Sponsors Link

8 Manfaat Buah Kelapa Bagi Perawatan Rambut

Sponsors Link

Kelapa adalah jenis tanaman yang banyak kita jumpai di negara kita ini. Tanaman tersebut dapat tumbuh subur di pekarangan, kebun, ladang, hutan, di tepi pantai dan di berbagai tempat lainnya. Hampir setiap bagian dari tanaman tersebut bisa kita manfaatkan, salah satunya adalah bagian buahnya. Ya, buah kelapa biasanya dimanfaatkan sebagai bahan dalam berbagai jenis olahan kuliner, baik dijadikan santan maupun diolah menjadi minyak kelapa.

ads

Kandungan berbagai macam nutrisi dalam buah kelapa telah dipercaya bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya adalah kesehatan rambut dan kulit kepala. Jadi, daripada Anda menghamburkan uang untuk membeli berbagai jenis produk yang belum dijamin keamanannya maupun dengan pergi ke salon-salon kecantikan untuk melakukan perawatan rambut, tak ada salahnya mencoba perawatan yang dijamin lebih aman dan lebih murah, yaitu dengan menggunakan buah kelapa.

Apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan dari perawatan rambut dengan menggunakan buah kelapa? Berikut ulasannya :

  1. Mengatasi rambut kering dan rusak

Buah kelapa yang telah di ekstrak menjadi minyak kelapa dinyatakan bebas dari bahan-bahan kimia yang terdapat di dalam produk-produk perawatan rambut yang banyak beredar di pasaran. Salah satu kandungan nutrisi yang terdapat dalam minyak kelapa tersebut adalah protein. Ketika kandungan protein dalam rambut kita mulai berkurang, maka kondisi tersebut dapat menyebabkan rambut kering dan juga rusak. Adapun cara pengaplikasian dari minyak kelapa adalah dengan dijadikan kondisiner yang aman digunakan oleh segala usia.

Tips penggunaannya :

  • Setelah keramas dengan shampo, oleskan minyak kelapa pada batang dan ujung rambut, lalu lanjutkan dengan mengoleskannya ke kulit kepala. Tutup kepala Anda dengan menggunakan shower cup dan diamkan selama +- 1 hingga 2 jam atau semalaman. Setelah itu, cuci rambut Anda dengan menggunakan shampo.
  • Untuk rambut yang terlanjur mengalami kerusakan, pengaplikasian minyak kelapa ini bisa ditambahkan dengan beberapa tetes minyak cendana atau minyak esential geranium. Fungsi dari minyak esential ini adalah untuk meningkatkan kelembaban rambut serta memberikan efek yang menyejukkan.

2. Membantu pertumbuhan rambut

Jika Anda memiliki masalah rambut seperti rambut yang menipis tak perlu khawatir, karena buah kelapa bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut, di mana minyak kelapa bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga dapat menumbuhkan rambut, panjang, dan juga tebal. Kandungan nutrisi alami seperti asam laurat yang ada dalam minyak kelapa mampu menembus batang rambut sehingga dapat meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.

Tips penggunaan :

  • Lakukan pemijatan kulit kepala dengan menggunakan minyak kelapa selama +- 10 menit. Anda bisa melakukan kegiatan tersebut 3 hingga 4 kali dalam seminggu. Setelah itu, tutup kepala Anda dengan menggunakan shower cup. Langkah terakhir adalah dengan membersihkan rambut Anda dengan menggunakan shampo. Dalam terapi ini, Anda bisa menambahkan minyak esential rosemarry yang dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala serta dapat mendukung pertumbuhan rambut baru lebih dari 20%.

(Baca juga : Manfaat Elips – Manfaat Shampo Kuda Mane n Tail – Manfaat Masker Alpukat)

3. Mengatasi rambut rontok

Sebenarnya, selain digunakan dalam berbagai olahan makanan, penggunaan minyak kelapa untuk perawatan rambut telah berlangsung sejak zaman dahulu. Dan salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah dapat membantu mengatasi kerontokan pada rambut.

Tips penggunaan :

  • Cukup dengan menerapkan ramuan yang terbuat dari daun sage yang direbus dalam minyak kelapa. Terapi ini bisa membuat rambut menjadi lebih sehat dan mengatasi terjadinya kerontokan rambut.
  • Selain itu, cara yang lain untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan menerapkan campuran minyak kelapa dengan jeruk nipis pada rambut Anda.
ads

4. Mengatasi masalah ketombe

Ketombe menjadi salah satu masalah yang sering menimpa rambut kita. selain rasa gatal yang ditimbulkan, ketombe juga bisa mengganggu penampilan kita. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kulit kepala yang kering, infeksi jamur malassezia seperti ragi, serta kepekaan kulit kepala terhadap bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam produk perawatan rambut yang kita pakai. Buah kelapa yang telah diekstrak menjadi minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat dan asam kaprat yang berfungsi sebagai antivirus, antimokroba, serta antijamur. Artinya, dengan menerapkan minyak kelapa di kulit kepala kita akan bisa membantu membunuh bakteri maupun virus yang bersembunyi di kulit kepala kita.

Tips penggunaan :

  • Setelah mencuci rambut, lakukan pemijatan kulit kepala dengan menggunakan minyak kelapa +- 2 sendok teh yang telah dicampurkan dengan beberapa tetes minyak esential (bisa lavender, tyme, wintergreen, atau kombinasinya). Setelah itu, tutp kepala Anda dengan menggunakan shower cup selama +- 20 hingga 30 menit atau semalaman untuk meningkatkan panas di kulit kepala. Akhiri dengan membilas rambut Anda dengan menggunakan shampo.

(baca juga : Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Rambut – Manfaat Tomat Mentah – Manfaat Lemon)

5. Memudahkan penataan rambut

Penggunaan alat-alat seperti pengering rambut, pengeriting rambut, atau peralatan untuk rambut lainnya bisa mengurangi kelembaban pada batang rambut sehingga menjadikan rambut rapuh dan mudah kusut. Untuk mengatasinya, cobalah untuk menerapkan minyak kelapa yang terbukti bebas dari bahan-bahan kimia yang biasanya terdapat dalam produk-produk perawatan rambut.

Tips penggunaan :

  • Terapkan atau oleskan minyak kelapa (sesuai dengan kebutuhan rambut) pada rambut Anda. Meskipun hal ini akan memakan waktu yang lebih lama dalam proses pengeringannya, akan tetapi hasil yang didapatkan adalah rambut yang lembut, mengkilap, dan mudah diatur.

6. Melindungi rambut dari paparan sinar matahari

Sama halnya dengan kulit kepala, rambut juga sangat rentan mengalami kerusakan akibat sinar matahari. Tapi, minyak kelapa bisa membantu mengatasi kegundahan Anda akan timbulnya masalah tersebut, karena dalam hal ini minyak kelapa bisa digunakan sebagai tabir surya yang mengandung SPF 8 dan aman digunakan untuk segala usia.

Tips penggunaan :

  • Anda cukup mengoleskan minyak kelapa (sesuai kebutuhan) sebagai kondisioner pada rambut sebelum beraktifitas di bawah terik matahari.

7. Mengatasi masalah kutu rambut

Ini merupakan salah satu penggunaan terbaik dari minyak kelapa, yaitu dapat membantu mengobati serta mencegah munculnya kutu rambut. Beberapa study telah menunjukkan hasil bahwasannya penggunaan minyak kelapa sebagai terapi pengobatan serta pencegahan kutu rambut lebih efektif daripada penggunaan obat konvensional. Selain itu, terapi ini juga dinilai lebih aman terutama bagi anak-anak serta tidak menimbulkan efek samping serius seperti terjadinya iritasi.

Tips penggunaan :

  • Terapkan campuran minyak kelapa dengan beberapa tetes minyak esential untuk memijat kulit kepala Anda. Selanjutnya tutupi kepala Anda dengan shower cup dan diamkan selama +- 2 jam. Lakukan penyisiran rambut sebelum Anda membilas rambut Anda dengan shampo. Setelah rambut dibersihkan, semprotkan campuran cuka apel dan air kpada kulit kepala dan rambut Anda dan lakukan pemijatan ringan. Setelah itu, bilas kembali rambut Anda dengan menggunakan shampo. Lakukan terapi ini sesering mungkin.

(Baca juga : Manfaat Hair Tonic – Manfaat Minyak Zaitun – Manfaat Daun Urang Aring untuk Rambut)

8. Memberikan efek dingin pada rambut

Penerapan minyak kelapa pada kulit kepala dan rambut juga memiliki efek pendinginan, sehingga bagi mereka yang merasaka kulit kepala yang panas atau bagi mereka yang mengalami gangguan kulit kepala yang sering berkeringat bisa mencoba terapi dengan menggunakan minyak kelapa ini.

Tips penggunaan :

  • Terapkan minyak kelapa pada kulit kepala dan rambut pada malam hari lalu diamkan semalaman. Keesokan harinya, bilas atau cuci rambut Anda degan shampo.

Penerapan minyak yang diekstrak dari buah kelapa pada rambut dan kulit kepala merupakan langkah terbaik bagi Anda untuk menghindari efek samping bahan-bahan kimia berbahaya yang terdapat dalam produk-produk perawatan rambut yang banyak beredar di pasaran.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Monday 19th, September 2016 / 05:14 Oleh :
Kategori : Buah Buahan