adalah dengan mengatur pola makan dan mengurangi porsi makan serta menambah varian menu makanan sehingga berbagai nutrisi sebaiknya dikonsumsi saat diet. Karena kesalahpahaman mengenai konsep diet inilah banyak orang yang akhirnya lebih memilih menggunakan berbagai produk obat diet instan karena dirasa lebih mudah. Memang hasil yang didapatkan akan lebih cepat namun jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan menyebabkan berbagai penyakit seperti misalnya kanker dan kegagalan fungsi organ tubuh lainnya. tentu anda tidak mau bukan?

artikel terkait diet:

Diet alami lebih baik

Untuk mengganti diet menggunakan produk obat diet instan sebaiknya anda menggunakan diet alami saja. ya, salah satunya yang akan dibahas disini adalah diet menggunakan buah nanas. Siapa yang tidak tahu dengan buah tropis yang satu ini yaitu nanas. Buah yang memiliki warna daging kuning cerah dengan bintik hitam di luar daging ini memiliki rasa yang khas dan enak di lidah. Mungkin buah nanas menjadi salah satu buah yang menjadi favorit anda. Bukan hanya rasanya saja yang enak namun kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya juga tinggi yang sangat baik untuk kesehatan.

Mengapa dipilih buah nanas sebagai solusi diet? Bukankah masih banyak jenis buah lainnya yang enak seperti buah pir, apel, jeruk atau alpukat dan buah lainnya? memang buah tersebut sudah cukup terkenal untuk membantu menurunkan berat badan namun kandungan nutrisi yang ada di dalam buah-buahan tersebut tidak ada yang sehebat buah nanas. Berikut ini adalah beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam manfaat buah nanas untuk diet :

  1. Enzim bromelain – Enzim ini melakukan aksinya di dalam lambung serta usus fungsi utamanya adalah membersihkan organ pencernaan sehingga tidak ada timbunan makanan di dalamnya yang berpotensi menjadi timbunan lemak pula. Enzim ini juga memiliki fungsi sebagai pengendali nafsu makan sehingga anda tidak akan merasa cepat lapar.
  2. Buah nanas merupakan salah satu jenis buah yang masuk dalam golongan katabolic – Apa itu katabolic? Adalah makanan yang membutuhkan energi tinggi saat mencernanya di dalam tubuh. jadi ketika makan nanas energi dan kalori yang dibutuhkan tubuh untuk mencernanya sangat besar bahkan lebih besar dari jumlah kalori yang ada di dalam nanas itu sendiri sehingga lemak anda akan terbakar lebih banyak hanya dengan makan nanas saja.
  3. Di dalam buah nanas juga mengandung berbagai vitamin – Seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, tembaga dan thiamin yang akan membantu proses pencernaan lebih lancar sehingga tidak menimbulkan timbunan lemak di dalam tubuh.

baca juga :

Cara Pengolahan Nanas untuk Diet

Untuk mengonsumsi buah nanas sebagai solusi diet ini sangatlah mudah. Apalagi anda bisa menemukan buah nanas ini mudah karena banyak dijual baik di pasar tradisional maupun pasar swalayan supermarket. Pilihlah jenis nanas yang paling anda sukai karena kandungan di dalam berbagai jenis nanas biasanya tidak jauh berbeda. Cara penggunaan nanas dalam diet adalah berikut:

  • Konsumsi langsung. Cara pertama yang bisa anda gunakan adalah dengan memakan langsung buah nanas namun setelah dikupas dan dicuci bersih tentunya. Khasiat yang akan ditemukan dalam konsumsi langsung bisa dirasakan saat itu juga. Anda bisa mengonsumsinya sebelum atau sesudah makan baik pagi atau malam hari sesuai dengan preferensi anda masing-masing.
  • Dijadikan jus. Cara kedua ini bisa anda gunakan jika anda bosan makan buah nanas secara Buah nanas yang dijus ini juga bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis buah-buahan lainnya yang juga enak dan cocok untuk diet. Namun disarankan anda tidak menambahkan gula karena gula malah bisa membuat gemuk. Jika terlalu banyak gula maka usaha anda untuk menurunkan berat badan bisa jadi akan gagal.
  • Mengkombinasikan dengan ayam. Anda juga bisa menambahkan ayam pada saat anda makan nanas karena ayam bisa dijadikan sebagai sumber protein.

Berikut adalah beberapa menu makanan yang bisa anda coba :

  • Makan pagi : oatmeal, yogurt rendah lemak dan nanas
  • Snacking : sandwich roti gandum, 1 butir telur dan 1 gelas jus nanas
  • Makan siang : sup dan ayam bakar
  • Makan malam : nanas dan salad ayam atau ikan

Beberapa cara penggunaan nanas untuk diet ini bisa anda pilih sesuai dengan selera anda masing-masing.

sponsored links

Manfaat Nanas Untuk Kesehatan Lainnya

Selain untuk digunakan sebagai solusi diet, manfaat nanas lainnya ternyata juga sangat banyak diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan sistem metabolisme tubuh

Nanas kaya akan kandungan bromelain yag berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang semakin berbahaya saat ini bagi tubuh. dengan adanya antioksidan alami ini tubuh akan menyerang bakteri, virus dan kuman penyebab penyakit sehingga tubuh tidak akan mudah sakit.

artikel terkait: manfaat naturgo

Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah nanas pun sangat baik untuk kesehatan jantung karena bisa melancarkan peredaran darah terutama yang ada di dalam pembulih arteri. Dengan lancarnya peredaran ini akan membuat jantung menjadi lebih sehat.

artikel terkait: manfaat echo jantung

  • Menjaga kesehatan tulang

Di dalam nanas juga mengandung kalsium dan potassium yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Tulang dan jaringan ikat akan menjadi lebih kuat jika mengonsumsi nanas secara rutin.

artikel terkait: manfaat sumsum tulang sapi

  • Melancarkan pencernaan

Kandungan serat tinggi di dalam nanas juga membuat pencernaan menjadi lebih lancar karena timbunan makanan dalam lambung dan usus tidak akan terjadi.

artikel terkait: manfaat lemak nabati

Peringatan Konsumsi Buah Nanas

Meskipun buah nanas mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan tubuh serta bisa membantu menurunkan berat badan anda dengan mudah. Namun ada beberapa peringatan yang sebaiknya anda tidak mengonsumsi buah nanas ini dalam keadaan tertentu. Sebaiknya anda makan buah nanas setelah perut terisi terutama saat pada saat pagi hari. Mengapa demikian? Karena nanas juga mengandung asam cukup tinggi sehingga jika lambung belum terisi makanan dapat menyebabkan asam lambung naik terutama bagi anda yang memiliki riwayat penyakit maag.

Untuk anda yang saat ini sedang melakukan program hamil dan hamil usia muda juga sebaiknya menghindari buah nanas ini karena dipercaya tidak baik dan bisa membuat perut panas dan akhirnya bisa membuat keguguran meskipun sebenarnya secara medis hal tersebut belum bisa dibuktikan dengan benar. Namun anda sebaiknya mengantisipasi hal tersebut saja. konsumsilah buah nanas dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan anda jangan terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang tidak diinginkan.

artikel terkait: manfaat afolatmanfaat kiranti untuk mencegah kehamilan

Demikian ulasan mengenai manfaat buah nanas untuk diet. Tentu saja menggunakan buah nanas untuk diet ini harus diimbangi dengan pola makan dan menu makanan yang sehat dan seimbang. Selain itu anda juga harus mengimbanginya dengan olahraga rutin supaya hasilnya lebih maksimal.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 26th, May 2016 / 12:51 Oleh :
Kategori : Buah Buahan