Sponsors Link

25 Manfaat Buah Matoa Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sponsors Link

Salah satu tumbuhan yang baik buah, daun, maupun batangnya kaya manfaat adalah matoa. Tumbuhan yang termasuk jenis buah-buahan ini memiliki bau yang harum seperti durian serta rasa manis, legit dan menyegarkan seperti rambutan dan kelengkeng. Secara fisik tumbuhan yang memiliki nama latin pometia pinnata ini mirip kedondong, berbentuk bulat oval dengan kulit luar yang licin dan keras serta berwarna coklat kemerahan. Meskipun keras buah ini tetap bisa dibuka dengan tangan kosong. Buah yang berasal dari daerah papua ini dijual dengan harga yang cukup mahal di pasaran yang setimpal dengan kekayaan manfaatnya. Kekayaan manfaatnya ditunjang oleh kandungan nutrisinya yang sangat baik seperti vitamin C dan E serta antioksidan.

ads

Manfaat Buah Matoa

Buah dari tumbuhan matoa enak dimakan sekaligus kaya manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari mengonsumsi buah matoa:

  1. Meningkatkan stamina Berbagai rutinitas sehari-hari serta permasalahan yang dihadapi menguras banyak energi sehingga dibutuhkan istirahat yang cukup dan asupan makanan yang dapat mengembalikan stamina tubuh. Salah satu jenis makanan yang  baik dikonsumsi untuk meningkatkan stamina adalah buah matoa. (Baca juga: manfaat madu)
  2. Mencegah penyakit jantung Koroner Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan konsumsi makanan berkolesterol tinggi dituding sebagai penyebab penyakit jantung Koroner. Untuk mencegah penyakit berbahaya ini ada baiknya anda mengganti camilan keripik anda dengan buah matoa. Manis, segar, dan menyehatkan. (Baca juga: manfaat kacang tanah untuk jantung)
  3. Sumber antioksidan alami Kekayaan antioksidan yang dimiliki buah matoa dapat dijadikan sumber asupan antioksidan alami bagi tubuh. Daripada mengonsumsi suplemen-suplemen antioksidan yang belum diketahui kualitasnya lebih baik mengonsumsi buah alami yang sudah jelas manfaatnya. (Baca juga: manfaat jagung)
  4. Mencegah perkembangan radikal bebas Kandungan antioksidan pada buah matoa sangat bermanfaat untuk menghambat perkembangan radikal bebas di dalam tubuh. Hasilnya tubuh terhindar dari berbagai efek buruk radikal bebas seperti penyakit jantung dan penuaan dini. (Baca juga: manfaat kunyit)
  5. Baik untuk kesehatan kulit Mengonsumsi buah matoa juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Terutama dalam membantu regenerasi sel-sel kulit sehingga sel-sel kulit yang telah mati dapat segera digantikan oleh sel-sel yang baru.
  6. Mencegah dan mengatasi stress Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, mengonsumsi buah matoa ternyata juga sangat baik untuk kesehatan mental. Dimana dengan mengonsumsi buah ini dapat mencegah atau mengatasi stres yang melanda. (Baca juga: 18 manfaat tertawa bagi kesehatan)
  7. Mengobati wasir Penyakit wasir atau ambeien menyerang bagian paling pribadi pada tubuh manusia sehingga tidak hanya menyakitkan namun juga memalukan. Untuk mengobati penyakit ini ada banyak jenis tanaman obat yang dapat digunakan salah satunya buah matoa. (Baca juga: manfaat daun sirsak untuk wasir)
  8. Melancarkan pencernaan Mengonsumsi buah matoa juga sangat baik untuk pencernaan mulai dari pemrosesan makanan, penyerapan sari makanan, hingga pembuangan zat sisa sehingga perut terasa lebih enak dan tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang maksimal. (Baca juga: 12 manfaat buah papaya untuk kesehatan dan kecantikan)
  9. Melembabkan dan menjadikan kulit lebih kenyal Dengan kandungan vitamin E yang sangat tinggi membuat buah matoa sangat baik untuk melembabkan dan menjadikan kulit lebih kenyal. Hal ini didukung oleh kemampuan vitamin E untuk menjaga kadar air pada kulit sehingga kulit terlihat lebih awet muda. (Baca juga: manfaat minya zaitun untuk kecantikan)
  10. Mencerahkan kulit Beberapa anggota tubuh seperti wajah dan tangan biasanya memiliki warna kulit yang lebih gelap karena sering terpapar berbagai polutan dan sengatan sinar matahari. Untuk mengembalikan kecerahan kulit kita dapat memanfaatkan buah matoa yang kaya dengan vitamin C dan E. (Baca juga: manfaat air mawar)
  11. ads
    Mencegah timbulnya jerawat Dengan rajin mengonsumsi buah matoa yang sarat dengan vitamin C dan E juga dapat mencegah timbulnya jerawat sehingga kulit terlihat lebih bersih. (Baca juga: manfaat natur e)
  12. Melindungi kulit dari sinar UV Sinar ultraviolet seperti UVA dan UVB dapat merusak kulit yang tidak hanya mengganggu penampilan tetapi juga menimbulkan penyakit berbahaya seperti kanker kulit. Untuk mencegah hal ini kita mesti melindungi kulit salah satunya dengan mengonsumsi buah matoa. (Baca juga: manfaat tabir surya)
  13. Menetralisir kanker Sel-sel kanker yang menggerogoti tubuh dapat dinetralisir sehingga lebih jinak dan lebih mudah disembuhkan dengan cara mengonsumsi buah matoa. (Baca juga: 15 manfaat keladi tikus untuk kanker dan kesehatan)
  14. Mempercepat penyembuhan luka Konsumsi buah matoa juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka sehingga luka lebih cepat kering dan sehat seperti sedia kala. (Baca juga: 25 manfaat daun binahong)

Manfaat Batang/Kayu Matoa

Batang/kayu matoa juga tidak kalah bermanfaat baik untuk kesehatan atau tujuan lainnya. Berikut beberapa manfaat batang/kayu matoa:

  1. Mengobati luka Luka yang mengenai kulit dapat diobati dengan menggunakan kulit dari kayu matoa. Cara ini digunakan oleh masyarakan Priangan di Jawa Barat.
  2. Mengatasi demam untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi ketika demam kita dapat menggunakan air rebusan kulit dari kayu matoa sebagai air mandi. (Baca juga: manfaat parasetamol)
  3. Bahan bangunan Batang pohon matoa yang cukup besar dan keras dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat rumah atau bangunan, seperti dijadikan tiang rumah.
  4. Bahan pembuat perahu Batang pohonnya yang keras dan kuat juga sangat baik untuk dijadikan bahan dasar pembuatan perahu.
  5. Bahan pembuat mebel Selama ini kita mungkin hanya mengenal kayu-kayu tertentu seperti kayu jati dan trembesi dalam pembuatan mebel. Namun kayu pohon matoa ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan mebel sehingga kita memiliki lebih banyak pilihan dalam membuat mebel. (Baca juga: manfaat rotan bagi kehidupan)
  6. Sebagai kayu bakar Sebagian orang juga kerap menjadikan kayu atau batang matoa sebagai kayu bakar untuk memasak makanan. Menurut mereka rasa masakan yang dihasilkan dari pembakaran kayu bakar lebih enak dan harum daripada menggunakan kompor. (Baca juga: 10 manfaat kayu jati bagi kehidupan manusia)
  7. Sebagai arang untuk memanggang Selain itu kayu pohon matoa juga bisa dijadikan sebagai arang yang dimanfaatkan ketika memanggang makanan seperti memanggang udang, ikan, atau kepiting. (Baca juga: manfaat arang)

Manfaat Daun Matoa

Sebagaimana tumbuhan obat lainnya daun dari tumbuhan matoa juga banyak dijadikan obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit diantaranya:

  1. Mengobati batu ginjal Material keras yang terbentuk dan menyumbat ginjal dapat menyebabkan beberapa keluhan seperti urine yang bercampur dengan darah, nyeri pada pinggang, nyeri di selangkangan, dan lain sebagainya tergantung tingkat keparahannya. Untuk meluruhkan batu ginjal ini kita dapat memanfaatkan ramuan dari daun matoa. (Baca juga: 15 manfaat labu siam bagi kesehatan)
  2. Mengobati batu empedu Selain batu ginjal masalah sumbatan lain yang menyerang organ tubuh adalah batu empedu. Sesuai namanya penyakit ini merupakan pembentukan material keras seperti batu yang terjadi dan menyumbat saluran empedu. Penyakit ini juga bisa diatasi dengan mengonsumsi ramuan daun matoa. (Baca juga: manfaat bulu jagung)
  3. Meminimalisir resiko penyakit gula Buah matoa terkenal dengan daging buahnya yang manis. Mengonsumsi buah ini dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit gula karena asupan gula yang didapat dari buah matoa lebih alami dan sehat.
  4. Mengobati hipertensi Penderita hipertensi dapat mencoba meminum ramuan daun matoa ketika tekanan darahnya sangat tinggi agar tekanan darahnya kembali normal. (Baca juga: manfaat daun beluntas untuk hipertensi)

Demikianlah berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari buah, batang, dan daun matoa. Tidak hanya dari segi kesehatan dan kecantikan, ternyata buah ini juga sangat baik digunakan sebagai bahan baku bangunan, perahu, bahkan mebel.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 04th, May 2017 / 16:59 Oleh :
Kategori : Buah Buahan