Manfaat Biji Pepaya

sementara kebanyakan orang membuangnya, biji pepaya pada sebagian orang memakannya dan sangat baik untuk kesehatan. Perlu diingat meskipun mengunyah setengah sendok teh biji pepaya tetapi rasanya tidak seperti makan buah pepaya. Biji pepaya memiliki rasa yang kuat, lebih seperti persilangan antara mustard dan merica hitam. Jika bisa mengatasinya, biji pepaya ini menyimpan beberapa manfaat kesehatan dan telah diikuti oleh beberapa orang, sebagai cara yang menarik untuk menambahkannya dalam asupan makanan.

Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan

  • Mencegah infeksi parasit dan lainnya

Seperti manfaat pepaya hijau, biji pepaya juga mengandung enzim proteolitik yang tinggi seperti papain yang membantu membersihkan tubuh dari parasit. Dengan cara yang sama bahwa papain memecah limbah protein, yang dapat memecah parasit dan telurnya. Tingkat enzim pencernaan dalam makanan anda, juga diyakini membantu menormalkan lingkunga dalam saluran pencernaan, sehingga mencegah keberadaan cacing dan parasit lainnya. Benih dari pepaya juga mengandung alkaloid anthelmintik unik yang disebut carpaine yang telah terbukti sangat efektif dalam membunuh cacing parasit dan amuba.

  • Mengobati sirosis hati

Sirosis hati adalah penyakit yang disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan selama bertahun-tahun, dimana hati menjadi menyusut dan mengeras. Dalam keadaan ini tidak akan efektif untuk menghilangkan racun dari tubuh karena akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Manfaat biji pepaya sering dilaporkan sebagai pengobatan yang efektif untuk sirosis hati. Salah satu metodenya adalah, dengan menggiling sekitar lima biji kering dalam gilingan merica atau menghancurkan dengan lesung atau alu. Campuran dengan satu sendok makan air jeruk nipis segar. Namun berkonsultasi dahulu dengan dokter yang sedang merawat sirosis hati anda.

Kewaspadaan mengkonsumsi biji pepaya

Sebagai tindakan pencegahan, wanita hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi biji pepaya. Ada juga beberapa penelitian hewan yang dapat menunjukkan pengurangan terhadap kesuburan seorang pria.  Terlepas dari itu, karena substansi dan dengan efek fisiologis yang kuat, maka yang terbaik adalah jangan mengkonsumsi biji pepaya secara terus menerus selama beberapa bulan. Biji pepaya dengan tingkat carpaine, papain dan enzim pencernaan lainnya sangat kuat ini, tidak perlu banyak dikonsumsi pada satu waktu dan dipastikan tidak layak untuk kesehatan tubuh.

Post Date: Saturday 02nd, August 2014 / 16:24 Oleh :
Kategori : Buah Buahan