8 Manfaat Buah Delima Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Apakah Anda merupakan penggemar buah-buahan? Apabila iya, Anda pasti mengenal buah delima. Delima (punica granatum) merupakan tanaman buah yang konon berasal dari Iran dan kini telah banyak dikembangbiakkan di daerah Mediterania, China dan Asia Tenggara. Tanaman yang tingginya hingga mencapai 5-8 meter ini biasa di taman di tanah gembur yang tidak mengandung banyak air.

artikel terkait:

Konon, delima telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Mesir kuno karena dipercaya memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan. Masyarakat Cina juga meganggap bahwa delima ini merupakan symbol kelimpahan rejeki dan banyak digunakan pada perayaan menyamut tahun baru imlek. Selain itu, konon di al-Qur’an dan hadist juga disebutkan bahwa buah ini merupakan buah yang baik untuk dikonsumsi dan memiliki beberapa khasiat yang baik untuk kesehatan.

Delima sendiri memiliki 3 jenis, yaitu delima merah, delima putih dan delima ungu. Pada artikel berikut ini kami akan membahas mengenai manfaat delima merah saja.

Kandungan Delima Merah

Begitu banyak kabar mengenai bagusnya buah delima untuk kesehatan manusia, mari ita kupas terlebih dahulu mengenai kandungan apa saja yang ada dalam buah delima ini. Buah delima dipercaya memiliki kandungan vitamin A, C, E serta memiliki sifat anti mikroba, anti inflamasi dananti penuaan.

Dalam mengkonsumsi buah delima, biasanya disertakan pula bijinya dikarenakan daging buahnya yang sangat tipis. Dalam ½ cawan porsi buah delima terkandung sebanyak 80 kalori, 18 g karbohidrat, 12 g gula dan 5 g serat. Selain itu 1 cangkir jus delima juga dipercaya kaya akan vitamin dan mineral, serta meberikan 533 mg kalium dan 60 mcg folat. Serta, sebanyak 8 ons jus delima juga dipercaya menandung zat besi sebanyak 0,25 mg.

artikel terkait: manfaat biji binahong hitam

Manfaat Delima Merah

Setelah mengetahui kepercayaan masyarakat terhadap delima dan kandungan buah delima ini, sebenarnya apa saja sih manfaat yang dapat kita peroleh dalam mengkonsumsi buah delima merah ini? Berikut kami sajikan uraian manfaat konsumsi delima merah untuk Anda.

a. Untuk kesehatan tubuh

1. Membantu tubuh dalam melawan kanker

Buah delima merah dipercaya memiliki kandunga zat ellagitannis yang berhasil mencegah sel-sel kanker dalam tubuh menjadi aktif dan berkembang. Sebuah penelitian mengenai buah delima merah juga menunjukkan bahwa jus delima merah memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan kanker seperti kanker prostat, payudara, usus besar dan paru-paru. Penelitian lain seperti dalam International Journal of Oncology (2008) juga menyebutkan bahwa terapi ekstrak jus delima dapat menurunkan ukuran dan kepadatan tumor secara subtansial.

artikel terkait: manfaat mandi kembang

2. Meningkatkan kesuburan dan fungsi seksual

Manfaat lain dari konsumsi jus buah delima merah adalah dapat membantu meningkatkan kinerja seksual dan kesuburan pada manusia. Hal ini sesuai dengan penelitian C.P Hutan yang diterbitkan dalam International Journal of Impotence Research (2007) bahwa jus delima dapat meningkatkan fungsi ereksi dengan disfungsi ereksi pada pria. Penyebab yang mungkin adalah karena jus delima ini mengandung oksida nitrat yang memungkinkan dinding pembuluh darah seperti pada penis dapat meningkat sehingga memungkinkan terjadinya ereksi.  Hal itu juga diamini dalam penelitan LJ Ignaro pada Nitric Oxide (2006). Selain itu, G. Turk dalam Clinical Nutrition (2008) juga menyebutkan bahwa konsumsi buah delima juga dapat membantu meningkatkan kualitas sperma.

artikel terkait: manfaat jamu buyung upik

3. Membantu mencegah Aterosklerosis

Buah delima merah juga dipercaya berkhasiat untuk membantu mencegah Aterosklerosis. Aterosklerosis merupakan gangguan yang terjadi pada pembuluh darah di mana terjadi penyumbatan arteri karena penumpukan kadar kolesterol, lemak dan lainnya. Delima mengandung antioksidan tinggi dalam bentuk tanin, anthocyanin dan asam ellagic yang dapat membantu mencegah Aterosklerosis dan penyakit jantung. Hal ini sesuai dengan penelitian pada The American Journal of Clinical Nutrition (2000), bahwa konsumsu jus delima merah dapat membantu menghambat oksidasi kolesterol jahat ada manusia yang merupakan langka awal terjadinya Aterosklerosis. Selain itu, dalam The American Journal of Cardiology (2005) juga disebutkan bahwa meminum jus delima secara tiga bulan berturut-turut dapat memberikan penurunan stress akibat kematian jaringan pada organ jantung, sehingga suplai darah pada otot jantung pasien jantung coroner akan lebih baik.

artikel terkait: manfaat teh benalu

4. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Konsumsi buah delima merah juga dapat membantu tubuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini sesuai dengan sebuah penelitian yan menyebutkan bahwa kandungan kalium pada buah delima dapat mebantu menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

artikel terkait: manfaat bunga cempaka

b. Untuk Kesehatan Kulit

1. Membantu mencegah penuaan

Kandungan antioksidan pada delima merah dipercaya dapat mebantu memperbaiki kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan. Konsumsi buah delima merah dapat membantu memperpanjang umur fibroglas yang bertanggung jawab untuk menciptakan kolagen dan elastin sehingga warna kulit dan fleksibilitas kulit semakin terjaga. Selain itu sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa penggunaan minyak biji delima dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat mengurangi keriput dan tanda penuaan lain.

artikel terkait: manfaat vitamin C untuk kulit

2. Membantu dalam regenerasi sel

Konsumsi buah delima merah dipercaya dapat membantu melindungi lapisan kulit luar dan memfasilitasi regnerasi lapisan kulit dalam. Hal ini sangat berguna sekali bagi kulit mengingat kulit terkadang mengalami kerusakan yang menyebabkan masalah seperti pigmentasi kulit dan bintik-bintik hitam. Selain itu, konsumsi buah delima juga dapat membantu tubuh dalam memproduksi antioksidan yang berguna dalam regenerasi sel, meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki jaringan kulit dan membantu dalam menyembuhkan luka.

artikel terkait: manfaat gluta panacea

3. Membantu mengobati jerawat

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat, barangkali Anda dapat mengatasinya dengan cara mengoleskan jus delima merah pada jerawat Anda. Jus delima ini dipercaa dapat membantu mengatasi jerawat yang konon bisa juga disebabkan oleh masalah pencernaan atau ketdakseimbangan hormone ini dapat dibantu diatasi dengan buah delima. Hal ini karena delima kaya akan vitamin C yang dapat mengatur produksi sebum atau zat berminyak yang disekresikan oleh kulit yang merupakan penyebab timbulnya jerawat.

artikel terkait: manfaat kitar semula

4. Anti inflamasi

Delima merah dipercaya mengandung anti oksidan yang dapat berperan sebagai anti inflamasi atau anti peradangan bagi kulit. Hal ini sesuai dengan penelitian dari Journal of Nutrition yang dilakukan pada Case Western Reserve University bahwa ekstrak buah delima dapat berfungsi untuk mengurangi pembengkakan yang berhubungan dengan arthritis layaknya penyakit rematik dan asam urat.

artikel terkait: manfaat memakai handbody sebelum tidur malam

,
Post Date: Wednesday 15th, February 2017 / 03:03 Oleh :
Kategori : Buah Buahan