10 Manfaat Buah Coklat Untuk Kesehatan

Siapa tak kenal coklat? Coklat merupakan salah satu jenis makanan yang sangat terkenal akan kelezatan dan manfaatnya. Saat ini sudah banyak sekali produk olahan coklat yang tersohor dan menjadi favorit dari masyarakat di seluruh dunia.

manfaat buah coklatMeskipun memiliki nama coklat, namun buah asli dari coklat sendiri tidaklah berwarna coklat, melainkan kuning untuk buah yang siap dipanen. Nama asli dari buah itu sendri adalah kakao (cocoa) yang pada dasarnya terasa sangat pahit ketika langsung dikonsumsi begitu saja.

Kakao atau cocoa yang dioalh menjadi coklat biasanya dipanen ketika buahnya sudah berwarna kuning, dan tidak perlu repot memanenya, karena selain hanya tinggal memetik, pohon kakao juga bukan merupakan jenis pohon musiman, yang artinya dapat berbuah kapan saja.

Apa saja manfaat dari coklat (kokoa / cacao)?

Buah coklat sendiri memiliki manfaat yang sangat beragam terutama bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah manfaat dari buah coklat itu sendiri.

  1. Menjadi bahan dasar pembuatan coklat

Buah coklat (kakao) yang sudah siap dipanen akan segera diambil dan diolah ntuk kemudian dijadikan bahan dasar pembuatan coklat. Biasanya coklat yang dihasilkan sangat bervariasi, namun yang umum adalah 2 jenis, yaitu dark chocolate (coklat hitam) dan bubuk coklat.

Kedua hasil olahan dari buah coklat inilah yang kemudian dioalh lagi sehingga menghasilkan berbagai macam olahan – olahan yang kita temui di pasaran saat ini. Berikut ini adalah jenis – jenis olahan coklat yang umum di pasaran :

  • Coklat batangan
  • Permen coklat
  • Minuman coklat
  • Kue coklat

Namun untuk mengkonsumsi jenis olahan coklat yan gsudah jadi, seperti permen, kue dan coklat batangan, anda harus berhati – hait karena hasil olahan ini memiliki kandungan gula yang sangat tinggi untuk menutupi rasa pahit yang ada di coklat tersebut. Ini bisa berbahaya bagi kesehatan anda, terutama bagi anda yang menderita diabetes dan juga mengalami obesitas.

  1. Memperbaiki mood

Buah coklat memiliki kandungan kafein, theobromine, methyl – xanthine dan phenylethylalanine yang alami. Semua kandungan ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita, terutama dalam hal memperbaiki kondisi pikiran – pikiran tubuh dan memiliki sifat menenangkan, sehingga dapat memperbaiki mood seseorang. Kondisi mood yang buruk akan dapat teratasi dengan mengkonsumsi produk olahan buah coklat, terutam yang memiliki kandungan coklat murni yang tinggi. Selain membperbaiki mood seseorang, coklat juga memiliki manfaat sebagai berikut :

  • Anti depressant alias pencegah munculnya stress
  • Mengurangi stress
  • Mengurangi kelelahan yang muncul pada tubuh
  • Menenangkan kondisi pikiran
  1. Anti aging

Salah satu hal yang paling direpotkan terutama oleh kaum wanita ialah proses penuaan alias aging. Banyak wanita yang kerepotan mencari terapi apa yang pas untuk mengurangi penuaan yang muncul. Namun, jawabannya sebenarnya mudah, yaitu konsumsilah coklat. Minyak esensial yang terkandung dalam coklat mampu memberikan efek anti aging yang luar biasa dan dapat mengurangi tanda – tanda penuaan pada tubuh. Selain itu, manfaat lain dari minyak esensial coklat adalah :

  • Memperkuat tulang
  • Mempertahankan kesehatan kuku
  • Menjaga kekuatan dan kesehatan rambut
  • Menjaga kesehatan kulit.
  1. Penangkal radikal bebas

Salah satu kandungan penting yang ada di dalam coklat adalah antioksidan dan flavonoid. Kandungan dari kedua zat ini memiliki fungsi utama yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Seperti kita ketahui, radikal bebas yang tidak dapat ditangkal dan masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dan dapat melemahkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh anda. maka dari itu, konsumsi coklat sangat baik bagi anda yang ingin bebas dari penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

  1. Menurunkan kadar kolestrol tubuh

Anda memiliki bakat kolestrol tinggi? Kalu begitu coklat dapt menjadi salah satu alternative menu anda. kandungan flavonoid yang ada di dalam cokalt mampu membantu tubuh anda dalam menurunkan kadar kolestrol jahat alias LDL yang ada di dalam tubuh. Degngan turunnya LDL alias kolestrol jahat, maka anda dapat terhindar dari kolestrol tinggi, dan juga terhindar dari :

  • Penyempitan pembuluh darah
  • Serangan jantung
  • Stroke
  • Penyumbatan pembuluh darah arteri
  1. Menurunkan tekanan darah

Bagi anda yang memiliki bakat hipertensi alias tekanan darah tinggi, anda dapat mengkonsumsi coklat untuk membantu menurunkan tekanan darah anda. kondisi ini disebabkan oleh kandungan flavonols yang terkandung di dalam coklat. Selain itu, coklat juga mampu menenangkan syaraf dan pikiran, sehingga dengan rileks dan santainya tubuh, maka tekanan darah juga dapat terkontrol dengan baik.

  1. Menyembuhkan batuk

Coklat memiliki kandungan senyawa theobromine, dimana kandungan senyawa tersebut memiliki manfaat yang sangat baik untuk menyembuhkan dan mengurangi gejala batuk yang mengganggu aktivitas anda sehari – hari.

  1. Mencegah gangguan pada organ hati

Dengan adanya antioksidan pada coklat, maka kerja dari organ hati pun menjadi lebih ringan, karena radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh pun akan berkurang, dengan lebih ringannya kerja dari hati, maka gangguan – gangguan penyakit yang biasanya menyerang hati, seperti liver, kanker dan hepatitis dan dicegah.


Baik untuk mencegah gangguan organ hati

  1. Mencegah kanker

Fungsi coklat yanglain ialah membantu tubuh dalam mencegah munculnya penyakit kanker. Memang bukan untuk menyembuhkan kanker yang menyerang pasiennya, namun coklat dapat membantu mencegah kerusakan – kerusakan sel yang dapat menjadi pemicunya kanker dan tumor pada bagian tubuh tertentu.

  1. Meningkatkan energi dan menghilangkan rasa lelah

Coklat memiliki kemampuan untuk memberikan dan mengembalikan energy anda yang habisa karena telah beraktivitas seharian. Karena itu, ketika anda sudah merasa lelah, dan kehabisan tenaga untuk beraktivitas, istirahatlah sejenak dan meminum atau mengkonsumsi cokalt untuk membantu mengembalikan energy dan mencegah strees karena pekerjaan anda.

Itulah beberapa manfaat dari buah coklat. Perlu diingat, manfaat tersebut akan efektif apabila anda mengkonsumsi coklat yang diolah dengan kadar gula yang rendah, alias coklat yang masih murni, minimal mengandung 60% kadar coklat hitam, sehingga efeknya lebih terasa. Hindari mengkonsumsi coklat olahan secara berlebihan, karena coklat olahan mengandung gula yang sangat tinggi dan dapat menyebabkan diabetes dan obesitas. Semoga bermanfaat.

,
Post Date: Friday 08th, May 2015 / 12:49 Oleh :
Kategori : Buah Buahan