Sponsors Link

22 Manfaat Buah Cupuacu Untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Apakah Anda pernah mendengar buah cupuacu? Mungkin belum banyak yang tahu mengenai buah ini. Wajar saja, karena buah ini bukanlah buah asli Indonesia. Cupuacu merupakan buah khas Brazil yang banyak ditemukan di sekitar hujan hujan tropis Kolombia, Peru dan sebagian utara Brazil maupun di daerah Amazon.  Buah ini kemudian menjadi terkenal di berbagai belahan dunia karena dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa. Bahkan saat ini, buah ini telah banyak diperjualbelikan dengan kemasan dalam jus kesehatan maupun sebagai suplemen kesehatan di banyak negara.

ads

artikel terkait:

Di Brazil, ketinggian pohon cupuacu dapat mencapai 20 meter. Sedangkan buahnya selama berabad-abad telah banyak digunakan sebagai sumber makanan oleh penduduk pribumi. Secara fisik, buah yang masih terglolong keluarga cocoa ini memiliki bentuk yang lonjong dengan warna coklat di bagian luarnya. Rasa cupuacu juga hampir sperti coklat dengan sedikit rasa nans. Ada juga yang bilang bahwa rasa buah ini mirip denga  buah pir yang dicampur denga pisang.

Kandungan Buah Cupuacu

Buah cupuacu telah banyak dipercaya oleh orang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Berikut merupakan beberapa kandungan buah cupuacu yang berguna bagi tubuh.

  1. Antioksidan

Buah ini juga dipercaya mengandung antioksidan terbesar apabila dibandingkan dengan buah-buahan lain. Antioksidan sendiri memiliki peran yang penting untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah dan penyakit pada tubuh.

Cupuacu mengandung senyawa theograndins yang dianggap sebagai senyawa super antioksidan yang memiliki khasiat yang begitu besar. Dikarenakan kandungan ini, buah cupuacu dikenal dengan sebutan “obat dalam buah” oleh para peneliti. Bahkan menurut seorang peneliti ternama di bidang antioksidan, Dr.Jeffrey Klein, PhD, buah cupuacu memiliki 5 manfaat utama yang sangat baik seperti meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan rambut, mengatasi masalah kolesterol, meningkatkan libido serta melindungi sel-sel dalam tubuh.

2. Lemak esensial

Selain kandungan antioksidannya, cupuacu juga memiliki kandungan lemak esensial yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan membrane sel, mendukung kesehatan jantung, serta menguntungkan kesehatan persendian. Dikarenakan hal ini, penduduk pribumi menggunakan buah cupuacu sebagai buah yang dapat menjaga kesehatan dari generasi ke generasi.

3. Vitamin

Buah cupuacu juga kaya akan vitamin yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. diantara vitamin yang terkandung dalam buah cupuacu antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 serta vitamin C.

artikel terkait: manfaat buah ganitri

ads

Manfaat Buah Cupuacu

Meskipun belum begitu familiar dikalangan orang Indonesia, akan lebih baik apabila kita tetap mengetahui manfaat buah yang terkenal akan kandungan antioksidannya ini. Selain dikarenakan antioksidannya, kandungan vitamin, lemak esensial dan mineralnya juga menyokong manfaat-manfaat yang dapat diberikan buah ini untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat buah cupuacu untuk kesehatn antara lain sebagai berikut :

  1. Sumber antioksidan yang tinggi

Seperti yang telah dikatakan sebelumya bahwa buah ini kaya antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh untuk menangkal masalah dan penyakit. Antioksidan juga berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah ini sudah tidak diragukan lagi hinga para peneliti menyebut buah ini sebagai “obat dalam buah”.

artikel terkait: manfaat buah naga merah untuk diet

2. Sebagai anti hipertensi

Konsumsi buah cupuacu dipercaya dapat menjaga kestabilan tekanan darah Anda agar tidak melambung tingi. Selain itu, buah ini juga dipercaya dapat membantu agar tekanan darah menjadi semakin lancar.

artikel terkait: manfaat buah naga putih

3. Membantu menyehatkan jantung

Jantung merupakan organ penting yang perlu dijaga kesehatannya. Buah cupuacu dipercaya memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan jantung agar bekerja lebih kuat serta lebih tahan dari serangan penyakit jantung. Akan tetapi, selain konsumsi bua ini, Anda pun tetap disarankan untuk rajin dalam berolahraga.

artikel terkait: manfaat sabun fruitamin

4. Membantu mencegah kanker

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah cupuacu dipercaya dapat menguatkan tubuh dari sel kanker. Cara kerjanya, buah ini akan masuk ke dalam tubuh guna menutrisi sel-sel tubuh agar sehat dan tidak memicu adanya penyakit kanker. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah ini juga dapat bermanfaat untuk mencegah adanya kanker di dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat markisa merh

5. Baik untuk kesehatan mata

Mata merupakan organ penting untuk melihat dunia sekitar. Konsumsi buah cupuacu dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan mata serta meningkatkan kesehatan dan mengurangi resiko terkena rabun. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengkonsumsi buah ini setiap hari.

artikel terkait: manfaat buah delima merah

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah ini juga memberikan manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain itu, adanya kandungan vitamin C dalam buah ini juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

artikel terkait: manfaat biji buah mahoni

7. Membantu dalam program diet

Bagi Anda yang sedang melaksanakan program diet, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba mengkonsumsi buah ini. Hal ini dikarenakan buah ini juga dipercaya dapat membantu mencegah penumpukan kalori dalam tubuh sehingga tidak terdapat penimbunan lemak yang berlebihan.

artikel terkait: manfaat biji buah delima

8. Baik untuk pencernaan

Manfaat lain dari buah cupuacu adalah membantu menyehatkan pencernaan. Kandungan serat yang cukup di dalam buah ini dapat membantu proses pencernaan agar tidak tersumbat dan menimbulkan masalah lain.

artikel terkait: manfaat tanaman cendana

9. Membantu agar terlihat awet muda

Bagi Anda yang ingin terlihat awet muda, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba mengkonsumsi buah cupuacu secara rutin. Kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi dalam buah ini dapat membantu tubuh untuk menutrisi kulit agar terlihat sehat serta mencegah timbulnya keriput dan flek hitam.

artikel terkait: manfaat buah kelapa bagi rambut

10. Sebagai obat radang

Apabila Anda sedang terserang radang, Anda dapat memanfaatkan buah ini sebagai obat radang secara alami. Hal ini dikarenakan konsumsi buah ini secara rutin dapat membantu menyembuhkan peradangan yang sedang Anda derita.

artikel terkait: manfaat buah pepaya untuk diet

11. Baik untuk ibu hamil

Kandungan vitamin yang cukup tinggi dalam buah cupuacu dapat berguna bagi ibu hamil sebagai sumber makanan sehat bagi janin. Buah ini dapat bermanfaat bagi ibu hamil untuk meningkatkan pertumbuhan janin serta mencegah bayi agar lahir tidak cacat.

artikel terkait: manfaat buah pir hijau

Selain manfaat di atas, buah ini juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah menarik seperti berikut.

  1. Menyehatkan rambut
  2. Mengatasi masalah kolesterol
  3. Meningkatkan libido
  4. Melindungi sel-sel dalam tubuh
  5. Menjaga membrane sel
  6. Membantu menyehatkan sendi
  7. Menjaga kadar gula dalam darah
  8. Menyehatkan usus dan lambung
  9. Mencegah penyumbatan darah
  10. Mengurangi rasa nyeri
  11. Menjaga kesehatan otak

artikel terkait: manfaat buah naga untuk diabetes

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 24th, April 2017 / 12:29 Oleh :
Kategori : Buah Buahan