Sponsors Link

56 Manfaat Buah Ara atau Tin Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Manfaat buah ara bagi kesehatan hingga kanker dan diabetes sangat ampuh dalam mengobati berbagai keluhan di tubuh. Keberadaan tumbuhan sebagai salah satu produsen bagi manusia memiliki begitu banyak manfaat dimana salah satunya adalah dalam bidang pengobatan. Buah ara atau yang dikenal pula dengan sebutan buah tin merupakan salah satunya. Buah ara memiliki banyak  kandungan sehat berupa vitamin mulai dari vitamin A hingga Zinc yang bagus untuk mempersehat tubuh.

ads

Manfaat Buah TinNama tin dari buah ara diambil dari bahasa arab dan menjadi begitu populer di seluruh penjuru dunia. Bagi anda yang beragama Islam tentu buah yang satu tidak lagi terdengar asing di telinga. Buah ara atau buah tin ini merupakan buah yang dijadikan sebagai salah satu nama surat pada kitab suci kaum muslim. Buah tin masih memiliki kerabat dengan pohon beringin yang sekarang ini telah banyak dibudidayakan di banyak negara. Walau masih jarang ditemukan di Indonesia, namun anda telah bisa menemukan bibit tanaman buah ara ini di pasaran. Buah tin termasuk ke dalam tanaman yang tidak kenal dengan musim sehingga dapat berbuah sepanjang tahun. Keunikan dari buah ara yang satu ini adalah ketika buahnya bewarna hitam, maka akan semakin manis rasanya.

Terdapat dua jenis buah tin didunia yaitu buah tin kering dan buah tin basah. Buah tin kering, 6x lebih banyak kalorinya dibanding buah tin basah. Mengingat betapa banyaknya manfaat buah tin untuk kesehatan tidak heran jika buah ini menjadi kesukaan Rosullulah SAW. Buah tin dipercaya sebagai buah dari surga yang menyehatkan sekaligus mampu menghilangkan racun berbahaya pada tubuh manusia.

Kandungan Nutrisi Buah Tin / Ara

Nutrisi Buah Tin Segar
(100 gr)
Nutrisi Buah Tin Kering
(100 gr)
Calories (kcal) 74 Calories (kcal) 249
Fibre 3 Fibre 10
Fat 0 Fat 1
Protein 1 Protein 3
Sugar 16 Sugar 48
Vitamin A 142 Vitamin A 10
Vitamin C 2 Vitamin C 1.2
Vit B1 0.1 Vit B1 0.1
Vit B2 0.1 Vit B2 0.1
Vit B6 0.1 Vit B6 0.1
Sodium 1 Sodium 10
Potassium 232 Potassium 680
Calcium 35 Calcium 162
Phosphorus 232 Phosphorus 67
Magnesium 17 Magnesium 68
Iron 0.4 Iron 3.07
Manganese 0.1 Manganese 0.8
Copper 0.1 Copper 0.3
Selenium 0.2 Selenium 0.6
Zinc 0.2 Zinc 0.5
Kandungan Nutrisi tiap 100 gram

Sumber: California Fig-s Advisory Boards

Terdapat banyak sekali kandungan baik yang dapat kita temukan dari buah tin. Namun sayangnya buah tin jarang dikonsumsi oleh masarakat Indonesia dan biasanya hanya digunakan sebagai oleh-oleh saat menunaikan ibadah haji. Hal ini cukup disayangkan karena buah ara ternyata mengandung banyak keajaiban bagi tubuh kita.

Di Indonesia buah tin masih dihargai dengan harga yang mahal mengingat masih jarangnya ditemukan penjual dari buah ini. Dengan kandungan yang begitu kaya akan nutrisi dan gizi tersebut tidak heran jika buah yang satu ini banyak diandalkan dalam menangani penyakit berat seperti jantung koroner dan kanker. Selain itu, bagi anda yang menderita susah tidur atau insomnia, anda dapat menggunakan buah tin sebagai salah satu solusinya. Buah tin atau buah ara juga baik untuk melancarkan program penurunan berat badan bagi anda yang tengah menjalankan program diet sehat.

Dengan beragam kandungan baik buah tin di atas, anda dapat:

1. Mengurangi kadar kolesterol di dalam darah

Manfaat buah ara yang pertama adalah untuk mengurangi kadar kolesterol. Di dalam Buah ara terkandung serat larut yang disebut dengan pektin. Serat larut pektin ini membantu tubuh dalam mengurangi kolesterol di dalam darah. Mengonsumsi buah tin mampu menyapu keluar bola-bola kolesterol dari dalam usus.

2. Mengatasi penyakit darah tinggi

Buah ara memiliki kandungan omega-6, kalium, fenol, omega-3 serta magnesium yang dapat membantu tubuh mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Mengatasi kencing manis

Penyakit kencing manis atau diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup banyak ditemukan. Kandungan serat di dalam buah ara mampu memperlambat penyerapan glukosa yang terjadi pada usus kecil. Keberadaan serat serta karbohidrat mampu mengontrol kadar gula dari dalam darah. Jadi, meskipun rasa buah ara cukup manis, namun buah ini aman bagi para penderita diabetes.

4. Mengatasi penyakit jantung koroner

Ada banyak sekali jenis penyakit mematikan di dunia ini dimana salah satunya adalah jantung koroner. Buah ara memiliki kandungan omega-3, omega-6, kalium, magnesium serta fenol yang tidak hanya mampu mengurangi tekanan darah tinggi namun juga menjaga tubuh dari penyakit jantung. Memasukkan buah ara atau buah tin sebagai menu harian sehat tentu menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan.

5. Mencegah osteoporosis

Kelainan pada tulang merupakan dampak kekurangan zat kalsium pada tubuh. Buah ara memiliki banyak kandungan kalsium yang akan membantu anda dalam mengurangi resiko  pengeroposan tulang atau osteoporosis. Rutin mengonsumsi makanan dengan banyak kandungan kalsium juga membantu anda dalam meningkatkan kesehatan serta kekuatan tulang pada tubuh. Penelitian menyebutkan jika kandungan kalsium dari buah tin lebih banyak dibandingkan dengan kalsium yang diperoleh susu. Terpenuhinya kebutuhan kalsium di dalam tubuh membantu kegiatan kita lebih lancar dan tubuh terasa lebih ringan dalam bergerak. Kesehatan tulang sendiri merupakan sebuah aset yang berharga untuk menyambut masa tua nantinya.

6. Meningkatkan berat badan

Bagi anda yang memiliki berat badan kurang ideal, maka buah tin yang dicampur dengan susu merupakan solusi sehat bagi anda. Gabungan antara susu dan buah tin mampu meningkatkan berat badan tubuh supaya lebih seimbang. Memiliki tubuh yang ideal tentu menjadi keinginan bagi banyak orang.

7. Mencegah datangnya kanker kolon

Secara rutin mengonsumsi buah tin dapat mengurangi terjadinya resiko kanker kolon dan kanker payudara. Buah tin mengandung polyphenols yang tinggi. Zat ini merupakan antoksidan yang penting bagi tubuh. Antioksidan membantu tubuh dalam memerangi radikal bebas penyebab penyakit. Radikal bebas sendiri merupakan penyebab penyakit mematikan seperti halnya kanker dan jenis penyakit berbahaya yang lain. Buah ara memiliki kandungan serat yang tinggi yang berguna mengikat zat pemicu kanker.

8. Mencegah penyakit anemia

Penyakit anemia atau kekurangan darah merah merupakan jenis penyakit yang menyebabkan seseorang mudah merasa kelelahan serta pusing. Buah ara membantu pembentukan hemoglobin di dalam darah.

9. Mengatasi kelelahan

Beratnya aktivitas sehari-hari dapat memicu kelelahan pada tubuh. Buah tin dalam mengembalikan kondisi tubuh supaya lebih fit setelah beraktivitas. Selain menggunakan buah ara untuk mengatasi kelelahan, maka obat terbaik untuk mengatasi letih anda adalah beristirahat. Seimbangkan waktu anda antara bekerja dan beristirahat agar tubuh tidak mudah letih dan sakit.

10. Melancarkan BAB

Buah ara mengandung laksatif yang membantu melancarkan BAB. Buah yang satu ini sudah sejak dahulu dikenal sebagai obat pencahar serta obat bagi penderita sembelit kronis.

11. Mengatasi wasir dan ambeien

Buah ara bagus digunakan untuk terapi penyembuhan bagi penderita ambeien dan wasir. Buah ara memiliki kandungan enzim yang bernama ficin dan flavonoid yang dikenal sebagai zat yang bagus bagi pencernaan. Pencernaan yang baik membuat penyerapan nutrisi serta vitamin dapat menyebar dengan baik ke bagian- bagian tubuh kita.

12.Mengatasi gangguan pernapasan atau asma

Buah ara dapat membantu menormalkan sistem pernapasan serta mengatasi batuk rejan.

13.Anti virus dan anti tumor

Buah ara mengandung banyak benzaldehid dan phenol yang berguna dalam mengatasi mikro-organisme yang berupa virus, jamur dan patogen.

14.Mengobati sakit tenggorokan

Memakan buah ini membantu anda dalam mengatasi sakit tenggorokan karena mengandung lendir yang tinggi.

15. Bagus untuk diet

Masalah berat badan tubuh menjadi masalah yang cukup banyak dialami. Terutama bagi anda yang tengah menjalankan program diet, maka buah ara cocok digunakan sebagai menu sehat anda. Buah yang satu ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bagus untuk menurunkan berat badan. Buah ini menjadi salah satu buah yang direkomendasikan oleh para ahli gizi serta ahli diet.

16.Mengatasi kanker prostat

Buah ara memiliki kandungan “coumarins” yang dapat mengurangi resiko terjangkitnya kanker prostat sekaligus merawat kesehatan kulit anda.

17.Bagus untuk wanita pasca menoupase

Mengonsumsi buah ara secara teratur dapat mengurangi terjangkitnya penyakit kanker dan jenis penyakit degerenatif lainnya bagi wanita yang telah memasuki fase menoupase.

18. Sebagai pembersih kulit yang alami

ads

Buah tin merupakan pembersih kulit yang alami. Bagi anda yang memiliki jerawat membandel di kulit terutama pada bagian wajah, anda dapat mengatasi jerawat atau gangguan lain di kulit anda menggunakan buah ara. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan secara rutin mengonsumsi buah ara atau anda bisa juga menggunakan sebagai obat luar dengan cara menghaluskan buah ara lalu dioleskan pada wajah. Tunggu 10 hingga 15 menit. Buah ara memiliki kandungan mineral alkali yang bagus dalam menjaga keseimbangan pH tubuh dan kulit. Buah ara tentu cocok bagi anda yang ingin tampil menggunakan bahan yang alami.

19. Pengganti gula yang alami

Buah ara dapat digunakan sebagai pengganti gula dalam pembuatan berbagai makanan seperti jeli, kue tart, jeli, kue atau bahakan puding. Penggunaan buah ara sebagai penganti gula ini telah banyak dilakukan di negara barat.

20.Dapat dikonsumsi oleh semua orang

Anak-anak, orang dewasa atau orang tua dapat memakan jenis buah yang satu ini. Buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bagus sebagai makanan sehari-hari.

21. Sebagai peluruh batu ginjal

Bukan hanya buahnya saja yang bagus untuk kesehatan, namun daun buah ara juga memiliki kandungan yang bagi tubuh. Daun buah ara mengandung saponin serta alkaloid yang bermanfaat sebagai peluruh urine.

22. Menurunkan tingkat trigliserida

Manfaat buah ara yang terakhir adalah untuk mengurangi trigliserida. Daun buah ara tidak hanya berperan sebagai penghancur batu ginjal namun juga bagus untuk menurunkan tingkat trigliserida. Trigliserida sendiri merupakan lemak yang  terdapat dalam aliran darah. Mengonsumsi teh daun buah ara dapat membuat tubuh kembali segar.

Cara menanam buah ara

Dalam menanam buah ara, cara membuat pohon ini cepat berbuah adalah dengan cara mencangkoknya. Anda dapat memilih batang pohon yang tin yang anda inginkan untuk dilakukan pencangkokan. Jika sudah mengeluarkan akar, anda dapat memindahkannya ke dalam pot atau bisa pula pada lahan yang akan digunakan secara permanen.

Tidak hanya dengan melakukan pencangkokan,  menanam pohon buah tin juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan bijinya. Namun penggunaan biji untuk digunakan sebagai bibit relatif lama dalam menghasilkan buah. Selain itu, kualitas buah dari bibit hasil cangkokan serta bibit dari buah terkadang menghasilkan kualitas buah yang berbeda.

Budidaya pohon tin dengan sistem cangkok

  • lakukan pencangkokan dengan cara memilih batang pohon tin
  • jika batang pohon yang dipilih telah mengeluarkan akar, anda dapat memindahkannya ke dalam pot atau lahan tanan permanen.

Budidaya pohon tin dari biji

  • langkah pertama adalah dengan cara menyiapkan benih pilihan. Pemilihan biji pohon tin dapat anda lakukan dengan cara mengambilnya dari biji buah yang telah mengering atau biji buah yang telah tua
  • selanjutnya biji pohin buah tin, dijemur hingga kering
  • angkat biji lalu letakkan pada tempat yang kering dan teduh
  • selanjutnya siapkan plastik polybag atau tempat untuk melakukan penyemaian biji buah tin. Campur dengan tanah, pupuk kandang, pasir dengan perbandingan 2: 2: 1.
  • sebelum melakukan penyemaian, ada baiknya anda memisahkan biji buah tin yang mengambang dan biji yang tenggelam. Biji buah tin yang mengambang biasanya akan tumbuh dengan ukuran kecil kedepannya.
  • langkah selanjutnya adalah dengan cara menebarkan biji buah tin di temoat penyemaian secara merata. Tutup biji menggunakan tanah secara merata dan lakukan tipis saja. jangan lupa untuk menyiram biji buah secara rutin pada pagi dan sore. Hal ini dilakukan agar biji dan media penanaman tetap lembab. Hindari penyiraman yang berlebihan agar biji buah ara atau tin tidak busuk.
  • setelah 3 hingga 5 minggu, umumnya biji akan mulai bertunas. Ketika bibit telah mencapai tinggi 15 cm, anda dapat memindahkan bibit ke polibag atau lahan yanga kan diguankan sebagai media menanam secara permanen.

Menyiapkan lahan untuk menanam

  • langkah pertama adalah dengan cara menyiapkan pot besar. Isi pot dengan pupuk kandang serta tanah dengan jumlah yang sama. Pilihlah tanah yang subur. Anda dapat mencampurnya dengan pasir. Mempersiapkan media tanam bisa dilakukan 2 minggu sebelum digunakan.
  • jika anda menggunakan pekarangan rumah untuk menanam pohon tin, anda dapat memilih lahan yang tidak tertutup sehingga dapat siraman cahaya dari matahari. setelah menentukan lahan, anda dapat mengali lahan dengan tingkat kedalaman 50 hingga 60 cm lalu isi menggunakan sekam padi juga pupuk kandang. Selanjutnya tunggu 1 – 2 minggu hingga pupuk meresap.

Menaman bibit buah ara

  • bibit yang telah siap tanam dapat dipindahkan di dalam pot yang telah disiapkan
  • lepas secara perlahan plastik polibag supaya tanah di dalamnya tidak rusak ataupun retak – retak
  • masukkan bibit tanaman buah tin ke dalam lubang lalu tutup menggunakan tanah. Padatkan tanah dengan perlahan
  • siram dengan takaran yang cukup untuk menghindari pembusukan tanaman

Cara merawat tananam buah tin

Cara merawat pohon tin tidaklah sulit. Anda cukup menyiram tanaman ini secara rutin pada pagi dan sore  dengan takaran yang pas. Siangi rumput supaya tidak mengganggu tanaman pohon tin. Untuk pemupukan, anda dapat melakukan kembali setelah pohon tin sekitar 4 bulan setelah dilakukannya penanaman.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 24th, November 2015 / 16:05 Oleh :
Kategori : Buah Buahan