Sponsors Link

7 Manfaat Buah Naga Merah untuk Diet, Kesehatan, dan Kecantikan

Sponsors Link

Buah naga merupakan buah asal negara Meksiko yang diimpor ke Indonesia. Rasanya yang enak berupa campuran rasa manis dan asam serta kekayaan manfaatnya membuat buah ini digemari oleh masyarakat meskipun harganya cukup mahal dibandingkan buah-buah yang lain. Melihat peminatnya yang semakin besar kini buah naga juga sudah mulai dikembangkan di Indonesia sehingga untuk mendapatkannya tidak perlu jauh-jauh mendatangkannya dari negara lain.

ads

Artikel terkait:

Buah yang juga dikenal dengan nama pitaya ini tersedia dalam beberapa varian salah satunya buah naga merah yang memiliki daging buah berwarna merah dengan biji-biji kecil berwarna hitam. Buah naga merah memiliki rasa yang lebih manis dan mengandung lebih banyak air daripada buah naga putih sehingga dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Selain rasanya yang enak buah naga merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan sehingga tidak rugi rasanya menghabiskan uang untuk membeli buah ini. Kekayaan manfaat buah naga merah didukung oleh kandungan nutrisinya yang lengkap seperti vitamin C, B1, B12, B3, kalsium, fosfor, antioksidan, betakaroten, dan lain sebagainya.

Artikel terkait:

Buah Naga Merah untuk Diet

Salah satu manfaat buah naga yang disukai terutama oleh kaum hawa adalah untuk diet. Ya, kelebihan berat badan menjadi masalah besar bagi kaum hawa. Mereka rela melakukan berbagai cara untuk mendapatkan tubuh langsing ideal. Mulai dari melakukan berbagai jenis olahraga, diet super ketat, mengonsumsi berbagai jenis obat, hingga melakukan sedot lemak. Daripada repot-repot melakukan hal-hal berat dan sebagian cukup berbahaya lebih baik melakukan diet sehat dan enak dengan mengonsumsi buah naga merah.

Artikel terkait:

Buah naga merah dikenal memiliki kandungan serat yang sangat tinggi namun berkalori rendah, dalam 100 gram buah naga merah hanya terkandung 60 kkal. Hal ini menjadikan kita merasa kenyang lebih lama tanpa perlu asupan kalori yang tinggi sehingga tidak terjadi penumpukan kalori yang berlebihan dalam tubuh. Karena pada dasarnya diet adalah mengatur pola makan bukan mengurangi porsi makan.

Artikel terkait: manfaat serat

Selama ini mungkin masih banyak yang salah kaprah dan mengalami gagal diet karena menjalani diet yang tidak benar. Salah satunya yang banyak terjadi adalah dengan mengurangi porsi makan menjadi sangat sedikit, dari satu piring menjadi seperempat piring, dari tiga kali sehari menjadi dua kali sehari. Akibatnya kita tidak merasa kenyang dan ketika rasa lapar sudah tidak tertahankan justru makan dengan membabi buta. Alhasil bukannya kurus justru berat badan semakin naik.

Padahal diet sebenarnya adalah mengatur pola makan sehingga kalori yang masuk ke tubuh sesuai dengan energi yang dikeluarkan serta dapat membakar sedikit demi sedikit lemak yang menumpuk dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan memilih makanan-makanan kaya serat seperti buah naga merah yang membuat kita merasa kenyang lebih lama namun berkalori rendah. Kandungan serat yang tinggi pada buah naga merah juga sangat baik bagi pencernaan sehingga pencernaan lancar dan proses penyerapan sari-sari makanan menjadi maksimal.

Artikel terkait: manfaat kalori bagi tubuh manusia

Buah naga merah untuk program diet dapat dikonsumsi secara langsung. Atau jika merasa bosan bisa diolah seperti dijadikan jus serta ditambahkan buah lain atau susu sehingga menambah cita rasanya. Namun perlu diperhatikan jenis buah-buahan yang dicampurkan sebaiknya jangan yang berkalori tinggi. Dan jika menambahkan susu sebagai pemanis sebaiknya dengan kadar yang sedikit atau menggunakan susu rendah lemak. Jangan malah menambahkan banyak pemanis seperti coklat, gula, dan susu sehingga bukannya kurus malah semakin menambah berat badan.

Artikel terkait:

Selain itu yang patut diperhatikan bagi kesuksesan program diet adalah konsistensi, olahraga, dan gaya hidup sehat. Meskipun asupan makanannya sudah benar dan terkontrol namun tanpa olahraga teratur dan gaya hidup sehat maka keberhasilan program diet sulit dicapai. Untuk itu sediakanlah waktu untuk berolahraga dan mulailah bergaya hidup sehat seperti tidur yang cukup, berpikir positif, dan lain sebagainya. Semua hal tersebut harus dilakukan secara konsisten sehingga didapatkan hasil yang diinginkan.

Manfaat Buah Naga Merah Lainnya

Selain untuk diet buah naga merah juga sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh mulai dari kesehatan mata, tulang, pencernaan, hingga mengatasi penuaan dini. Berikut diantara manfaat buah naga merah untuk kesehatan dan kecantikan:

  1. Mengontrol kadar gula darah

    Bagi penderita diabetes sangat penting mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Untuk itu penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga merah karena kandungan vitamin B3 nya dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

    Artikel terkait: manfaat pare – manfaat buncis

  2. Menyehatkan mata

    Seperti wortel buah naga merah juga memiliki kandungan betakaroten yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Dengan rutin mengonsumsi buah naga merah baik secara langsung atau diolah terlebih dahulu anda akan mendapatkan mata sehat dan jernih.

    Artikel terkait: manfaat wortel – manfaat buah melon

  3. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

    Kalsium dan fosfor merupakan asupan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh untuk kesehatan tulang dan gigi. Baik untuk anak-anak dalam masa pertumbuhannya maupun bagi orang tua untuk menghindarkan mereka dari berbagai masalah tulang dan gigi. Kedua jenis mineral ini dapat ditemukan pada buah naga merah sehingga buah ini layak menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

    Artikel terkait: manfaat cdr

  4. Melancarkan pencernaan

    Kandungan serat yang tinggi pada buah naga merah sangat baik untuk melancarkan pencernaan sehingga menghindarkan kita dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit.

    Artikel terkait: manfaat yakult

  5. Mencegah penuaan dini

    Berbagai polusi di sekitar kita serta gaya hidup yang buruk dapat menyebabkan berkembangnya radikal bebas di dalam tubuh sehingga memicu terjadinya penuaan dini. Hal ini dapat dicegah dengan mengonsumsi buah naga merah secara rutin. Kandungan antioksidan alaminya sangat baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

    Artikel terkait: manfaat antioksidan

  6. Mencegah penyakit kanker

    Kandungan antioksidan pada buah naga merah juga sangat baik untuk mencegah berkembangnya sel-sel kanker. Jika anda ingin terhindar dari penyakit berbahaya ini ada baiknya mengonsumsi buah naga merah secara rutin.

    Artikel terkait: manfaat buah mengkudu

  7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Sistem kekebalan tubuh yang baik akan melindungi tubuh dari berbagai infeksi penyakit. Untuk itu penting bagi kita untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi buah naga merah yang kaya akan vitamin C dan berbagai nutrisi lainnya.

    Artikel terkait: manfaat protein

Dapat dikatakan buah naga merah merupakan buah multi manfaat. Tidak hanya membantu program diet namun juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh. Jadi tunggu apa lagi? Masukkanlah buah naga merah ke dalam menu harian anda dan dapatkan tubuh sehat, langsing, dan cantik.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 13th, April 2017 / 23:30 Oleh :
Kategori : Buah Buahan