19 Manfaat Buah Berenuk – Kesehatan – Energi

BUAH Berenuk sekilas hampir mirip dengan buah Maja. Bentuk buahnya buni (bulat), hanya buah Maja relatif lebih kecil dari buah Berenuk. Padahal keduanya merupakan 2 (dua) jenis buah yang berbeda. Tanaman asli Amerika ini tumbuh subur di kawasan Mojokerto Jawa Timur, daerah yang memiliki sejarah sebagai cikal bakal Kerajaan Majapahit. Keduanya sama-sama menjadi maskot Mojokerto. Buah Berenuk (Crescentia cujete) menjadi maskot kabupaten Mojokerto, sementara Buah Maja (Aegle marmelos) menjadi maskot Kota Mojokerto.

Mungkin karena sama-sama pahitnya, maka keduanya diyakini bisa sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit. Hampir semua bagian tanaman Berenuk (daun, batang, kulit, akar) bisa dijadikan obat. Berenuk mengandung saponin, poliferol. Buah, dan daun  Berenuk mengandung flavonoid, saponin, tanin, polifenol, vitamin A, C, E, niasin, riboflavin, thiamin, karbohidrat, dan mineral-mineral yang mencakup natrium, kalium, kalsium, fosfor, dan magnesium. Riset terus digalakkan untuk budidaya buah Berenuk

Apa manfaat buah Berenuk?

  1. Kesehatan dan Kekebalan Tubuh. Kandungan zat polifenol memiliki sifat antioksidan yang sangat baik, melindungi tubuh dari efek radikal bebas.  Baik juga untuk sistem kekebalan tubuh :
  2. Penurun Panas. Buah Berenuk yang berasa pahit, berkhasiat sebagai penurun panas (antipiretik) dan antirematik. Baik juga untuk penurun panas :
  3. Obat Hipertensi. Akar tanaman Berenuk biasa sebagai obat tradisional untuk penenang jantung berdebar dan juga untuk penurun tekanan darah tinggi (hipertensi). Baik juga untuk hipertensi :
  4. Obat Gangguan Lambung. Rendaman daun dan buah Berenuk bisa untuk mencegah gangguan sistem pencernaan dan pembengkakan pada lambung. Baik juga untuk gangguan lambung
  5. Obat Demam. Buah Berenuk bisa atasi demam. Demam adalah manifestasi sistemik dan merupakan gejala utama penyakit infeksi. Salah satunya infeksi ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Baik juga untuk demam :
  6. Obat Diare. Buah Berenuk bisa dipakai untuk obat pencahar, untuk diarhe . Buah dan bijinya diperas untuk mengobati diarhe, atau sakit perut yang melilit. Baik juga untuk obat demam :
  7. Obat sakit Pernafasan. Buah Berenuk bisa untuk mengatasi flu dan pilek, serta mengobati bronkhitis, serta asma. Rendaman daun, akar dan potongan buah Berunuk bisa diminum untuk melancarkan pernafasan. Baik juga untuk sakit pernafasan:
  8. Obat Susah Buang Air. Rendaman daun dan daging buah Berenuk bisa untuk mengobati susah buang air kecil (dyssuria). Minum rendaman dalam kondisi hangat.
  9. Obat Kulit & Luka. Daun Buah Berenuk dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit gatal-gatal dan tapal untuk luka. Untuk fungsi ini, daun Berenuk dicampur dengan daun sirih dan kapur sirih.
  10. Pestisida Nabati. Buah yang memiliki kandungan zat alkaloid ini dapat dipakai sebagai pengusir tikus, kutu daun, dan wereng. Buah Berenuk memiliki efek bakterostatik (menghambat bakteri). Buah ini merupakan alternatif pestisida yang ramah lingkungan dan tidak mempunyai efek racun bagi kehidupan. Potongan buah Berenuk bisa juga untuk mengusir semut. Kulit batang tanamannya bisa untuk meracuni ikan.
  11. Obat Bagi Ternak. Selain obat untuk manusia, ekstrak daun buah Berenuk juga dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit ternak. Di Madura, ekstrak daun buah Berenuk dipakai untuk pengobatan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi atau ternak lain.
  12. Alternatif Bioenergi. Buah Berenuk berpotensi dikonversi sebagai bioetanol, salah satu alternatif bentuk energi terbarukan.
  13. Bahan Kerajinan Tangan. Buahnya bisa dipakai untuk kerajinan tangan seperti tas.
  14. Tanaman Pagar. Tanaman Berunuk sering dijadikan tanamaan hias, atau tanaman pagar pekarangan.

Cara Pemanfaatan

buah berenukAda beberapa cara pemanfaatan tanaman Berunuk. Apalagi semua bagian tanaman Berunuk bisa dimanfaatkan. Cara yang paling praktis adalah:

Dipotong potong dan diletakkan . Daging buahnya dipotong menjadi irisan kecil-kecil, kemudian dikeringkan. Letakkan di beberapa tempat di mana tikus suka melintas. Tikus sangat membenci bau buah yang menyengat (manusia tidak dapat membaui hal yang sama) dan cenderung menghindarinya. Cara ini bisa juga untuk mengusir semut, kecoak, dan serangga pengganggu lainnya.

Buat seperti jamu godogan. Potongan daging buah, akar, kulit batang direbus, dan biarkan mendidih selama 20 menit. Kemudian air rebusan didinginkan dan siap diminum. Sebaiknya air diminum dalam kondisi hangat. Tambah dengan madu atau gula aren secukupnya. Rendaman air Berenuk bisa dipakai untuk obat penyakit demam, flu, pilek, bronkhitis dan asma.

Buat Tapal. Daun Berenuk (bisa ditambah dengan daging buah, kulit batang dan akar) ditumbuk halus dalam Kemudian pasta yang dihasilkan ditapalkan ke kulit dan luka sampai kering.

Pohon Berunuk relatif mudah ditemukan di daerah dataran rendah. Tidak ada salahnya untuk mencoba khasiatnya. Back to Nature. @

Post Date: Saturday 16th, May 2015 / 02:30 Oleh :
Kategori : Buah Buahan