Sponsors Link

Manfaat Buah Naga Bagi Penderita Diabetes Kronis dan Akut

Sponsors Link

Buah-buahan telah dikenal mempunyai kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, tak terkecuali buah naga. Buah yang saat ini mulai populer di Indonesia ini memang bukan hanya rasanya yang nikmat dan segar saja, tapi manfaat luar biasa juga bisa anda dapatkan jika mengkonsumsi buah yang disebut juga dengan dragon fruit dalam bahasa Inggris. Lalu, darimanakah buah yang satu ini berasal?

ads

artikel terkait buah naga:

Untuk buah naga sendiri, sebenarnya buah berwarna merah ini berasal dari daerah Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun, dengan kelezatannya, buah naga makin banyak dicari dan dibudidayakan termasuk di daerah Asia yaitu Indonesia. Buah dari jenis kaktus ini memang identik hanya akan tumbuh pada daerah tertentu saja. Akan tetapi, pada faktanya ialah pohon buah naga dapat dibudidayakan dengan mudah yaitu dengan cara distek. Untuk daerah yang bisa ditumbuhi tanaman kaktus buah naga ini pun tidak terbatas hanya daerah di dataran rendah saja, tapi juga daerah yang lebih tinggi pun masih bisa ditumbuhi oleh tanaman kaktus buah naga ini. Dengan begitu, kini, buah naga makin mudah untuk ditemukan di pasar tradisional maupun swalayan di Indonesia.

Kandungan Gizi Buah Naga

Untuk kandungan gizi yang terkandung dalam buah naga, ada banyak sekali vitamin maupun kandungan lain yang pastinya akan sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Berikut adalah daftar kandungan gizi dari buah yang dipercaya orang China sebagai buah yang membawa berkah.

  • Vitamin
    Buah naga sendiri mempunyai berbagai macam vitamin yang pastinya akan sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Ada vitamin A, vitamin B kompleks seperti B1, B2, dan B3, serta vitamin C. Tentu saja, vitamin-vitamin tersebut mempunyai fungsinya masing-masing. Misalnya saja vitamin A dengan beta karotennya baik untuk kesehatan mata. (artikel terkait: manfaat buah naga untuk kolesterolmanfaat buah naga kuning)
  • Kalsium
    Kalsium organik yang terkandung dalam buah naga memang baik untuk tulang. Berbeda dengan kalsium yang biasanya terkandung dalam susu kemasan, kalsium organik tentu saja akan lebih kaya akan manfaat. (artikel terkait: manfaat buah nagamanfaat daun ekor naga)
  • Serat
    Mempunyai serat membuat buah yang satu ini bisa bantu kesehatan pencernaan anda. Seperti yang kita tahu bahwa serat sangat baik untuk melancarkan pencernaan sehingga konsumsi buah naga bisa membantu orang agar pencernaan mereka menjadi lebih baik. (artikel terkait: manfaat mahkota dewa untuk diabetesmanfaat lemon dan madu untuk batuk)
  • Kalori
    Kalori yang terkandung dalam buah naga cukup rendah. Dengan kalori yang rendah, buah naga tidak akan membuat orang mudah gemuk. (artikel terkait: amanfaat cabe bagi penderita diabetes )

Manfaat Buah Naga untuk Penderita Diabetes

ads
Karena kandungan gizi dalam buah naga di atas, ternyata buah yang kaya akan vitamin ini sangat cocok dikonsumsi para penderita diabetes. Hal tersebut disebabkan fungsinya yang bisa membantu para penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula darah. Rasa manis yang bukan dari glukosa dalam buah yang mempunyai warna putih atau pun merah untuk daging buahnya ini akan membantu para penderita diabetes agar mereka bisa tetap menikmati gula alami dari buah naga.

Seperti yang kita tahu bahwa para penderita diabetes memang harus menghindari berbagai makanan manis. Namun, dengan buah naga ini, meskipun terasa manis, tapi glukosa alami yang ada tidak akan membuat gula darah penderita diabetes naik. Kandungan kalori rendah yang ada di buah naga juga sangat baik untuk penderita diabetes karena mereka bisa mengkonsumsi buah yang mempunyai warna daging beragam ini tanpa harus khawatir mengenai jumlah kalori pada buah tersebut.

Selain itu, kandungan vitamin yang ada pada buah naga juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dengan mengkonsumsi buah naga, para penderita akan sangat terbantu sebab kadar gula darah yang tinggi bisa turun. Kemampuan buah ini untuk menurunkan kadar gula darah membuat banyak dokter sangat menyarankan buah naga untuk dikonsumsi oara penderita diabetes. Tentu saja, hal ini sangat baik untuk kesehatan orang yang terkena diabetes sebab buah yang satu ini bisa membantu penderita penyakit diabetes dapatkan kondisi tubuh yang lebih fit.

artikel terkait:

Bukan hanya itu saja, kandungan gizi dalam buah naga juga sangat ampuh untuk mengatur kadar gula darah agar tetap stabil. Kemampuan buah naga untuk mengatur insulin dalam tubuh membuat tubuh penderita diabetes bisa mengatur kadar gula dalam darah dengan baik. Berbicara mengenai hormon insulin sendiri, hormon yang satu ini memang sangat penting untuk tubuh agar bisa mengubah glukosa dalam darah menjadi tenaga. Ketika insulin tersebut tidak bisa diproduksi dengan baik oleh tubuh, inilah yang membuat melonjaknya kadar gula dalam darah. Agar tubuh bisa kembali memproduksi hormon ini dengan baik, salah satu buah yang bisa dikonsumsi dan akan membantu tubuh untuk hasilkan insulin ialah buah naga ini.

Dari penjelasan di atas, itulah beberapa hal terkait yang membuat buah naga menjadi buah yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Kandungan gizi yang terkandung di dalamnya seperti vitamin, serat, dan juga kalori yang rendah membuat buah naga mampu untuk mengontrol dan menurunkan kadar gula darah.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 11th, May 2016 / 03:35 Oleh :
Kategori : Buah Buahan