9 Manfaat Buah Bit untuk Anak Kecil

Tanaman sudah lama dikenal punya banyak manfaat. Tanaman pun menjadi solusi herbal untuk berbagai masalah kesehatan. Tak hanya menyelesaikan masalah, tanaman bisa membantu sebagai bahan asupan tambahan.

Tanaman terdiri dari buah dan sayur yang biasa dikonsumsi. Selain menyehatkan, buah dan sayur dirasa lebih murah dan kaya manfaat. Salah satunya adalah buah bit.

Meskipun banyak orang menyebutnya sebagai buah, nyatanya bit adalah sayuran yang termasuk umbi-umbian. Hanya saja, warnanya gelap jadi terlihat seperti buah.

Baca juga : Manfaat Pin PolioManfaat Susu Bebelac 3

Kandungan Buah Bit

Dalam buah bit terdapat berbagai kandungan yang berkhasiat, yaitu :

  1. Magnesium
  2. Kalium
  3. Vitamin A
  4. Vitamin B6
  5. Vitamin B9
  6. Vitamin C
  7. Zat Besi
  8. Antioksidan
  9. Karbohidrat
  10. Protein
  11. Serat
  12. Folat

Itulah beberapa kandungan yang terdapat dalam buah bit. Semuanya sangat berguna untuk kesehatan.

Baca juga : Manfaat SeratManfaat Susu Zee

Manfaat Buah Bit Untuk Anak

Buah bit punya kandungan yang sangat banyak. Semua kandungan ini membuat buah bit sangat bermanfaat bagi anak. Apalagi bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Pertumbuhan anak wajib untuk tetap teratur. Hal ini untuk mencegah penyakit dan kelainan di masa pertumbuhan. Anak pun jadi lebih sehat dan ceria. Ibu juga bisa tenang saat anak sehat.

Berikut ini adalah manfaat buah bit untuk kesehatan dan pertumbuhan anak :

1. Mencerdaskan otak

Dalam masa pertumbuhan anak, otak sangat berperan penting. Banyak informasi yang masuk sehingga kecepatan otak untuk mengolah informasi harus baik. Kandungan zat besi dalam buah bit akan membantu menutrisi syaraf. Hal ini akan membuat anak bisa bertingkah sehat tanpa hiperaktif.

Baca juga : Manfaat Ikan Dori

2. Meningkatkan konsentrasi

Anak butuh konsentrasi yang tinggi apalagi saat usia sekolah. Banyak mata pelajaran yang harus dipahami dan dicatat. Dengan mengonsumsi buah bit anak akan lebih cepat berkonsentrasi. Hal ini karena aliran darah ke otak jadi lebih baik karena pembuluh darah lebih terbuka. Konsentrasi pun bisa baik karena asupan oksigen ke otak terpenuhi.

3. Menghindari Anemia pada Anak

Anak aktif dan bisa bersosialisasi dengan baik adalah anak yang sehat. Jika anak hanya diam, lemas, dan tidak mau bergaul artinya ada yang salah. Kemungkinan juga karena kurang darah apalagi jika anak terlihat lebih kecil dari teman-temannya. Buah bit bisa membantu anak tetap aktif tanpa khawatir anemia.


Baca juga : Manfaat Kurma Untuk Anemia

4. Meningkatkan Stamina

Layaknya suplemen kesehatan, buah bit akan meningkatkan stamina anak. Anak bisa tetap aktif baik di sekolah dan dirumah. Anak pun bisa lebih cepat mengatasi masalah kelelahan. Dengan begitu, buah bit sebagai pendamping makanan sangat baik untuk anak.

Baca juga : Manfaat Lacto B pada Anak

5. Meningkatkan Imunitas

Anak adalah masa dimana banyak terjadi eksplorasi. Berbagai tempat kotor pun bisa saja didatangi untuk menambah pengetahuan. Padahal, banyak bakteri dan virus yang ada di sekelilingnya. Buah bit punya kandungan vitamin c yang tinggi sehingga bisa meningkatkan imunitas pada anak. Anak pun tak mudah sakit.

Baca juga: Manfaat Tidur Siang Bagi Anak

6. Memperlancar Pencernaan

Masalah pencernaan yang sering dialami oleh anak biasanya sulit makan. Bisa jadi karena pencernaannya tidak lancar membuat anak mual ataupun sembelit. Ternyata, buah bit bisa mengatasi masalah pencernaan. Anak pun bisa makan dengan baik tanpa harus merasa mual dan juga tanpa mengonsumsi obat kimia berbahaya.

Baca juga : Manfaat VegetaManfaat Temulawak Untuk Lambung

7. Mengatasi Penyakit Campak

Campak menjadi salah satu penyakit yang mematikan pada anak terutama balita. Namun, buah bit punya kandungan vitamin A yang bisa mengatasi masalah campak. Tidak hanya mencegah, namun bisa juga untuk mengobati campak.

Baca juga : Manfaat Vitamin Curvit Emolsion

8. Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A sudah banyak diketahui untuk menyehatkan mata. Apalagi dewasa ini banyak anak yang ketagihan main gadget. Mata anak pun jadi lebih cepat lelah. Nilai di sekolah bisa menurun karena tidak bisa melihat papan tulis. Buah bit kaya akan vitamin A sehingga bisa menyehatkan mata anak.

Baca juga : Manfaat Vitamin A untuk mata

9. Mengatasi Obesitas

Anak yang suka makan belum tentu sehat. Buktinya jika terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan makanan manis malah akan menjadi obesitas. Dengan buah bit anak akan lebih bisa mengatur makanan. Karena, kandungan seratnya bisa mengatasi pencernaan yang terlalu cepat lapar.

Itulah, beberapa manfaat buat bit yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan anak. Anak akan lebih sehat dengan buah bit.

Cara Mengolah Buah Bit

Mengetahui berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi buah bit, tentu Anda ingin segera mengolahnya untuk anak. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mengonsumsi buah bit sebaiknya untuk anak diusia lepas balita yaitu 5 tahun ke atas.

Bagaimana cara mengolah buah bit untuk asupan anak? Simak berikut ini caranya!

Jus Buah Bit:

  1. Siapkan buah bit berukuran sedang
  2. Cuci bersih buah bit
  3. Bersihkan bagian yang tidak diperlukan seperti kulit luar dan sisa akar
  4. Siapkan 200 gram wortel
  5. Bersihkan dengan air
  6. Kupas bagian luarnya
  7. Siapkan 100 gram brokoli
  8. Bersihkan brokoli
  9. Pilih bagian brokoli yang baik untuk dipakai
  10. Siapkan blender atau juicer
  11. Masukkan semua bahan ke dalam blender ataupun juicer
  12. Proses sampai sarinya keluar
  13. Jus sehat pun siap dihidangkan

Untuk tambahan bisa ditambah kayu manis atau madu. Anak pasti sangat suka minuman jus ini.

Namun, ada hal lain yang harus diperhatikan yaitu jangan terlalu sering mengonsumsi jus buah bit. Hal ini karena kandungan buah bit yaitu kalsium. Tubuh jika terlalu banyak diberi asupan kalsium akan berdampak berbahaya bagi tubuh. Malah akan berbalik menjadi racun.

Baca juga : Manfaat Asuransi Pendidikan

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari buah bit Anda harus bisa bijak dalam memanfaatkannya. Jangan sampai berlebihan ataupun kurang. Kreasikan juga buah bit dalam makanan yang ada buat seperti dalam sop atau mocktail yang sehat. Berikut ini resep membuat mocktail:

Mocktail Buah Bit:

  1. Siapkan 75 gram wortel
  2. Siapkan 50 gram buah bit
  3. Siapkan 10 gram strawberry
  4. Cuci semua bahan dengan air
  5. Siapkan 50ml air jeruk mandarin
  6. Siapkan es batu secukupnya
  7. Blender semua bahan
  8. Tuangkan ke dalam gelas
  9. Selesai, mocktail bisa disajikan

Selain menjadi jus dan mocktail, buah bit juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran makanan. Buah bit ditemukan pada cake yang biasa dijual di toko kue. Bukan sembarang cake, tapi red velvet yang rasanya sedang hits dipasaran. Ternyata, buah bitlah yang digunakan sebagai pewarna makanan.

Baca juga :

Menarik bukan manfaat buah bit untuk anak. Jangan lupa untuk mencoba di rumah. Semoga bermanfaat.

, , ,
Post Date: Friday 21st, July 2017 / 09:18 Oleh :
Kategori : Buah Buahan