Sponsors Link

15 Manfaat Buah Markisa Kuning untuk Kesehatan

Sponsors Link

Buah Markisa mempunyai ciri khas dengan rasanya yang kecut sedikit manis. Buah markisa sangat nikmat jika dinikmati disaat cuaca panas dengan ditambah es batu maka rasanya menjadi sangat segar serta dapat menambah semangat tubuh. Buah markisa dengan bentuk buahnya bulat didalamnya terdapat biji yang diselubungi oleh daging buahnya. Tanaman buah markisa ini merambat sehingga dapat dibentuk sesuai keinginan yang menanamnya dengan diberi lanjaran sebagai tempat untuk merambat tanaman markisa. Tanaman markisa berhabitat asli dari daerah pegunungan yang sejuk, tetapi tanaman ini juga bisa ditanam dan berbuah di daerah dataran rendah.

ads

Buah markisa dengan nama latin “passiflora quadrangularis L.” Mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisi yang terdapat di buah markisa. Buah markisa di Indonesia ada beberapa jenis yang dibudidayakan yaitu markisa ungu (passiflora edulis var. Edulis), markisa konyal (passiflora lingularis), markisa kuning (passiflora edulis var. Flevicarpa), serta markisa erbis (passiflora quadrangularis). Dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan lebih spesifik tentang manfaat buah markisa kuning (passiflora edulis var. Flevicarpa).

Kandungan Markisa Kuning

Setelah diadakan penelitian invitro di Universitas of Florida ternyata buah markisa kuning mengandung zat fitokimia yang mampu membunuh sel kanker. Kandungan zat fitokimia dalam buah markisa kuning yaitu diantaranya seperti polifenol, karotenoid, harman, harmol, harmalin, passaflorine, harmine, karotenoid, viteksin, krisin, dan isoviteksin. Sementara kandungan gizi didalam buah markisa kuning yaitu diantaranya seperti energi, lemak, protein, serat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, tiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat serta asam sitrat.

Kandungan manfaat serta kandungan gizi yang terdapat didalam buah markisa kuning menjadikan buah ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa manfaat buah markisa kuning yaitu sebagai berikut :

1. Memperlancar dan menyehatkan pencernaan

Buah markisa kaya akan manfaat serat yang terkandung didalam daging buahnya. Kandungan serat tersebut termasuk serat yang tinggi. Serat akan menyehatakan serta memperlancar pencernaan. Biji buah markisa juga bisa dimakan karena mengandung serat yang tinggi juga. Dengan rajin mengkonsumsi buah markisa maka pencernaan lancar serta usus menjadi bersih.

2. Mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh

Buah markisa juga mengandung manfaat antioksidan yang sangat baik untuk tubuh dalam mencegah tumbuhnya sel kanker didalam tubuh. zat antioksidan ini akan bertugas dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kaner didalam tubuh manusia.

3. Baik untuk penderita asma

Bagi penderita asma maka dianjurkan untuk mengkonsumsi buah markisa, karena kandungan zat yang terdapat didalamnya dapat menenangkan serangan asma. Buah markisa juga mempunyai sifat yang dapat memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma.

4. Memiliki efek relaksasi

Kandungan zat yang terdapat didalam buah markisa ternyata dapat memberikan efek tenang dalam pikiran serta dapat mengendurkan saraf sehingga bisa membuat perasaan anda menjadi lebih tenang. Karena manfaat tersebut sehingga buah markisa dapat dijadikan sebagai minuman relaksasi dan disajikan dengan keadaan yang dingin.

5. Baik untuk penderita insomnia

Jika anda termasuk orang yang sering dilanda insomnia, buah markisa akan membantu anda dalam mengatasi insomnia yang melanda anda. Buah markisa memiliki efek yang dapat membuat sistem saraf tenang serta merilekskan pikiran sehingga akan menjadikan saraf anda menjadi mudah mengantuk. Anda dapat minum segelas juz markisa sebelum tidur agar anda bisa terhindar dari gejala insomnia.

6. Sumber nutrisi yang baik

Buah markisa mengandung banyak zat-zat baik didalamnya sehingga merupakan sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh anda. Beberapa kandungan buah markisa seperti vitamin C. Satu porsi buah markisa 100 gram (3,5 ons) mengandung 30 mg vitamin C. Satu porsi 100 gram buah markisa mengandung 1275 IU vitamin A, vitamin A ini sangat baik untuk kesehatan kulit serta meningkatkan kualitas penglihatan. Buah markisa juga mengandung sumber kalium (348 mg dalam 100 gram buah markisa). Itulah kandungan nutrisi baik dalam buah markisa.

7. Mengontrol tekanan darah

Buah markisa mengandung kalium yang mempunyai peran penting dalam vasodilator. Kalium akan bekerja menenangkan pembuulh darah serta dapat meningkatkan aliran darah. Didalam tubuh gerakan antara membran terjadi pada saluran yang diatur oleh kalium.

8. Mengoptimalkan sistem imunitas

Buah markisa mengandung manfaat vitamin C, karoten dan crytoxanthin. Ketiga zat tersebut sangat baik dalam menjaga serta mengoptimalkan kekebalan dalam tubuh manusia. Kekebalan tubuh dalam tubuh manusia akan mencegah penyakit yang akan menyerang tubuh serta membantu menyembuhkan penyakit yang sudah ada didalam tubuh.

ads

9. Buah yang baik untuk diet

Buah markisa merupakan solusi tepat untuk orang yang sedang menjalani program diet. Orang yang sedang diet wajib mengkonsumsi buah, terutama buah markisa agar dietnya berhasil dengan baik dan tetap sehat. Buah markisa mengandung kalori yang rendah yaitu 97 kalori per 100 gram buah markisa. Buah markisa juga rendah akan sodium dan lemak sehingga sangat baik untuk diet, selain itu buah markisa mengandung karbohidrat serta gula alami yang cukup untuk tubuh sehingga tidak menimbulkan gemuk.

Buah markisa akan sangat efektif dalam membantu menurunkan kolesterol tubuh, serta kandungan serat tinggi dalam buah markisa akan memberikan efek kenyang sehingga tidak akan membuat anda menjadi ingin makan terus-menerus.

10. Melawan kanker

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terbukti bahwa buah markisa mengandung zat fitokimia yang dapat membantu melawan sel-sel kanker yang ada didalam tubuh manusia. Dari hasil penelitian tersebut maka ekstrak dari buah markisa dapat membantu menyembuhkan penyakit kanker dengan dijadikan obat kanker.

11. Kaya akan kandungan zat besi

Ternyata buah markisa merupakan buah yang mengandung manfaat zat besi cukup tinggi yaitu dalam satu cangkir buah markisa mengandung sekitar 4 mg zat besi. Zat besi ini sangat baik dalam memenuhi gizi tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

12. Mengandung folat

Buah markisa mengandung manfaat asam folat yang baik untuk kesehatan mental dan otak, serta dapat mencegah terjadinya cacat pada bayi selama masih dalam kandungan.

13. Baik untuk kesehatan kulit

Kandungan vitamin C serta antioksidan di dalam buah markisa dapat membuat kulit menjadi lebih muda serta merangsang pertumbuhan sel muda pada kulit wajah sehingga wajah akan tampak awet muda dan segar alami.

14. Sumber vitamin C

Kandungan vitamin C yang terdapat didalam buah markisa sangat banyak sehingga mampu memenuhi kebutuhan tubuh 50% dari kebutuhan vitamin C harian. Maka konsumsi buah markisa akan memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anda.

15. Kaya akan beta karoten

Kandungan zat beta karoten didalam buah markisa mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh diantaranya yaitu mendorong perkembangan tulang dan gigi, perbaikan jaringan tubuh yang rusak, mengurangi resiko terkena penyakit athritis, penyakit parkinson dan depresi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 04th, April 2016 / 08:50 Oleh :
Kategori : Buah Buahan