Sponsors Link

6 Manfaat Buah Abiu untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Namanya buah Abiu, dengan nama latin Pouteria caimito. Buah satu ini cukup dikenal di Indonesi, dengan rasanya yang agak aneh dan tidak biasa. Dilihat dari bentuk buah dan pohonnya, abiu memang mirip dengan buah sawo. Daun abiu berbentuk jorong dengan ujung meruncing dan panjang sekitar 10 sampai 20 cm serta lebar 3 sampai 6 cm. Abiu memiliki jenis bunga tunggal tapi bisa juga tumbuh berkelompok dengan warna putih kehijauan dan panjang bunga sekitar 4 sampai 8 milimeter. Tanaman ini juga memiliki getah berwarna putih kemerahan.  Buah abiu berbentuk lonjong atau bulat dengan panjang sekitar 6 sampai 12 cm serta berat sebesar 150 sampai 500 gram per biji. Akan tetapi sedikit berbeda daripada pohon sawo, buah abiu dapat tumbuh tinggi mencapai 35 meter.

ads

Kandungan Buah Abiu

Untuk kandungan gizinya sendiri, buah Abiu mengandung banyak vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalori, dan serat sehingga mengkonsumsi buah abiu bagi bagi kesehatan kita. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel kandungan gizi buah abiu di bawah ini :

manfaat buah abiu

  • Kalori : 95 Kal
  • Kadar Air : 74,1 gr
  • Serat : 30 gr
  • Protein : 2,1 gr
  • Zat Besi : 1,8 mg
  • Vitamin B : 0,2 mg
  • Viamin B2 : 0,2 mg
  • Lemak : 1,1 g
  • Kalsium : 96,0 mg

Untuk lebih jelasnya, berikut akan diuraikan mengenai manfaat buah abiu terutama bagi kesehatan tubuh manusia yakni sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan organ mata

Manfaat vitamin A yang terkandung di dalam buah abiu merupakan nutrisi penting yang membantu menjaga dan melindungi kesehatan mata kita. Vitamin A juga membantu meningkatkan kemampuan penglihatan serta mencegah mata dari terjadinya penyakit katarak.

2. Membantu memperlancar sistem pencernaan

Buah abiu  kaya akan serat yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan sehingga mencegah terkena sembelit. Selain itu, kandungan manfaat serat juga membantu menyehatkan organ-organ pencernaan seperti lambung dan usus. Berkat kandungan serat dalam buah abiu, pencernaan menjadi lebih lancar dan kita juga terhindar dari kemungkinan terkena kanker usus.

3. Mengatasi masalah atau gangguan pada sistem pernapasan

Mengkonsumsi buah abiu membantu mengatasi gangguan pada sistem pernapasan seperti bronkitis (radang pada bronkus), meringankan batuk, serta keluhan pernapasan atau paru-paru lainnya.

4. Sebagai anti radikal bebas

Manfaat vitamin E dapat membantu mencegah tubuh agar terhindar dari radikal bebas yang merugikan. Radikal bebas tersebut biasanya banyak mengandung zat karsinogenik yang merupakan zat berbahaya penyebab kanker.

5. Menyebuhan penyakit cacingan dan mengatasi bengkak

Selain buah, ternyata kandungan getah pohon abiu juga bermanfaat untuk membantu mengatasi penyakit cacingan, juga dapat digunakan sebagai obat pencahar dan menyembuhkan bagian tubuh yang mengalami pembengkakan.

6. Membantu meningkatkan daya imunitas tubuh

Telah banyak diketahui bahwa untuk meningkatkan daya tahan tubuh maka kita perlu untuk memenuhi salah satunya kebutuhan akan vitamin C. Buah abiu mengandung manfaat vitamin C yang baik untuk kita konsumsi secara rutin. Vitamin ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mencegah kita dari terkena berbagai macam penyakit, menjadikan tubuh lebih fit dan sehat.

Sponsors Link

Tentang Tanaman Abiu

Buah abiu sendiri banyak dibudidayakan di benua Australia sehingga lebih dikenal dengan sebutan Sawo Australia, meski tanaman ini aslinya berasal dari sekitar Amazon, dataran rendah Peru, dan Brazil. Buah ini dapat tumbuh subur di tanah beriklim tropis dan subtropis. Mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Jika dibandingan dengan keluarga Sapotaceae lainnya, keistimewaan buah abiu ialah lebih cepat berbuah. Hanya menunggu sekitar dua tahun, tanaman asal biji pun mulai berbunga dan dalam waktu dua bulan kemudian bungan sudah berkembang menjadi buah yang berwarna hijau hingga kemudian berangsur-angsur warna berubah menjadi kuning cerah yang menandakan bahwa buah abiu telah siap untuk dipanen alias sudah masak. Buah abiu dapat langsung dipetik dengan tangan saja karena tidak memiliki tangkai buah sehingga tidak memerlukan gunting atau alat pemotong lainnya.

Melihat lebih ke dalam lagi pada buah abiu, pada daging buahnya berwarna putih bening dengan ciri khas rasa manis dan legit yang segar. Ada yang mengatakan bahwa rasa daging buahnya mirip dengan kelapa muda, ada juga yang mengatakan mirip seperti perpaduan antara karamel dan susu. Buah abiu dapat dinikmati dengan cara dibelah melintang atau membujur bahkan disendok karena struktur daging buahnya lembek dan sedikit berair seperti jeli. Hal ini membuat buah abiu benar-benar mirip dengan kelapa muda. Dalam satu buah biasanya terdapat kurang lebih satu sama lima biji abiu. Selain dapat dinikmati secara langsung, daging buah abiu juga bisa diolah menjadi campuran bahan makanan seperti Abiu Carambola Chicken Breast, yakni olahan dada ayam goreng yang dimasak dengan menggunakan campuran antara belimbing dengan buah abiu yang telah dijadikan jus, atau bisa juga dijadikan campuran dalam Beefburger dan jenis masakan lainnya. Yang pasti, mengkonsumsi buah abiu bisa dilakukan sesuai selera. 

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 19th, December 2015 / 05:03 Oleh :
Kategori : Buah Buahan