Sponsors Link

11 Manfaat Biji Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Sponsors Link

Kurma merupakan salah satu jenis buah-buahan yang bisa bertahan dalam suhu panas dan berpasir, seperti di beberapa Negara Timur Tengah sana. Anda akan sering menjumpainya di kala musim Ramadhan. Sebab kurma menjadi salah satu makanan favorite Rosulullah kala berbuka. Buah ini juga cukup banyak di bahas di Al-Quran mengenai nilai ekonomis yang hampir semua bagian tubuhnya bisa di gunakan. Seperti pada sari kurma, manfaat sari kurma ini dapat menjadi sumber gizi dan vitamin bagi ibu hamil. Kandungan dalam sari kurma bisa mencegah berbagai penyakit pada tubuh.

Cukup banyak memang orang yang menyukai buah-buahan jenis ini. Sayangnya masih sedikit sekali petani kurma di Indonesia. Sebab perhitungan tanah, suhu, dan kelembaban udara di Indonesia yang sangat berbeda jauh dengan Saudi Arabia. Banyak yang ragu apakah penanaman mereka akan sukses, atau gagal total. Manfaat tanah sendiri sangat baik untuk berkebun, terutama untuk menanam buah, jenis buah kurma yang harus di tanam pada suhu layaknya di arab.

Jika anda mulai ragu untuk memulai usaha sebagai petani kurma, bisa anda coba dari pengolahan bijinya saja. Pasti terbentuk pertanyaan di benak anda, bagaimana bisa megolah biji kurma? Yap benar sekali. Biji kurma yang biasa anda buang itulah yang akan membawa manfaat lain untuk anda. Penasaran?

  1. Pengganti Biji Kopi

Seperti yang diketahui, kopi memiliki berbagai khasiat bagi tubuh. Manfaat kopi yang dapat menambah stamina dan kesegaran mulut ini banyak disukai oleh banyak orang. Setiap jenis kopi tentunya memiliki keunggulan masing-masing, seperti pada manfaat kopi luwak, dan manfaat kopi pahit.

Untuk membuat serbuk kopi, anda tidak perlu memerlukan biji kopi. Menggunakan bijih kurma yang biasanya di buang juga bisa di gunakan. Jangan khawatir rasanya, memang hampir mirip dengan kopi sungguhan. Anda penasaran membuatnya, simak langkah langkah berikut:

Teknik Pengolahan Biji Kurma Sebagai Serbuk Kopi

Sebelum kita beranjak jauh dari manfaat biji kurma, mari di pelajari dahulu teknik pengolahannya. Cukup mudah, asal anda telaten dan sabar, berikut adalah tahap-tahapnya:


Pencucian

Teknik pencucian kurma cukup mudah, yakni dengan menggunakan sikat gigi. Gosoklah sampai benar benar bersih. Lalu di bilas hanya dengan air. Jangan menggunakan sabun, antiseptic, atau sejenisnya. Hal ini sangat berbahaya jika sampai di konsumsi oleh tubuh anda.


Penjemuran

Langkah selanjutnya adalah penjemuran biji kurma tadi. Usahakan di letakkan di tempat yang jauh dari debu dan gangguan binatang kecil kecil seperti semut atau serangga lainnya. Anda bisa memasukannya ke dalam tampah yang terbuat dari rotan.


Penggorengan

Setelah di jemur kering, anda bisa melakukan langkah selanjutnya yakni di goring. Biji kurma yang sudah anda jemur tadi mungkin terkena bakteri atau kuman lain. Fungsi lain dari penggorengan ini juga sebagai alat pembunuh bakteri tadi. Biarkan di atas kompor tanpa minyak. Tunggulah sampai hangus dan mengeluarkan aroma sedap.


Pengemasan

Setelah di goreng, biji kurma tadi di tumbuk atau di blender agar teksturnya lebih lembut. Kemudian anda bisa mengemasnya di dalam toples yang bersih. Kopi dari bijih kurma siap anda konsumsi.


Bijih kurma yang sudah berubah menjadi serbuk kopi tersebut mengandung zat gula. Adanya kandungan ini akan membantu memulihkan energy anda. cocok di minum saat di sore hari setelah pulang dari kantor, bukan?

2. Melembutkan Daging

Memasak daging yang menjadi halangan terbesar saat mengolah adalah melunakkan daging tersebut. Jangan khawatir, sebab menggunakan biji kurma yang sudah lembut ini bisa membantu melunakkan daging alot anda. Bisa dengan mencampurkannya bersama bumbu masakan saat sedang dimasak. Hal ini tidak akan mengganggu cita rasa masakan yang sebenarnya.

3. Di gunakan Sebagai Lulur

Biji kurma yang sudah di lembutkan tadi juga bisa di gunakan sebagai lulur. Pakailah beberapa kali untuk mendapatkan kulit yang halus dan cantik. Jangan lupa untuk mencampurkan dengan minyak zaitun dan madu terlebih dahulu. Jenis lulur lainnya yang bagus untuk kulit terdapat pada:

4. Membantu Mengatasi Kebotakan

Anda merasa kurang percaya diri karena masalah rambut anda yang semakin lama kian menghilang? Coba pakailah ramuan bijih kurma yang sudah di haluskan ini. Cukup dengan mencampurkannya bersama minyak zaitun, akan membantu menyelesaikan masalah kebotakan yang meresahkan anda. Ramuan lainnya yang dapat mengatasi rambut rontok yang dapat menyebabkan kebotakan ada pada:

5. Menguatkan Tulang dan Gigi

Kandungan dalam kurma terdapat kalisum yang membantu anda untuk menjaga dan menguatkan tulang serta gigi. Hal ini bisa di lakukan pencegahan dari penyakit osteoporosis sejak muda. Dengan kekuatan tulang dan tetap menjaga masanya tentu akan mengurangi resiko anda terkena osteoporosis. Selain biji kurma dapat menggunakan manfaat buah langsat juga berkhasiat menguatkan tulang dan gigi anda.

6. Melancarkan Pencernaan

Kurma bisa membantu anda untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat yang cukup tinggi sama khasiatnya ketika anda mengonsumsi oatmeal. Caranya cukup mudah, yaitu cukup erendam kurma di dalam air matang selama satu malam. Keesokan harinya, minum air bekas rendaman itu. Hal ini adalah termasuk salah satu cara mudah untuk mengatasi sembelit.

Khasiat dari ramuan lainnya yang baik untuk melancarkan pencernaan yang baik untuk kesehatan terdapat pada:

7. Merawat Mata

sponsored links

Kandungan lainya yang cukup berpengaruh bagi kesehatan adalah vitamin A. zat ini sangat baik untuk menjaga dan merawat mata anda agar tetap sehat. Cocok untuk anda yang sering mengalami gejala mata lelah dan bayangan yang tiba tiba kabur. Selain itu banyak buah-buahan lainnya yang dipercaya menyehatkan mata agar penglihatan tetap sempurna dan mata sehat. Seperti yang terdapat pada manfaat buah naga, manfaat labu kuning, dan manfaat wortel.

8. Cocok untuk Penderita Anemia

Buah kurma memang sangat banyak nutrisinya, salah satunya adalah zat besi. Kandungan ini akan sangat membantu dalam memproduksi sel darah merah atau eritrosit. Itulah mengapa penderita anemia di sarankan untuk mengonsumsi buah ini. Tidak hanya itu, manfaat sari kurma juga baik untuk menyembuhkan penyakit anemia. Maka dari itu, kurma sangat bagus untuk kesehatan.

9. Mengurangi Resiko Jantung Koroner

Jantung koroner menjadi salah satu masalah terbesar saat ini yang mengincar banyak orang. Penyakit yang menyerang sistem mardiovaskuler sangat rentan akan kejadian fatal. Ia juga sangat mudah untuk naik dan sampai pada titik kulminasi fatal. Itulah mengapa anda sangat di wanti wanti menjaga kesehatan jantung dari awal. Salah satunya adalah dengan konsumsi kurma yang mengandung kalium. Zat ini sangat baik dalam mengendalikan denyut jantung untuk tetap dalam irama normal.

10. Membantu Mempercepat Pembekuan Darah

Pembekuan darah sangat di butuhkan ketika ada bagian tubuh anda yang luka. Semakin baik sistem pembekuan darah anda, maka semakin baik pula proses penyembuhan luka. Ketika terjadi luka, maka fibrinogen akan mengeluarkan jarring jarring fibrin yang membantu untuk menutup luka. Lalu sistem pembekan darah akan membekukan darah agar tidak keluar lebih banyak. Karena terkena udara dan oksigen, membuat darah beku menjadi keropeng.

11. Meningkatkan Responsivitas

Kurma akan membantu anda untuk merespon segala sesuatu lebih cepat. Hal ini karena ada kandungan kalium yang membantu menyehatkan sistem syaraf. Kondisi syaraf yang semakin baik juga membuat anda merespon lebih cepat. Namun juga tidak lupa dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk menunjang kesehatan dalam tubuh, seperti pada manfaat minuman sehat atau manfaat infused water dengan berbagai macam jenis sesuai keinginan.

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi buah kurma. Makanlah buahnya dan recycle bijinya. 🙂

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 29th, September 2015 / 09:34 Oleh :
Kategori : Buah Buahan