Sponsors Link

11 Manfaat buah apel India untuk Kesehatan

Sponsors Link

India merupakan negara yang identik dengan keragaman budaya serta berbagai jenis tradisi. Biasanya saat kita mendengar nama negara India, kita akan langsung teringat dengan tari-tarian khas negara ini. Akan tetapi selain khas dengan tarian uniknya, India ternyata terkenal dengan buah apelnya. Siapa yang tidak menyukai buah apel, buah ini memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan kita. Tidak hanya dari segi manfaatnya yang baik saja, akan tetapi rasanya yang enak untuk dikonsumsi setiap hari. Masyarakat india biasanya menyebut apel ini dengan “putsa” atau biasa disebut juga Jujube atau Ziziphus Mauritiana Lam.

ads

Putsa terlihat seperti buah tomat yang muda berwarna kehijauan dengan tekstur kulit yang halus. Pada dasarnya putsa nyatanya sama dengan jenis apel lainnya, perbedaannya hanya pada bentuknya saja yang sedikit lebih kecil dibandingkan apel lainnya. Putsa memiliki diameter kurang lebih 5 cm, jika diperkiraakan hanya sebesar kepalan tinju anak kecil. Rasa dari putsa sendiri lebih didominasi oleh rasa manis dan bagian dagingnya berwarna putih. Ternyata putsa tergolong buah yang langka di Indonesia. Akan tetapi sebenarnya jenis apel ini tergolong mudah tumbuh di negara Indonesia, karena kondisi tanah dan cuaca sangat cocok. Melihat dari segi habitat tempat putsa tumbuh, apel dari India ini akan berkembang secara maksimal apabila berada dalam lingkungan yang pas.

Buah apel india ini tidak hanya dari segi bentuknya saja yang berbeda dengan apel umum lainnya. Putsa memiliki kelebihan pada frekuensinya dalam berbuah, jenis apel ini tidak mengenal musim untuk berbuah. Hal itulah yang membedakannya dengan buah-buahan lainnya yang harus menunggu musim untuk berbuah. Buah apel india ini juga dikenal dengan sebutan buah sepanjang masa.

Manfaat buah apel india :

1. Memberikan perlindungan pada tulang

Dalam apel terkandung flavonoid yang disebut dengan phloridzin bermanfaat untuk melindungi kaum wanita pasca menoupause dari permasalahan osteoporosis. Selain itu juga dapat meningkatkan massa tulang. Kandungan Boron yang juda terdapat dari buah apel memiliki fungsi untuk memperkuat tulang.

2. Mengatasi asma

Jika kita mengkonsumsi jus apel setiap hari secara rutin, maka akan memiliki resiko yang sangat rendah akan terkena gangguan pernapasan seperti asma. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan seorang anak yang dilahirkan dari seorang ibu yang suka mengkonsumsi jus apel setiap harinya memiliki resiko rendah terserang asma, jika dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi jus apel.

3. Mencegah kanker paru-paru

Seseorang yang mengkonsumsi apel dengan jumlah yang banyak memiliki resiko 50% lebih rendah terserang kanker paru-paru. Kandungan flavonoid, quercetin, dan naringin yang terdapat dalam buah apel inilah yang berperan untuk mencegah kanker paru-paru.

4. Mencegah kanker payudara

Terdapat sebuah penelitian di universitas cornell, mereka melakukan penelitian terhadap tikus. Tikus tersebut diberi makan apel satu kali sehari, ternyata tikus itu memiliki 17% resiko lebih rendah terserang kanker payudara. Namun meskipun penelitian ini dilakukan pada seekor tikus, ternyata hal ini juga berdampak pada manusia juga.

5. Mencegah kanker usus

Kandungan yang bernama pectin pada apel yang telah menekan resiko terserang kanker pencernaan dan juga membantu kesehatan saluran pencernaan manusia.

ads

6. Mencegah kanker hati

Selain daging dari putsa ini, kulit buah apel jenis ini mampu menurunkan resiko kanker hati hingga mencapai 57%. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan pada putsa yang mempunyai fungsi detoksifikasi.

.7. Mengontrol diabetes

Pectin yang terkandung pada apel mensuplai galacturonic acid yang bekerja untuk menurunkan kebutuhan tubuh dalam melepaskan hormon insulin (hormon penyebab diabetes). Produksi insulin yang tinggi dapat memicu diabetes, itulah penyebabnya buah apel berguna untuk mengontrol diabetes seseorang.

8. Mengurangi berat badan / membantu proses diet

Wanita yang mengkonsumsi buah apel minimal 3 buah dalam 1 hari selama proses diet, akan lebih cepat menurunkan berat badan jika dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi buah dalam proses diet.

9. Merasa kenyang lebih lama

Terdapat kandungan serat sebanyak 5 gram yang mampu memenuhi 20% dari asupan gizi harian. Daging buahnya yang renyah memaksa kita untuk berusaha mengunyah, yang bisa berguna sebagai senam wajah. Pemanis alami yang terdapat dalam putsa dapat masuk ke dalam aliran darah secara bertahap, membantu menjaga kadar gula darah, dan menstabilkan insulin sehingga membuat kita terasa kenyang lebih lama.

10. Mampu mengikis kolesterol

Berkat kandungan pektin dan polifenol, buah apel dapat mengambil kadar kolesterol dalam darah dan mampu mencegah oksidasi (koleterol buruk). Oleh karena itu saat mengkonsumsi buah apel jangan membuang kulitnya, konsumsi juga kulit apel tersebut untuk mengikis kolesterol dalam tubuh dan sebagai antioksidan juga.

11. Mencegah penyakit pikun saat tua nanti

Buah apel dapat meningkatkan produksi asetilkolin, suatu zat kimia yang bekerja untuk mengirimkan pesan antara sel-sel saraf. Sehingga konsumsi buah apel dapat meningkatkan ketajaman otak meskipun usia semakin bertambah. Tidak hanya itu ternyata konsumsi buah apel juga dapat meningkatkan memori dan berpotensi mengurangi resiko terserang Alzheimer.

Nah, itulah beberapa manfaat dari apel india (putsa). Pada dasarnya semua apel itu sama manfaat dan kandungannya, akan tetapi tentu saja memiliki keunggulan serta kelebihan masing-masing. Setelah mengetahui begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari sekedar mengkonsumsi buah apel saja, tidakkah kita semua mulai berpikir untuk rajin mengkonsumsi buah yang memiliki rasa manis ini setiap hari? Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi kita semua.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 31st, March 2016 / 14:54 Oleh :
Kategori : Buah Buahan