Sponsors Link

12 Manfaat Buah Naga Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sponsors Link

Siapa yang tidak kenal dengan buah naga? Buah yang tergolong mahal ini dikenal memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, campuran antara rasa manis dan asam sehingga menjadi favorit bagi banyak orang. Selain rasanya yang enak buah ini juga terkenal akan kandungan nutrisinya yang sangat baik bagi kesehatan. Umumnya kita mengenal buah naga sebagai buah dengan kulit berwarna merah dengan campuran warna hijau pada bagian sisiknya. Daging buahnya ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna merah. Namun ternyata ada pula buah naga yang berwarna kuning dengan daging buah berwarna putih yang memang masih langka di Indonesia sehingga masih jarang kita temui. Daging buah naga terasa lembut dengan biji-biji kecil hitam yang biasanya ikut dimakan.

ads

Baca juga:

Buah naga yang daging buahnya berwarna putih disebut juga dengan buah naga putih. Jenis buah naga ini cukup mudah untuk dibudidayakan, dikembangkan di pot biasa pun buah ini dapat tumbuh dengan subur. Buah naga putih memiliki kandungan air yang lebih sedikit serta memiliki rasa asam yang lebih kuat dan tidak terlalu manis seperti buah naga merah. Selain itu harganya juga lebih murah dan lebih mudah didapatkan di pasaran. Meskipun demikian buah ini tidak kalah bergizi dan bermanfaat dari buah naga merah. Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang lengkap diantaranya karbohidrat, serat, antioksidan, protein, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

Baca juga:

Manfaat Mengonsumsi Buah Naga Putih

Dengan segudang nutrisi yang dikandungnya buah naga putih layak menjadi pilihan buah harian kita. Dengan mengonsumsi buah naga putih ada banyak manfaat yang bisa didapatkan diantaranya:

  1. Menurunkan kadar gula darah

Bagi penderita diabetes kestabilan gula darah merupakan sesuatu yang harus dijaga dengan hati-hati. Hal ini menyebabkan penderita diabetes sangat membatasi asupan makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Untuk itu buah naga putih dapat menjadi salah satu solusi bagi penderita diabetes. Selain dapat memberikan rasa manis buah ini juga dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga membantu penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula darahnya.

Baca juga: manfaat daun sambiloto untuk diabetes – manfaat pare

  1. Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh menjadi momok dan dianggap sebagai sumber berbagai penyakit berbahaya sehingga bermunculan berbagai obat, nutrisi, atau suplemen yang mengklaim dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Namun ternyata ada cara untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh secara sederhana dan murah yaitu dengan mengonsumsi buah naga putih. Sudah rasanya enak, menyehatkan pula.

Baca juga: manfaat daun sirsak untuk kolesterol – manfaat okra untuk kolesterol

  1. Mencegah tumor dan kanker

Tumor dan kanker telah lama menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Jika mendengar kata kanker seolah tidak ada lagi harapan hidup. Untuk itu hal terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan pencegahan, salah satunya dengan mengonsumsi buah naga putih ini. Kandungan antioksidan alaminya sangat baik untuk menangkal atau menghambat perkembangan radikal bebas yang merupakan pemicu timbulnya kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Daripada mengonsumsi berbagai suplemen yang mengandung antioksidan lebih baik mengonsumsi buah naga putih yang secara alami sudah mengandung antioksidan.

Baca juga: manfaat buah mengkudu

  1. Memelihara kesehatan mata

Selama ini kita mengenal wortel sebagai buah yang sangat baik untuk memelihara kesehatan mata. Namun ternyata buah naga putih juga memiliki khasiat yang sama. Jadi jika anda merasa bosan mengonsumsi wortel maka buah naga putih dapat menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan mata.

Baca juga: manfaat wortel

  1. Memelihara kesehatan mulut

Sebagai bagian dari organ pencernaan kesehatan mulut sangat penting untuk kita jaga. Dengan kandungan vitamin C pada buah naga putih dapat membantu menjaga kesehatan mulut sehingga mulut sehat dan pencernaan pun lancar.

Baca juga: manfaat air garam untuk mulut

  1. Memelihara kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital manusia yang memiliki peran sangat penting sehingga kesehatannya mesti terjaga. Selain rasanya enak ternyata buah naga putih juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: manfaat buah melon

  1. Melancarkan pencernaan

Sebagaimana buah dan sayuran pada umumnya buah naga putih juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

Baca juga: manfaat apel

  1. Menghindarkan ibu hamil dari pendarahan

Pendarahan merupakan hal yang sangat dihindari oleh ibu hamil karena sangat berbahaya bagi kesehatan ibu maupun janin. Oleh karena itu ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga putih yang bermanfaat untuk mencegah timbulnya pendarahan.

Baca juga: manfaat daun suji

  1. Menghindarkan ibu hamil dari anemia

Selain pendarahan penyakit anemia juga sangat rentan menghinggapi ibu hamil. Oleh karena itu ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, salah satunya buah naga putih.

Baca juga: manfaat telur untuk anemia

  1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium dan fosfor pada buah naga putih sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Pada anak-anak diperlukan sebagai pendukung untuk masa pertumbuhan sementara pada orang dewasa diperlukan untuk memelihara kesehatan tulang dari berbagai penyakit seperti osteoporosis. Oleh karena itu buah naga putih sangat dianjurkan untuk semua kalangan umur.

Baca juga: manfaat susu – manfaat anggur untuk gigi

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Bakteri dan virus tersebar di sekitar kita dan tidak mungkin untuk dihindari. Yang dapat kita lakukan hanyalah membentengi diri dari berbagai sumber penyakit tersebut dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi buah naga putih. Kandungan vitamin C nya sangat baik dan ampuh untuk memerangi berbagai bakteri dan virus jahat.

Baca juga: manfaat madu

  1. Mencegah penuaan dini

Antioksidan pada buah naga putih tidak hanya baik untuk mencegah tumor dan kanker tetapi juga sangat baik untuk memelihara kecantikan. Antioksidan terkenal dapat mencegah timbulnya gejala penuaan dini seperti kerutan pada wajah. Dengan rajin mengonsumsi buah naga putih wajah anda akan mulus dan bebas dari kerutan sebelum waktunya.

Baca juga: 42 manfaat kulit manggis bagi kesehatan

Itulah diantara manfaat yang dapat kita peroleh dari mengonsumsi buah naga putih. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah sesuai selera. Contohnya dibuat jus dengan menambahkan buah-buahan lain atau sedikit pemanis. Namun tetap harus diperhatikan tambahan gula atau pemanis lain seperti susu dan coklat ke dalam jus jangan terlalu berlebihan agar mendapatkan manfaat buah ini secara maksimal. Terutama bagi penderita diabetes sebaiknya tidak perlu menambahkan pemanis lain ketika mengonsumsi buah naga putih.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 13th, April 2017 / 09:00 Oleh :
Kategori : Buah Buahan