Sponsors Link

99 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Advertisement

Konsumsi buah jeruk telah populer di sebagian besar kalangan masyarakat. Selain memiliki kandungan air yang melimpah, buah jeruk juga memiliki aneka ragam kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dalam 100 gram sajian sari buah jeruk, tubuh kita akan mendapatkan asupan berbagai macam nutrisi penting seperti :

  • Kalori = 44 kcal
  • Lemak = 0.2 gram
  • Natrium = 1 mg
  • Kalium  = 200 mg
  • Karbohidrat = 10 gram ( terdiri dari gula sebanyak 8 g dan serat sebanyak 0,2 g)
  • Protein = 0,7 gram
  • Kalsium = 11 mg
  • Zat Besi = 0,2 mg
  • Magnesium = 11 mg
  • Vitamin A = 200 IU
  • Vitamin C = 50 mg

Selain banyak sekali manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh buah jeruk seperti dapat membantu menurunkan resiko stroke, mencerdaskan otak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menjaga kesehatan organ-organ pencernakan, dapat menyehatkan kulit, dan masih banyak lagi manfaat lainnya, ternyata buah jeruk juga berperan bagi kesehatan gigi dan gusi kita lho.

artikel terkait buah:

Mungkin Anda bertanya-tanya seperti apakah peran atau manfaat buah jeruk dalam menjaga kesehatan gigi kita? berikut ulasannya.

  1. Buah jeruk bisa membantu gigi terlihat lebih putih

Beberapa orang dari kita mungkin saat ini sedang memiliki masalah dengan giginya, di mana gigi terlihat kuning meskipun berbagai macam upaya seperti menyikat gigi secara rutin serta melakukan pemutihan gigi telah dilakukan. Ya, gigi yang terlihat kekuningan tentu saja akan mengganggu penampilan seseorang bukan? Dan mereka yang mengalami permasalahan tersebut bisa menjadi kurang percaya diri dan timbul ketidaknyamanan dalam bergaul. Tapi jangan khawatir, karena ada solusi mudah untuk memecahkan permasalahan tersebut, yaitu dengan memanfaatkan buah jeruk yang banyak kita jumpai di sekitar kita. Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup besar, yaitu sekitar 50 mg dalam setiap 100 gram sajiannya. Vitamin C itulah yang berperan untuk membuat gigi kita bisa terlihat lebih bersih, putih, dan terlihat lebih sehat.

Adapun caranya cukup mudah, yaitu :

  • Ambil beberapa kulit jeruk yang masih segar. Bagian yang digunakan adalah bagian yang berwarna putih. Penerapannya adalah dengan cara menggosokkan bagian kulit jeruk yang berwarna putih tersebut pada gigi kita (sebaiknya hal ini dilakukan di malam hari sebelum tidur). Selain bisa menghasilkan gigi yang terlihat bersih dan putih, terapi ini juga akan membuat mulut Anda terasa lebih segar.
  • Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran ekstrak jeruk nipis dan garam. Sifat pembersih alami yang dimiliki eruk nipis akan dapat membuat gigi Anda terlihat lebih bersih dan putih. Dan kandungan sodium yang terdapat dalam garam dapur akan membantu mengurangi bau mulut. Caranya mudah, Anda cukup mencampurkan perasan 1 buah jeruk nipis dengan 1 sendok makan garam dapur. Selanjutnya, pergunakan ramuan tersebut untuk menggosok gigi Anda secara rutin 2 kali sehari. Dengan melakukan terapi ini, maka plak-plak yang menempel pada gigi Anda akan menghilang, dan gigi akan terlihat lebih putih dan bersih.

artikel terkait:

  1. Buah jeruk dapat membantu gigi lebih kuat

sponsored links
Vitamin C dan kolagen yang terkandung di dalam buah jeruk sangat bermanfaat untuk membantu menciptakan gigi yang lebih kuat serta membantu menurunkan resiko terjadinya gusi berdarah. Jadi, jika Anda memiliki gigi yang kurang kuat serta gusi berdarah, itu artinya asupan vitamin C dan kolagen dalam tubuh Anda sangat kurang. Vitamin C  akan membantu mencegah terjadinya kerusakan pada kolagen yang dibutuhkan gusi kita. tanpa adanya kolagen, gusi akan menjadi lembut dan pada akhirnya akan meningkatkan resiko terkena penyakit periodontal.

Jeruk adalah jenis tanaman buah terbesar di dunia, selain itu buah ini juga termasuk buah-buahan yang mudah kita dapatkan, baik di pasar-pasar tradisional maupun di swalayan-swalayan.  Dengan kandungan nutrisi yang cukup kaya, menjadikan buah jeruk menjadi salah satu buah yang digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Tapi yang perlu selalu diingat adalah agar tidak berlebihan dan menerapkan langkah yang tepat dalam mengkonsumsi buah ini, karena :

  1. Jeruk memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Asupan kalium yang berlebihan akan menyebabkan kondisi yang fatal bagi organ ginjal, terutama ketika Anda sedang mengambil obat-obatan beta- blocker (jenis obat-obatan yang sering diresepkan dokter untuk penyakit jantung).
  2. Mengkonsumsi makanan yang terlalu asam seperti buah jeruk akan dapat menyebabkan peningkatan gejala seperti sakit maag, terutama bagi mereka yang mengalami atau sedang menderita penyakit GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease).
  3. Pengolahan buah jeruk dalam bentuk jus yang kurang tepat bisa membuat kadar gula dalam jeruk bisa pecah, dan jika hal itu terjadi maka akan dapat meningkatkan resiko terjadinya gigi cepat berlubang.

artikel terkait:

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 11th, May 2016 / 04:17 Oleh :
Kategori : Buah Buahan