Sponsors Link
     Sponsors Link

13 Manfaat Biji Pinang Untuk Kesehatan : Pria dan Wanita

Sponsors Link

Pinang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang masuk ke dalam jenis palma, yang saat ini penggunaannya di Indonesia sudah sangat banyak dan juga beragam. Yang kita ktahui, pohon atau batang dari piangn ini sendiri sering dimanfaatkan pada acara 17 Agustus, yang digunakan sebagai lomba panjat pinang. Namun demikian, ternyata tiak hanya batangnya saja yang bisa dimanfaatkan, namun buah pinang dan juga biji pinang itu sendiri bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Buah pinang muda sendiri juga dikonsumsi dan juga dimanfaatkan untuk diambil brbagai macam khasiatnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah pinang muda :

  1. Mencegah pendarahan berlebih
  2. Mengobati sakit danjuga nyeri punggung
  3. Dapat mengobati kudis
  4. Dapat mengobati mata rabun
  5. Dan masih banyak lagi manfaat penting dari buah pinang muda.

Selain buah pinang muda dan juga batang dari pohon pinang itu sendiri, ternyata ada lagi bagian dari pohon pinang yang dimanfaatkan untuk keperluan kita. bagian tesebut adalah biji pinang. Ya, biji pinang sendiri diambil dari buah pinang, dan seringkali dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Biji pinang sendiri seringkali disebut sebagai betel nut oleh orang barat, yang seringkali dimanfaatkan sebagai campuran dari obat dan juga ramuan herbal. Selain itu, biji pinang juga memiliki berbagai macam manfaat lainnya. Apa saja manfaat dari biji pinang? Berikut ini adalah beberapa manfaat penting dari biji pinang atau betel nut :

  1. Sebagai campuran untuk menkonsumsi sirih, pengganti kapur dan gambir

Salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia yang masih dilestarikan hingga saat ini adalah kebiasaan nyirih. Nyirih merupakan kegiatan mengkonsumsi daun sirih, yang dipercaya dapat membantu memperkuat dan juga menyehatkan gigi kita. salah satu bahan utama yang sering digunakan dalam kegiatan nyirih ini adalah daun siri, garam, dan juga kapur sirih.

Namun demikian, apabila tidak menemukan kaur sirih, biji pinang ini juga dapat digunakan sebagai pengganti kapur sirih untuk melakukan kegiatan nyirih ini.

  1. Dapat mengobati cacingan dan juga mengatasi cacing pita

Biji pinang juga ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menyembuhkan gejala cacingan. Ya, cacingan merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi tubuh yang memilki cacing di dalamnya, yang biasanya dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satu cacing yang berbahaya adalah cacing pita, karena dapat menyebabkan munculnya infeksi pada bagian tubuh. untuk mengobati dan juga mengatasi cacingan ini, anda dapa menggunakaj biji pinang.

Caranya sangat mudah, anda hanya tinggal merebus biji pinang tersbut hingga mendidih. Lalu setelah mendidih, tunggu hingga dingin, lalu kemudian minum hasil rebusan biji pinang tersebut untuk mengatasi dan juga mengobati gejala serta gangguan cacingan pada tubuh anda.

  1. Dapat menyembuhkan disentri dan juga diare

Selain cacingan, biji pinang juga memilki manfaat yang sangat baik untuk mmebantu menyembuhkan gangguan pada bagian pencernaan anda. beberapa gangguan pencernaan itu antara lain adalah diare dan juga disentri. Kedua gangguan pencernaan ini merupakan yang sering terjadi pada kita, yang bisa kita sembuhkan dan jga kita atasi dengan memanfaatkan biji pinang.

Cara yang dapat anda lakukan untuk mengkonsumsi biji pinang ini pun sama. Anda bias saja merebusnya, sama seperti ketika anda mengalami cacingan, khasiatnya sangat baik untuk membantu menyembuhkan gejala penyakit diare dan juga disentri yang anda alami.

  1. Menyembuhkan penyakit kulit
sponsored links

Biji pinang juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan penyakit kulit, seperti penyakit kudisan. Jadi, bagi anda yang sering mengalami masalah dengan kesehatan kulit, dan juga sering mengalami gangguan pada kulit, maka cobalah untuk memanfaatkan biji pinang ini sebagai obat untuk menyembuhkan gangguan kulit yang anda alami.

  1. Sebagai bahan pewarna merah

Selain untuk kesehatan, ternyata biji pinang juga memilki manfaat lainnya selain manfaat kesehatan. Manfaat itu adalah sebagai salah satu bahan pewarna merah alami. Ya, biji pinang seringkali dimanfaakan sebagai bahan pewarna merah dalam industry tekstil, dimana warna merah yang dihasilkan oleh biji pinang ini seringkali digunakan untuk mewarnai pada saat proses penyamakan, sehingga sangat membantu dalam industry teksstil dan juga garment.

  1. Dipercaya dapat mengecilkan rahim setelah kelahiran

Mitos lainnya yang sering dipercaya oleh masyarakat Indonesia mengenai biji pinang adalah dapat membantu mengecilkan rahim seorang ibu setalah mengalami proses kelahiran. Hal ini merupakan salah satu mitos, dan belum terbukti secara ilmiah. Namun demikian, banyak orang yang memang percaya terhadap mitos ini, sehingga banyak juga yang mencoba mengkonsumsi biji pinang untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan.

Cara mengkonsumsinya juga cenderung muadh. Yang harus anda lakukan hanyalah merebus biji pinang tersebut hingga mendidih, lalu kemudian tunggu rebusan dari biji pinang tersebut hingga dingin. Setelah dingin, anda dapat meminum hasil dari rebusan biji pinang tersebut dan dipercaya dapat emmbantu memperkecil rahim anda setelah melahirkan.

  1. Dapat meningkatkan gairah pada pria

Mitos lainnya yang hingga kini masih dipercaya oleh masyarakat indinesia adalah bahwa biji pinang dapat meningkatkan gairah seksualitas pada pria. Sama seperti sebelumnya, hal ini belumlah terbukti secara ilmiah, bahwa biji pinang mampu untuk meningkatkan gairah seksualitas pada pria. Namun demikian, manfaat dari biji pinang ini memang dikalim mampu berkhasiat dalam meningkatkan gairah pada pria, sehingga dapat meningkatkan gairah seksualna.

Itulah 7 manfaat biji pinang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua, dan juga dapat menambah wawasan anda semua mengenai biji pinang. Terima kasih.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 14th, September 2015 / 14:03 Oleh :
Kategori : Buah Buahan