Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Buah Naga untuk Kesuburan dan Kesehatan

Sponsors Link

Keberadaan buah naga di Indonesia memang baru terkenal paling tidak selama 8 tahun terakhir. Kepopuleran buah naga ini semakin menjadi-jadi karena warnanya yang apik dengan kulit buahnya yang menarik. Buah yang berasal dari daerah amerika utara dan meksiko ini termasuk dalam jenis kaktus sehingga lebih cocok ditanam di daerah yang kering dan tidak mengandung banyak air. Buah naga ini menjadi salah satu buah sacral yang selalu ada di dalam berbagai peringatan upacara keagamaan di china. Hal ini disebabkan karena bentuknya yang seperti naga dimana naga merupakan salah satu hewan legendaries di china yang sangat diagungkan.

Seiring dengan perkembangan zaman, buah naga tidak hanya dijadikan sebagai hiasan dan makanan persembahan kepada dewa saja namun juga digunakan sebagai buah yang menjadi salah satu obat herbal alami. Bahkan para dokter juga sering merekomendasikan buah naga sebagai konsumsi untuk mengatasi permasalahan kesehatan terutama untuk menyembuhkan luka pasca operasi supaya cepat kering. Buah naga ini mengandung banyak air sehingga tidak mudah busuk sehingga anda dapat lebih lama menyimpannya dan bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan kesukaan anda seperti salad, sup, jus dan lainnya.

Jenis buah naga sampai saat ini setidaknya ada empat jenis yaitu buah naga daging putih, buah naga daging merah, buah naga daging sangat merah (hampir ungu) dan buah naga dengan kulit kuning yang memiliki daging putih. Dari keempat jenis buah naga yang ada ini, di Indonesia ada dua jenis yang paling banyak ditemukan yaitu buah naga yang kulitnya merah namun memiliki daging berwarna merah dan putih seperti bendera Indonesia.

artikel terkait manfaat buah naga:

Buah naga merah untuk meningkatkan kesuburan

Saat ini sudah banyak beredar kabar bahwa buah naga merah mampu menambah kesuburan baik laki-laki maupun wanita. Apakah hal tersebut benar adanya atau hanya gossip belaka? Ya di dalam buah cantik dan menarik ini memang dipercaya mampu menambah kesuburan karena mengandung vitamin E cukup tinggi. seperti yang anda tahu juga bahwa vitamin E termasuk salah satu zat yang mampu mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang.

Bukan hanya untuk kesuburan atau mereka yang sedang dalam program kehamilan saja lho, ternyara buah naga juga sangat baik untuk mereka yang sedang hamil. Apa saja manfaat buah naga merah untuk kehamilan? Simak berikut ini.

  • Kaya serat dan asam folat

Di dalam buah naga memiliki kandungan utamanya yaitu karoten, serat dan asam folat yang sangat baik untuk perkembangan janin di dalam kandungan serta untuk kesehatan ibu hamil. Seperti yang diketahui bahwa asam folat merupakan zat yang sangat penting untuk perkembangan dan pembentukan sel otak sehingga meminimalisirkan resiko bayi lahir cacat. Asam folat juga sangat baik untuk kesehatan ibu karena membuat ibu tidak mudah lelah. (artikel terkait: manfaat madu untuk kesuburan)

  • Sumber energi

para ibu hamil membutuhkan tenaga ekstra dua kali lipat dari orang yang tidak hamil karena dirinya sedang menghidupi dua nyawa sekaligus dan untuk membantu memenuhi kebutuhan energi ini bisa menggunakan buah naga merah karena mengandung karbohidrat tinggi. (artikel terkait: manfaat air kelapa bagi kesuburan)

  • Kalsium dan fosfor

Kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi di dalam buah naga merah juga akan membuat pertumbuhan tulang dan gigi bayi menjadi lebih optimal. Manfaat kalsium dan fosfor ini juga sangat baik untuk sang ibu lho, jadi tulang ibu ketika hamil akan lebih kuat terutama tulang panggul dan punggung yang mungkin akan terasa sakit ketika hamil terutama saat bayi memiliki berat yang cukup banyak. Jadi ibu lebih kuat dan fit saat hamil. (artikel terkait: manfaat kayu manis untuk kesuburan)

  • Vitamin B1

Vitamin B1 di dalam buah naga merah juga sangat baik untuk pertumbuhan bayi, melancarkan pencernaan, membantu menyerap protein dalam makanan dan mengubah karbohidrat menjadi energi. (artikel terkait: manfaat natur E)

  • Vitamin C

Vitamin dapat digunakan sebagai sumber antioksidan alami bagi tubuh sehingga akan membuat anda tidak mudah sakit. Jika tubuh tidak mudah sakit maka akan lebih mudah dalam proses pembuahan sel telur. Sel telur juga akan lebih sehat dan mudah dibuahi oleh sperma atau dengan kata lain anda akan menjadi lebih subur dan gampang memiliki momongan. Bukan itu saja manfaat lainnya dari vitamin C adalah mampu membuat kulit menjadi lebih sehat dan cerah karena mampu mengganti regenerasi sel menjadi sel yang lebih baik dan lebih sehat.

artikel terkait: manfaat kecambah untuk kesuburan

  • Memperlancar BAB

Kandungan serat dalam buah naga yang tinggi dapat membantu memperlancar buang air besar atau mengatasi sembelit. BAB yang lancar sangat penting untuk kesehatan tubuh karena tidak ada kotoran yang menumpuk di dalam usus yang berpotensi menjadikan bibit penyakit lainnya yang lebih serius misalnya saja kanker usus besar. Anda yang sedang dalam program hamil juga sebaiknya memiliki pencernaan lebih lancar supaya sel telur lebih siap dibuahi oleh sperma.

Setelah anda mengetahui apa saja manfaat dari buah naga merah tentu saja anda sudah tidak ragu lagi bukan untuk mengonsumsi buah naga merah? Ada banyak kandungan nutrisi dan gizi yang sangat penting untuk meningkatkan kesuburan bagi anda wanita dan pria.

artikel terkait: manfat jelly gamatmanfaat toge untuk kesuburanmanfaat kecambah

Langkah penting untuk meningkatkan kesuburan

Berbicara mengenai kesuburan berarti membicarakan masalah kualitas sel telur dan sperma. Baik sel telur maupun sperma terus diproduksi setiap harinya terutama pada wanita lebih pada masa subur. Namun terkadang sel telur dan sperma yang diproduksi tidak maksimal atau tidak sehat sehingga kurang bisa berkembang atau tidak bisa menjadi benih janin. Untuk meningkatkan kesuburan maka perlu dilakukan beberapa hal termasuk gaya hidup dan asupan makanan. Bukan hanya mengonsumsi buah naga merah saja yang bisa meningkatkan kesuburan namun juga perlu dilakukan beberapa langkah supaya hasilnya lebih optimal. Berikut ini adalah beberapa langkah meningkatkan kesuburan.

  • Selalu mengonsumsi makanan sehat

Asupan makanan memang penting untuk masalah kesuburan. Anda yang sedang meningkatkan kesuburan sebaiknya memperhatikan beberapa asupan makanan seperti makanan yang mengandung asam folat tinggi seperti jagung, kacang hijau, papaya, jeruk dan buah naga. Selain itu makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti bayam juga bisa meningkatkan kesuburan. Jangan lupa konsumsi juga makanan yang mengandung vitamin E tinggi karena juga bagus untuk kesuburan. (artikel terkait: manfaat ever E)

  • Memiliki aktifitas yang tetap dan rutin

Biasakan diri untuk melakukan aktivitas fisik dan otak. Hal ini disebabkan karena menurut penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa orang yang memiliki aktivitas tetap dan rutin akan memiliki kesuburan lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang kurang melakukan aktivitas. (artikel terkait: manfaat semangka)

  • Menjaga kualitas istirahat

Meskipun anda memiliki aktivitas yang tetap dan rutin namun anda juga harus tetap menjaga kualitas istirahat. Istirahat itu sangatlah penting terutama bagi kesehatan dan juga menghindarkan anda dari stress. Stress bisa mengurangi kesuburan anda. (artikel terkait: 17 manfaat gingseng untuk kesehatan dan kesuburan pria)

  • Hindari alkohol dan rokok

Jika ada yang bilang bahwa alkohol dan rokok itu tidak baik maka itu memang benar adanya. Alkohol dan rokok mampu mengurangi kesuburan baik anda pria maupun wanita. Jadi sebaiknya anda tidak mengonsumsi alkohol, rokok serta obat-obatan terlarang ya. (artikel terkait: manfaat rebusan kayu manis)

Demikian informasi mengenai manfaat buah naga merah untuk kesuburan. Semoga bermanfaat

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 02nd, June 2016 / 08:37 Oleh :
Kategori : Buah Buahan