Sponsors Link
     Sponsors Link

4 Manfaat Buah Naga Untuk Penderita Diabetes

Sponsors Link

Buah naga merupakan jenis buah yang saat ini masih sangat populer di Indonesia. hal ini tidak lepas dari bentuk fisiknya yang unik karena memang kulitnya nampak seperti sisik naga dan penampakan buahnya dengan biji hitam halus di buahnya yang memiliki warna warni cantik seperti merah cerah, ungu, putih dan kuning. Buah naga ini sudah menjadi salah satu buah yang wajib ada di berbagai perayaan orang china dan Vietnam oleh karena itu di Indonesia pun saat ini buah naga menjadi populer.

Buah naga menjadi salah satu jenis buah yang wajib ada di berbagai jenis perayaan keagamaan di china karena masyrakat china sangat percaya dengan adanya legenda naga sehingga buah naga pun harus ada. Namun ternyata bukan hanya bentuk fisiknya saja yang unik dari buah naga ini, kandungan nutrisi yang ada di dalam buah naga pun sangat baik bagi tubuh lho. Masyarakat china yang juga kental dengan pengobatan herbalnya ini juga telah lama tahu bahwa manfaat buah naga ini cukup besar sehingga mereka sangat suka mengonsumsi buah naga.

artikel terkait manfaat buah naga:

Manfaat buah naga untuk diabetes

Salah satu manfaat buah naga yang paling dicari oleh banyak orang akhir-akhir ini adalah manfaatnya untuk mengobati penyakit diabetes. Hal ini tentu saja tidak mengherankan karena penyakit diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak di derita oleh masyarakat Indonesia. penyakit diabetes merupakan penyakit dimana terjadi penumpukan atau kelebihan kadar gula dalam darah sehingga membuat kinerja dari hormone insulin, hormone yang mengubah zat glukosa menjadi energi yang terletak di pancreas menjadi over drive dan akhirnya mengalami gangguan. Karena hal inilah kemudian gula menjadi menumpuk dan menjadi penyakit karena tidak bisa diolah menjadi tenaga dan dinamakan dengan penyakit diabetes. (artikel terkait: manfaat biji rambutanmanfaat daun sirsak untuk diabetes)

Ada beberapa jenis penyakit diabetes seperti penyakit diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 yang ada saat ini. untuk membantu meredakan penyakit diabetes ini bisa dibantu dengan konsumsi buah naga. Buah naga memiliki berbagai jenis kandungan dan zat yang sangat penting bagi tubuh seperti vitamin C, beta karoten, serat, karbohidrat namun buah naga ini rendah kalori jadi sangat sehat dan cocok bagi anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Mengapa buah naga baik untuk diabetes?

Ada beberapa penjelasan yang telah dilakukan penelitian ilmiah sebelumnya oleh para pakar yang menunjukkan mengapa buah naga sangat baik untuk para penderita diabetes, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kaya akan nutrisi dan gizi

Buah naga mengandung banyak nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan adanya berbagai jenis kandungan zat nutrisi yang ada di dalam buah naga inilah yang membuat banyak orang percaya bahwa buah naga mampu menurunkan kadar gula darah, membantu mengurangi kolesterol dalam darah serta mengandung banyak antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit. Biji buah naga yang berbintik hitam seperti biji selasih ini kaya akan omega 3 yang membuat kesehatan saraf terjaga serta daging buahnya kaya akan zat magnesium dan kalsium yang sangat baik bagi kesehatan tulang. (artikel terkait: manfaat buah cecendet)

2. Terbukti ilmiah menurunkan kadar gula

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh universitas putera Malaysia menemukan hasil yang cukup mengejutkan dimana sebanyak 20 sampel penderita diabetes di usia 40 – 55 tahun, setengah sampel diberikan konsumsi buah naga sedangkan setengahnya diberikan obat kimia penurun gula darah. hasil yang didapatkan adalah ternyata dengan mengonsumsi buah naga secara rutin selama 7 minggu hasilnya lebih baik dalam menurunkan kadar gula darah dibandingkan dengan mengonsumsi obat kimia penurun kadar gula. Dengan ini para penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang memiliki ketergantungan terhadap suntikan insulin dapat diminamisirkan. (artikel terkait: manfaat chia seed)

sponsored links

3. Mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL)

Buah naga juga mengandung zat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dimana kolesterol tinggi dalam darah juga akan memperparah keluhan diabetes yang sedang diderita. Dengan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh juga secara tidak langsung akan membantu tubuh memaksimalkan kinerjanya sehingga mampu menurunkan kadar gula darah lebih cepat dan lebih baik. (artikel terkait: manfaat gula aren)

4. Mengandalikan jumlah insulin

Banyak dokter yang menyarankan pasien penderita diabetes untuk mengonsumsi buah naga secara rutin karena mampu mengendalikan kadar gula dalam darah. manfaat lainnya dari kandungan dalam buah naga adalah mampu mengendalikan kadar insulin sehingga lebih tepat saat mengolah jumlah kadar gula yang ada dalam tubuh. jadi dengan besarnya manfaat dari buah naga untuk diabetes ini, apakah anda masih ragu untuk mengonsumsi buah naga?

5. Buah naga mudah ditemukan

Untuk menemukan buah naga saat ini sangat mudah karena sudah banyak tersedia di pasar baik itu di pasar tradisional maupun pasar modern supermarket. Buah naga pun harganya saat ini sudah cukup terjangkau berbeda dengan dulu pada awal kemunculannya yang membuat buah naga ini menjadi salah satu buah mahal. Budidaya buah naga di Indonesia pun sudah mulai dikembangkan jadi tidak perlu mengandalkan stok dari impor. Selain itu manfaat buah naga juga bukan hanya semata untuk mengatasi penyakit diabetes saja lho namun juga bermanfaat untuk kesehatan penyakit lainnya.

(artikel terkait: manfaat olahraga untuk diabetesmanfaat cabe bagi penderita diabetesmanfaat mahkota dewa untuk diabetes)

Pola Makan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Selain mengonsumsi buah naga sebagai salah satu cara untuk mengatasi penyakit diabetes, anda yang menderita diabetes juga sangat disarankan untuk menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat supaya bisa lebih maksimal menurunkan kadar gula. Jadi percuma saja anda makan buah naga dalam jumlah banyak namun asupan makanan lainnya tidak diperhatian. Lalu apa saja yang harus dilakukan para penderita diabetes?

  • Olahraga

Para pakar kesehatan akan selalu menyarankan anda untuk selalu rajin berolahraga karena penderita diabetes memang harus mengontrol berat badannya. Berat badan yang berlebih atau obesitas dapat memperparah penyakit diabetes  yang diderita. Penurunan berat badan pada orang obesitas dapat menurunkan 5 hingga 10% diabetes yang dideritanya. Untuk lebih lanjut anda bisa berkonsultasi masalah ini dengan dokter ya supaya lebih tepat. (artikel terkait: manfaat nasi jagung)

  • Mengatur pola makan

Makanan merupakan faktor paling penting yang harus diperhatikan oleh para penderita diabetes meskipun olahraga juga penting. Sebenarnya tidak ada pola makanan yang khusus atau spesial bagi penderita diabetes ini. makanan yang dikonsumsi sama dengan makanan sehat dan ideal yang disarankan pada umumnya yaitu meliputi makan makanan yang mengandung nutrisi tinggi, makanan yang rendah kalori dan makanan yang rendah lemak. Untuk para penderita diabetes harus sangat memperhatikan asupan karbohidratnya karena karbohidrat ini mengandung banyak kalori dan gula. (artikel terkait: manfaat daun afrika untuk diabetes)

  • Cermat dengan yang manis

Yang manis memang enak namun untuk anda para penderita diabetes dan untuk anda yang sedang mencegah diabetes sebaiknya lebih cermat pada makanan manis yang anda makan. Makan manis tidak dilarang namun sangat disarankan untuk tidak berlebihan karena tidak baik bagi tubuh. (artikel terkait: manfaat melon untuk diet)

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 08th, June 2016 / 05:32 Oleh :
Kategori : Buah Buahan