8 Manfaat Buah Naga Untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Kolesterol sering di ungkapkan sebagai salah satu musuh jahat yang ada dalam tubuh manusia. Sebab keberadaannya bukan malah menyebabkan manusia sehat. Yang ada semakin banyak penyakit hinggap dalam diri mereka. Misalnya seperti jantung, stroke, darah tinggi dan lain sebagainya. sehingga banyak dari mereka untuk menghindari makanan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

Padahal sebenarnya, kolesterol juga di butuhkan oleh tubuh. Karen pada dasarnya, tidak semua kolestrol ini jahat. Ada pula jenis kolesterol yang baik untuk tubuh. Malah ia sangat di butuhkan oleh tubuh. Dalam pembagiannya, ada pula yang di sebut sebagai kolestrol jahat, dan ada pula yang di sebut dengan kolestrol baik. Yakni mereka yang ada dalam golongan HDL adalah kolesterol baik. Dan mereka yang ada dalam golongan LDL adalah golongan kolestrol jahat. Inilah yang menyebabkan manusia terserang berbagai penyakit dalam tubunya.

Apa yang di lakukan untuk kolesterol jahat?

Tentu saja salah satu upaya yang bisa anda lakukan jika memiliki resiko penyakit kolestrol adalah menjaga kesehatan diri. Misalnya dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kolestrol. Makanan ini pada umumnya bersifat banyak lemak dan bersantan. Selain itu, usahakanlah untuk makan makanan yang sehat. Yakni makanan yang mengandung sedikit saja bahan pengawet. Malah kalau bisa adalah makanan yang alami. Misalnya adalah buah buahan. Salah satu buah buahan yang mengandung rendah kolesterol adalah buah naga.

Buah Naga untuk Kolesterol

Sekarang ini, cukup banyak petani yang mulai melirik perkembangan buah naga sebagai salah satu buah yang cukup patut dibudidayakan. Padahal cara untuk membudidayakannya di nilai cukup mudah, sebanding  dengan hasil yang cukup besar. Jika di nilai dari rasanya, buah ini memang enak untuk langsung di makan atau di buat jus. Bukan saja di nilai dari rasanya, tapi khasiatnya untuk kesehatan tubuh juga cukup mumpuni. Salah satunya adalah dalam pengobatan kolesterol tubuh.

Buah naga merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah hidup di iklim tropis. Misalnya seperti di Indonesia. Jika memang Anda ingin mencoba, maka bisa di aplikasikan dengan menanamnya di belakang pekarangan rumah. bisa juga di coba di tanam di samping samping rumah yang berperan sebagai tanaman hias. Cukup menarik bukan, jika tanaman  ini bukan hanya berguna untuk kesehatan tapi juga menambah nilai estetika rumah anda.

  1. Untuk kesehatan jantung

Buah ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan cukup rendah lemak. Sehingga di nilai cukup baik untuk menjaga kesehatan anda. Kandungannya yang rendah kolesterol memang membuat buah naga menjadi salah satu makanan yang pas untuk pasien penderita penyakit jantung.

  1. Untuk kesehatan pembuluh darah

Selain berguna untuk jantung, buah naga juga memberikan manfaat untuk pembuluh darah. Pasalnya buah ini di nilai cukup bersih dan bebas dari pengaruh lemak jenuh. Makanya buah ini memang aman dan sehat untuk di konsumsi oleh penderita penyakit jantung. Karena di nilai bersih, maka buah ini juga tidak akan berpotensi untuk menyumbat pembuluh darah manusia. Bahkan boleh jadi malah melancarkan pembuluh darah yang mengganggu.

  1. Mengikat kolesterol tubuh

Mengapa banyak orang tua dan gemuk sangat menyukai buah naga? Selain di nilai dari rasanya yang enak, buah ini mampu memberikan manfaat lain. Salah satunya adalah manfaat buah naga untuk menurunkan kolesterol yakni karena mampu mengikat kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Jika keberadaan kolestrol ini tetap ada di dalam tubuh, bisa mengganggu sistem metabolisme dan peredaran darah. Efek jangka panjangnya adalah menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Hal ini di karenakan kolesterol jahat tadi akan meninggalkan plak pada pembuluh darah. Sehingga darah yang harusnya bisa mengalir sampai ke otak, malah tersumbat. Maka ia akan terkena penyakit stroke. Sedangkan jika plak tadi malah menyumbat pembuluh darah yang mengalir ke jantung, maka akan terkena penyakit jantung.

  1. Menyeimbangkan kadar gula dalam darah

Bagi penderita penyakit gula, akan sangat berhati hati dengan makanan yang hendak di konsumsinya. Pasalnya tidak semua makanan yang ada di hidangan meja bisa di konsumsi. Bahkan nasi dan jagung saja harus berada dalam batas konsumsi tertentu. Inilah dilema dari para penderita penyakit gula darah atau diabetes. Tapi tenang saja, sebab mereka tetap boleh untuk mengkonsumsi buah naga. Pasalnya buah ini memberikan khasiat cukup baik untuk tubuh. Salah satunya adalah mampu menyeimbangkan kadar gula yang ada di dalam tubuh.

  1. Baik untuk menetralkan racun

Manfaat dari buah naga bukan hanya sebatas itu saja. Namun juga mampu untuk membantu mengembalikan keadaan normal kadar gula yang ada di dalam darah. Sebab jika kadar gula ini meninggi, resiko terkena penyakit yang berhubungan dengan kolestrol juga meninggi. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi buah naga cukup di perlukan. Sebab selain mampu mengembalikan keadaan kadar gula darah dalam batas normal, juga mampu menetralkan racun. Ini sangat penting dan berguna bagi mereka yang memiliki masalah kolestrol cukup serius.

  1. Kaya akan serat

Buah naga juga merupakan salah satu buah yang baik untuk pencernaan. Pasalnya buah ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. bahkan dalam jumlah 100 gram buah naga, mampu memiliki kandungan sera sebanyak 0,7 gram sampai dengan 0,9 gram serat. Ini akan sangat membantu dalam hal menurunkan berat badan anda. tentu saja sangat membantu untuk menurunkan kadar lemak dan kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh.

  1. Mampu mengikat asam empedu

Selain itu, buah naga juga memberikan manfaat dan khasiat lain. Yakni kandungannya mampu untuk mengikat asam empedu yang ada di dalam tubuh anda. asam empedu ini merupakan bentuk dari produk akhir dari kolestrol jahat atau LDL. Nantinya ketika asam empedu ini berhasil di ikat, akan di keluarkan dari tubuh bersama tinja melalui anus anda. makanya jika semakin banyak anda mengkonsumsi buah ini, semakin banyak pula asam empedu yang bisa di ikat oleh tubuh.

  1. Membantu menjaga keseimbangan tubuh

Yang paling penting dari khasiat buah naga ini adalah mampu menjaga sistem keseimbangan dalam tubuh. Makanan ini akan memperbaiki sistem dan metabolisme tubuh yang sekiranya tidak berjalan dengan baik. Memang bukan memperbaiki semuanya. Namun beberapa sistem tubuh yang rusak atau tidak berjalan baik karena adanya kolestrol jahat dalam tubuh.

, ,
Post Date: Monday 22nd, February 2016 / 07:38 Oleh :
Kategori : Buah Buahan