4 Manfaat Biji Fumayin Untuk Lovebird Lomba

Mungkin kata biji fumayin cukup asing di teling kita. Namun tidak asing di telinga para pecinta burung. Karena biji fumayin sangat terkenal di dunia pecinta burung sebagai pakan burung yang memiliki manfaat tinggi bagi suara burung.

Baca juga:

Keberadaan biji fumayin cukup controversial di tengah-tengah masyarakan yang menggunakannya. Hal ini tidak lain dikarenakan biji fumayin masih masuk dalam keluarga cannabis atau yang lebih sering disebut sebagai ganja. Bahkan keberadaannya di Indonesia masih dianggap tabu di tengah-tengah masyarakat, karena biji ini dilarang oleh agama dan pemerintah.

Baca juga:

Namun ada beberapa hal yang perlu kita ketahui terkait biji fumayin ini.  Ternyata tidak semua tunaman fumayin adalah ganja. Biasanya yang dijadikan ganja atau mariyuana adalah jenis fumayin yang memiliki bunga betina dengan daun yang ada disekelilingnya jika sudah tua. Sedangkan varietas lainnya selain yang disebutkan tadi, sebenarnya tidak apa-apa jika digunakan dan tidak mengandung ganja di dalamnya. Bahkan di luar negeri biji fumayin banyak disunakan di berbagai sektor industry. Oleh karena itu saat ini terdapat beberapa pihak yang melakukan budidaya biji fumayin yang tidak termasuk ke dalam tanaman ganja untuk keperluan industri.

Baca juga:

Beberapa manfaat dari biji fumayin yang bisa kita ketahui adalah sebagai berikut.

1. Pakan Untuk Love Bird

Love bird merupakan salah satu dari sembilan burung yang berspesies genus Agapornis. Ukuran tubuh love bird cukup kecil, yakni antara 13 sampai 17 centi meter dengan memiliki berat badan 40 hingga 60 gram. Love bird juga memiliki sifat social, dengan memiliki umur hidup rata-rata 10 sampai 15 tahun. Dikatakan love bird karena saat diamati, ketika sepasang love bird bertemu, maka mereka akan duduk berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain. (Baca juga: Manfaat Buah Maja)

Manfaat biji fumayin untuk lovebird sebagai alternatif selingan pakan burung akan menjadikan burung ketika akan lomba semakin lincah, performa akan meningkat dengan sangat signifikan. Burung pun menjadi lebih gacor dan ngotot. Hal ini memang terlihat bagus, namun setelah perlombaan selesai maka kondisi burung akan lemas, loyo, dan kurang bergairah. Oleh karena itu sangat diperlukan managemen dalam penggunaan lomba.


Pemberian fumayin tetap diberikan saat akan lomba dan porsinya harus dikurangi sedikit demi sedikit dan pada satu pecan kemudian pemberian biji fumayin bisa dihentikan sama sekali. Fumayin dapat diberikan lagi ketika burung sedang dipersiapkan untuk lomba atau untuk ditangkarkan. Dengan managemen yang rapi seperti itu, maka performa burung tetap terjaga agar tidak naik dan turun secara seketika. Hal ini pun juga akan melingdungi kondisi psikis burung, sehingga tidak stress, dan menghindari dari menyiksa burung. (Baca juga: Manfaat Buah Pisang Merah)

2. Pakan Ternak Burung Lainnya

Selain love bird biji fumayin juga bisa diberikan kepada burung dengan spesies lainnya, seperti kenari. Namun hal yang perlu diingat adalah kadar penggunaannya, sehingga sebelum menggunakan biji fumayin kepada burung, maka perlu kita siapkan dulu kadar atau takaran yang sesuai untuk diberikan kepada burung yang bersangkutan. Dengan memberikan biji fumayin kepada burung akan meningkatkan reproduksi burung dalam beternak maupun meningkatkan performa burung dalam berkicau dan memberikan tenaga tambahan pada burung dalam proses bertarung. (Baca juga: Manfaat Buah Ranti)

3. Tidak Menyebabkan Ketergantungan dalam Jangka Lama

Kandungan struktur asam amino pada fumayin berbeda dengan struktur asam amino pada ganja. Selain itu sifat addictive antara fumayin dengan obat-obatan terlarang seperti sabu-sabu misalnya adalah sangat berbeda jika diteliti. Ketagihan burung selama 2 hingga 3 hari karena dihentikannya pemakaian fumayin tidak akan membuat burung menderita ketagihan apalagi akan membuat burung kesakitan atau tersiksa. Berbeda dengan ketagihan pada sabu-sabu pada manusia, orang yang ketagihan sabu-sabu bisa sampai menderita atau biasa disebut sakaw dan berakibat pada keatian jika sabu-sabu tidak dia dapatkan. (Baca juga: Manfaat Buah Kokosan)

4. Mudah Ditanam

Cara budidaya atau penanaman biji fumayin sangatlah midah atau simple dan tidak memerlukan perawatan khusus. Adapun cara menanam fumayin adalah cukup dengan menaburkan bijinya di area atau daerah atau lahan yang akan dijadikan tempat penanaman. Setelah tumbuhan fumayin menjadi tua, maka tinggal dicabut, kemudian melakukan degumming. Proses degumming merupakan proses perendaman tanaman fumayin pada lumpur setelah proses pemanenan. Dan proses degumming ini sifatnya adalah harus dilakukan. Setelah proses degumming selesai, maka tahap selanjutnya adalah pemanfaatan dari biji fumayin sebagai pakan burung. (Baca juga: Manfaat Buah Gorek)


Berikut ini tips untuk porsi pemberian fumayin pada burung love bird adalah sebagai berikut :

  1. Pada hari menjelang lomba, setiap hari diberi fumayin sebanyak 12-20 buti fumayin.
  2. Selama dua hari berturut-turut setelah lomba (hari lomba plus 1 dan 2) tetap berikan fumayin sebanyak 8 butir hingga 12 butir fumayin. (Baca juga: Manfaat Daun Alifuru)
  3. Pada dua hari berikutnya (hari lomba plus 3 dan plus 4) berikan sebanyak 4 butir sampai 6 butir biji fumayin.
  4. Selanjutnya, pada hari lomba plus 5 sampai plus 6 berikan sebanyak 2 butir biji fumayin.
  5. Untuk hari berikutnya tidak perlu lagi diberikan fumayin. (Baca juga: Manfaat Daun Bengang)

Ada juga cara lain dalam menyajikan fumayin kepada burung, terutama untuk burung yang non pemakan biji-bijian. Caranya adalah dengan meminumkannya pada burung. Langkah untuk membuatnya adalah sebagai berikut, pertama tumbuk hingga halus biji fumayin. Biji fumayin yang sudah halus kemudian diambil sebanyak 1 sendok teh dan diseduh dengan satu per empat gelas air panas. Kemudian diaduk dan ditutup dengan rapat hingga suhu minuman telah dingin. Terakhir,berikan seduhan biji fumayin tersebut ke burung sebagai minuman untuk burung.

Baca juga:

Itulah informasi terkait manfaat dari biji fumayin. Namun bagi kita yang masih ragu dengan hukum penggunaan biji fumayin, maka ada baiknya jika kita menghindari penggunaan biji fumayin dan menggantinya dengan alternative pakan burung yang lainnya. Hal ini bisa kita dapat dengan membac artikel terkait Manfaat Bunga Mawar Merah, Manfaat Bunga Kencana Ungu, Manfaat Bunga Arum Dalu, dan lain sebagainya. Happy Reading!

, , ,
Post Date: Tuesday 30th, May 2017 / 04:25 Oleh :
Kategori : Tumbuhan