Sponsors Link

9 Manfaat Buah Naga Kuning untuk Kesehatan

Sponsors Link

Wilayah Meksiko merupakan tempat di mana Dragon Fruit atau buah naga pertama kali ditemukan. Disebut buah naga karena ciri khas kulit buahnya yang bersisik dengan warna merah cerah. Sisiknya sendiri berwarna hijau dibagian ujung sehingga sangat kontras dengan warna kulit buah. Pohonnya mirip sekali dengan kaktus karena sendirinya memang masih serumpun dengan tanaman itu. Daging buah naga berwarna putih, tebal, dan dipenuhi biji-biji kecil berwarna hitam yang merupakan sumber lemak tak jenuh. Seiring waktu, kini buah naga telah menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

ads

Berkat perkembangan teknologi yang semakin maju, kini berhasil dikembangkan varietas baru dari buah naga. Jika dulu kita hanya mengenal buah naga dengan kulit buah berwarna merah dan daging buah berwarna putih, kini telah dikenal bermacam-macam buah naga yang beragam yakni buah naga merah dengan daging buah yang juga merah, buah naga hitam, dan yang terbaru serta yang paling unik ialah buah naga kuning.

Mengenal Buah Naga Kuning

Selenicereus megalanthus atau buah naga kuning sekarang tengah populer di kalangan masyarakat sebab buah naga satu ini terbilang sedikit lebih istimewa dibandingkan dengan buah naga lainnya. Selain karena perawatan buah yang berbeda, juga karena buahnya sendiri yang lain daripada buah naga lainnya karena ukurannya lebih kecil namun harganya sangat mahal.

Seperti namanya, Buah Naga Kuning; buah satu ini memang memiliki kulit buah berwarna kuning dengan warna daging buah serupa dengan buah naga putih. Biji-bijian hitam pada dagingnya buahnya nampak lebih hitam pekat dan sedikit lebih besar serta padat. Jika buah naga pada umumnya memiliki duri yang hanya berada titik-titik di batangnya, maka buah naga kuning berbeda karena memiliki duri bahkan sampai pada kulit buahnya. Apalagi duri pada kulit buah ini terbilang lebih panjang dan tajam sehingga pemetiknya harus ekstra hati-hati ketika memanennya.

Ukuran buahnya pun tidak sama dengan buah naga pada umumnya. Buah naga kuning cenderung lebih kecil baik dari segi buah maupun batang pohonnya. Jia dibandingkan dengan buah naga lainnya, ukuran buah naga kuning ialah dua kali lebih kecil. Meski ukurannya kecil, buah naga kuning memiliki kelebihan pada rasa buah yang jauh lebih manis dan segar daripada buah naga lainnya. Serta menurut penelitian, kandungan nutrisi buah naga kuning juga lebih banyak dibanding buah naga lainnya. Karenanya, sekali pun buahnya kecil, buah naga kuning memiliki nilai jual yang jauh lebih mahal daripada varietas buah naga lainnya.

Kandungan Nutrisi Buah Naga Kuning

Buah naga kuning memiliki kandungan sakrosa dan fruktosa yang lebih banyak dibanding buah naga lainnya sehingga buah satu ini memiliki rasa yang lebih manis. Buah naga kuning juga memiliki kandungan air tinggi yang membuatnya terasa segar saat dikonsumsi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dan karotin pada buah naga kuning sangat tinggi. Karotin sendiri dipercaya mempunyai manfaat yang jauh lebih baik dibandingkan dengan beta-karotin.

Namun sayang sekali bahwa buah naga kuning masih langka di pasaran. Ini jualah yang menyebabkan harga buah naga kuning lebih mahal karena belum banyak orang yang membudidayakannya. Daging buah naga kuning memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan buah naga lainnya. Karena itu, buah satu ini memiliki manfaat yang lebih banyak juga terutama untuk kesehatan tubuh bahkan untuk kecantikan.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menjaga keseimbangan imunitas tubuh tentu sangat penting agar mencegah tubuh dari terserang berbagai macam penyakit. Mengkonsumsi manfaat buah naga kuning dengan teratur dapat membantu meningkatkan daya tubuh Anda karena kandungan manfaat vitamin C dan manfaat antioksidan yang sangat tinggi, sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit.

2. Mencegah Kanker

Antioksidan selain menjaga keseimbangan imunitas tubuh juga berperan penting dalam mencegah dan mengatasi racun atau polutan yang masun ke dalam tubuh. Racun dan polutan ini merupakan salah satu sumber penyebab penyakit kanker pada manusia. Dengan mengkonsumsi buah naga kuning secara teratur, tubuh Anda akan memiliki tameng yang kuat untuk melawan karsinogen yang masuk.

3. Menjaga kesehatan mata

Buah naga kuning memiliki kandungan vitamin A yang lebih banyak dibandingkan buah naga lainnya. Dimana manfaat vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah dari berbagai gangguan mata yang dapat mengurangi fungsi kerja mata.

4. Meningkatkan nafsu makan

Buah naga kuning memiliki kandungan vitamin B lengkap yang memicu nafsu makan Anda menjadi lebih baik.

5. Mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh

Kolesterol meurpakan lemak jahat yang dapat menyebabkan gangguan pada tubuh terutama pada organ penting seperti jantung, gangguan aliran darah, tekanan darah, bahkan dapat menyebabkan stroke. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengontrol agar kolesterol jahat dalam tubuh tidak berlebih. Buah naga kuning mengandung kadar kolesterol baik yang lebih dibutuhkan oleh tubuh sehingga sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin.

ads

6 Membantu melembabkan kulit

Kadar air yang tinggi pada buah naga kuning ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan organ di dalamnya tetapi juga bermanfaat untuk melembabkan kulit baik dari luar maupun dari dalam. Menjaga kelembaban kulit dari dalam bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah naga secara langsung. Sementara untuk kulit bagian terluar bisa dengan memanfaatkan daging buah naga yang telah diblender, lalu dijadikan sebagai masker dengan terlebih dahulu airnya disaring dari ampasnya. Untuk lebih jelasnya, berikut tips membuat masker buah naga kuning:

  • Siapkan buah naga yang telah dicuci bersih dengan air mengalir.
  • Potong buah menjadi dua bagian, pisahkan dari kulitnya dengan menggunakan sendok.
  • Masukkan daging buah naga kuning secukupnya ke dalam blender.
  • Tambahkan air secukupnya.
  • Blender buah naga kuning sampai terbentuk adonan seperti pasta.
  • Saring buah naga kuning yang telah diblender untuk kemudian diambil ekstraknya.
  • Sebelum mengaplikasikannya, bersihkan bagian wajah, leher, atau lengan terlebih dahulu.
  • Aplikasikan masker buah naga kuning pada wajah, leher, atau tangan dan diamkan sampai mengering.
  • Bilas dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk bersih dan lembut.

Masker ini terutama sekali digunakan pada Anda yang memiliki kulit kering sehingga bisa lebih melembabkan. Cukup lakukan seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang dapat memuaskan Anda.

7. Mencegah penuaan dini

Manfaat buah naga kuning kaya akan kandungan vitamin E yang sangat penting untuk menjaga keremajaan kulit Anda. Manfaat vitamin E dapat mencegah flek di wajah yang merusak keindahan penampilan, mencega kerutan, serta warna kulit yang tidak merata. Selain dengan konsumsi langsung, Anda juga bisa mengaplikasikan masker buah naga kuning yang caranya telah dijelaskan sebelumnya karena masker juga bisa untuk mencegah penuaan dini.

8. Mengatasi masalah jerawat

Untuk mengatasi masalah jerawat, Anda bisa menggunakan masker wajah dari buah naga kuning. Cara pembuatannya sama saja seperti yang telah disebutkan di atas. Hanya saja, untuk mengatasi masalah jerawat ini Anda perlu mengaplikasikan maskernya secara teratur setiap dua hari sekali sampai jerawat benar-benar sembuh.

9. Mengatasi kulit yang terbakar matahari

Tips berikut dapat membantu Anda yang mengalami masalah kulit akibat terbakar sinar matahari :

  • Siapakan Jus buah naga kuning tanpa gula
  • Satu sendok perasan air mentimun
  • Satu sendok makan madu murni

Setelah semua bahan tersedia, Anda hanya perlu mencampurkannya menjadi satu lalu diaduk sampai merata. Oleskan campuran ketiga bahan itu ke bagian kulit yang terbakar matahari. Nantinya memang akan terasa perih tapi jangan langsung Anda bersihkan. Melainkan diamkan olesan sampai mengering atau sampai rasa perihnya menghilang. Setelah selesai, bilas dengan menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk yang bersih.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 18th, March 2016 / 08:56 Oleh :
Kategori : Buah Buahan